Ditengah Wabah Covid-19, Pemkab Siak Pastikan Stok Daging Selama Ramadhan dan Idul Fitri Aman

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi Pedagang Daging

    Lancang Kuning, SIAK -- Meski ditengah pandemi covid-19, Pemerintah Kabupaten Siak memastikan stok daging sapi/kerbau dan ayam selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri aman untuk mencukupi kebutuhan masyarakat.

    Saat ini data dari Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Siak stok persedian daging ayaam potong di bulan Mei 556.62 ton sedangkan yang dibutuhkan 506.02 ton. Sementara untuk keterdedian daging sapi/sapi 163.50 ton sedangkan untuk kebutuhan 148.62 ton.

    Baca Juga: DPRD Siak Ingatkan Bantuan untuk Covid-19 Jangan Melenceng

    "Setelah kami kalkulasi, stok sapi/kerbau dan ayam potong aman selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri aman," kata Kepala Dinas Perikanan dan Perikanan (Disnakkan) Siak Susilawati melalui Kabid Peternakan Wahiduddin, Senin (10/5).

    Dia menyebutkan Disnakkan Kabupaten Siak sendiri menyediakan stok populasi hewan sapi/ kerbau dari lokal Siak sendiri 70 persen berasal dari peternak dan 30 persen dari luar daerah. Namun kebutuhan akan daging segar selama Ramadan dan hari raya Idul Fitri lebih mencukupi sebanyak 163.60 ton dari kebutuhan masyarakat sebesar 148.73 ton.

    Baca Juga: Ini Cara Kerja 'Anjing Siluman' untuk Tegur Warga yang Tidak Mau Jaga Jarak

    Hal yang sama untuk ayam potong, dari  peternak yang ada di Kabupaten dengan stok tersedia sebanyak 556.62 ton dan yang dibutuhkan masyarakat diperkirakan sebesar 506.02 ton.

    Wahid menyebut untuk harga daging sapi dan unggas di pasar selama di bulan Ramadan  terjadi penurunan akibat permintaan yang cenderung menurun permintaan dari pelaku usaha dan rumah tangga.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Untuk harga daging sapi dari rata- rata Rp. 130.000 kini menjadi 110.000-120.000/kg. Sedangkan ayam  hidup Rp.22.000/kg menjadi 16.000-17.000/kg .

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    “Saat ini daging sapi/kerbau segar dan unggas seperti ayam hidup terjadi penurunan harga. Karena cenderung permintaan menurun selama di bulan Ramadan, hingga harga daging juga ikut turun," ungkapnya. (Gs).

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ditengah Wabah Covid-19, Pemkab Siak Pastikan Stok Daging Selama Ramadhan dan Idul Fitri Aman
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar