Pengendalian Hama Tanaman Pangan

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Untuk dapat mengendalikan hama dari tanaman pangan banyak cara yang dapat kita lakukan. Cara untuk mengendalikan hama tersebut sesuai dengan hama yang akan ditangani. Dengan kata lain penanganan yang dilakukan untuk dapat mengendalikan hama tanaman ialah bergantung dari hama tersebut.

    Beberapa hama yang biasanya mengganggu dan merusak tanaman terutama tanaman pangan ialah hama seperti tikus, belalang, kemudian ulat, dan beberapa jenis serangga serta unggas. Hewan tersebut menjadi hama bagi tanaman karena disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor yang menyebabkan hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa hal mulai dari hama memiliki kebutuhan untuk dapat bertahan hidup sehingga beberapa hama tersebut merusak dan memakan beberapa tanaman serta tumbuhan.

    Terutama untuk tanaman yang akan dijadikan konsumsi atau pangan. Cara untuk mengendalikan hama tersebut ialah dengan cara yang sesuai dan tepat sesuai dengan hama yang akan ditangani. Dimulai dari ulat, ulat tentunya menjadi hewan yang tidak asing lagi. Karena, hewan ini menjadi hewan yang paling sering merusak dan memakan tanaman tidak hanya tanaman pangan saja namun, juga beberapa tanaman lainnya.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Cara mengatasi hama ini ialah dengan cara melihat tanaman. Ulat berasal dan berkembang di sekitar tanaman terutama daun. Terutama bagi kupu-kupu yang baru bertelur. Telur kupu-kupu tersebut nantinya akan menjadi ulat yang kemudian ulat menjadi perusak bagi tanaman. Mengapa ulat merusak tanaman. Hal tersebut karena, ulat memerlukan makanan.

    Makanan menjadi faktor mengapa ulat memakan tanaman. Bekas gigitan ulat tersebut mengakibatkan tanaman menjadi rusak. Cara yang paling sering untuk mengatasi hama ini ialah orang-orang banyak menggunakan pestisida. Selain cara ini masih terdapat cara lain lagi yaitu dengan membersihkan telur dari kupu-kupu yang biasanya terdapat pada bagian tanaman, terutama pada bagian daun. Penangan hama selanjutnya ialah tikus.

    Hama ini ialah hama yang cara penanganannya dengan pembasmi bahkan dengan menggunakan racun. Cara ini banyak dilakukan namun, untuk menerapkannya perlu berhati-hati dan perlu kewaspadaan yang tinggi. Karena, jika terjadi kesalahan akan berdampak buruk bagi lingkungan sekitar dan untuk makhluk hidup lainnya. selain cara tersebut terdapat cara lain. Hewan ini biasanya banyak mengincar tanaman pangan terutama tanaman jenis padi. Oleh karenanya hewan ini banyak di kawasan sawah dan orang yang dirugikan ialah para petani.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Yos Sudarso

    Beberapa cara petani mengendalikannya ialah dengan menutup setiap lubang-lubang yang terdapat di sekitar tempat yang menjadi sarang bagi tikus tersebut. dengan cara ini tikus dapat ditangkap. Namun, cara ini kurang baik atau efektif karena terdapat sejumlah dampak yang mungkin akan ditimbulkan.

    Terdapat cara lain lagi namun cara ini masih kurang efektif seperti cara sebelumnya. Yaitu dengan cara melepaskan ular yang telah jinak agar dapat mengusir ular, bahkan dapat memangsa tikus yang menjadi hama tersebut. karena terdapat pada wilayah persawahan tanaman pangan yang diserang tentunya ialah padi. Tidak hanya padi saja yang menjadi makanan untuk tikus.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Namun, beberapa jenis biji-bijian juga menjadi incaran dari hama ini. Hama lainnya seperti beberapa jenis serangga juga dapat menjadi hama. Jenis serangga yang biasanya menjadi hama seperti belalang. Cara penanganan atau bentuk pengendaliannya tidak jauh berbeda dengan cara pengendalian dari hama ulat. Selain dari beberapa jenis serangga beberapa jenis unggas juga dapat merusak dan menjadi hama bagi tanaman.

    Contoh dari unggas yang dapat merusak tanaman ialah ayam hutan. Biasanya ayam hutan akan menyerang dan mengganggu serta dapat merusak tanaman pangan. Selain unggas, terdapat beberapa jenis burung yang juga menjadi hama bagi tanaman pangan. Contoh dari burung yang menjadi hama bagi tanaman ialah burung pipit. Burung pipit menjadi hama bagi tanaman pangan dan cara penanganannya dapat dilakukan dengan cara membuat orang-orangan sawah. Namun, cara ini tidak sepenuhnya berhasil (Rendy)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel  Pengendalian Hama Tanaman Pangan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar