Personal Hygiene Pada Lansia

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Panduan Untuk Perawatan Kebersihan Pribadi Untuk Lansia

    pria senior yang menerima perawatan kebersihan pribadi. Kebersihan pribadi sering menurun seiring bertambahnya usia. Orang tua yang dicintai mungkin mengalami kesulitan berdiri di kamar mandi, masuk dan keluar dari kamar mandi, atau mempertahankan keseimbangan yang cukup untuk berdiri di depan wastafel.

    Lansia dapat menolak bantuan dengan kebersihan pribadi, sehingga terjadi pergulatan konstan antara pengasuh dan individu lansia. Dalam beberapa kasus, orang yang kita kasihi mungkin lupa untuk mencuci dan mandi. Ketika situasi seperti ini terjadi, penting untuk memberikan dukungan dan menawarkan bantuan dengan tugas-tugas kebersihan penting. Ikuti panduan ini untuk memberikan perawatan kebersihan pribadi untuk orang tua.

    1. Buat Rutin

    Lebih mudah bagi lansia untuk melupakan atau mengabaikan kebersihan mereka ketika mereka tidak memiliki rutinitas yang solid. Mulailah pagi hari dengan membantu orang yang Anda cintai menyegarkan diri. Mandi air hangat atau mandi menunggu dan pastikan bahwa sampo, sabun, dan kebutuhan penting lainnya berada dalam jangkauan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Setelah dicuci, pindah ke wastafel untuk menyikat gigi, diikuti dengan perawatan rambut. Karena banyak orang lanjut usia menjalani gaya hidup yang tidak banyak bergerak, mereka mungkin tidak perlu mandi atau mandi setiap hari. Rutin mungkin melibatkan mandi hanya tiga kali seminggu.

    2. Menerapkan Tindakan Keselamatan

    Kecelakaan tergelincir dan jatuh dapat terjadi ketika tindakan keselamatan yang tepat tidak dilakukan. Air terjun sangat umum di kamar mandi karena lantai yang licin, kursi toilet yang rendah, dan rak handuk serta bar pegangan yang tidak memadai. Mulailah dengan menambahkan dudukan toilet yang dinaikkan yang mengangkat dudukan toilet sekitar tiga hingga empat inci. Letakkan tikar anti-selip di lantai shower atau bathtub, dan jika anggaran Anda memungkinkan, pertimbangkan untuk memasang walk-in tub. Lansia yang kesulitan berdiri dalam waktu yang lama dapat mengambil manfaat dari kursi shower atau bangku transfer. Juga pasang grab bar untuk memudahkan orang yang Anda cintai untuk masuk dan keluar dari bak mandi.

    3. Ciptakan Suasana Santai

    Beberapa manula merasa malu karena membutuhkan bantuan untuk mandi dan kebersihan. Salah satu cara untuk membantu menenangkan dan menenangkan orang yang Anda cintai adalah dengan menciptakan lingkungan yang santai. Putar musik klasik atau lagu favorit orang yang Anda cintai. Usahakan untuk menjaga kelestarian alam dan kasual untuk membantu mengalihkan perhatian orang dari tugas-tugas kebersihan yang ada. Cobalah untuk membiarkan orang yang Anda cintai mempertahankan kemandirian sebanyak mungkin tetapi jangan takut untuk melangkah ketika bantuan jelas dibutuhkan.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Bandar Lampung

    4. Lindungi Kesederhanaan Orang tersebut

    sebuah kamar mandi tempat seorang senior menerima perawatan kesehatan pribadi di rumah. Beberapa manula mungkin mendapati orang lain membantu mereka mandi atau mandi menjadi pengalaman yang merendahkan. Bilamana mungkin, penting untuk mencoba dan melindungi kesederhanaan orang tua itu. Biarkan orang yang Anda cintai menutupi bagian tubuh dengan handuk yang tidak aktif. Saat membersihkan bagian pribadi orang tersebut, izinkan mereka untuk membantu Anda mencuci area ini. Siapkan handuk dan pakaian bersih untuk orang tersebut ketika mereka keluar dari kamar mandi atau mandi. Tindakan ini akan membantu orang yang Anda cintai merasa lebih memegang kendali atas proses kebersihan.

    5. Investasi dalam Alat Bantu Kebersihan

    Ada banyak produk di pasaran yang dirancang untuk mengatasi masalah kebersihan umum pada lansia. Dengan memberi orang yang Anda kasihi beberapa perangkat ini, Anda dapat membuat hidup mereka sedikit lebih mudah. Kursi atau bangku shower dapat bermanfaat bagi manula yang memiliki masalah kekuatan atau keseimbangan. Tisu mandi, sikat mandi bergagang panjang, sampo no-bilas, dan gunting kuku yang mudah digenggam dapat sangat berharga bagi manula yang ingin mengambil bagian dalam kebersihan mereka. Alat bantu seperti nampan pencuci rambut juga dapat memudahkan pengasuh untuk menyelesaikan tugas kebersihan dengan cepat dan tanpa menyebabkan ketidaknyamanan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    6. Follow Up dengan Pelembab

    Proses penuaan alami dapat menyebabkan kulit menjadi kering, tipis, dan rapuh. Dengan mengoleskan pelembab ke kulit seperti lotion atau krim, Anda dapat membantu menjaga kulit orang yang Anda cintai tetap lembut dan terhidrasi. Karena manula memiliki kulit yang lembut, Anda harus bersikap lembut saat menerapkan produk. Pertimbangkan memberikan pijatan yang menenangkan kepada orang yang Anda cintai sambil mengoleskan lotion. Pilih pelembab yang tidak beraroma atau beraroma ringan karena lotion yang sangat wangi dapat membuat mual bagi beberapa manula yang mungkin sensitif terhadap wewangian tertentu. Penuaan kulit juga bisa mendapatkan manfaat dari pelembab yang mengandung antioksidan dan vitamin C dan E.

    7. Fokus pada Perawatan Gigi

    Pengasuh sering mengabaikan perawatan gigi karena sejumlah alasan. Jika orang yang Anda cintai masih memiliki gigi alami, menyikat dan membersihkan gigi dua kali sehari adalah suatu keharusan. Lansia dengan gigi palsu harus mempraktikkan kebersihan yang baik dengan membilas gigi palsu setelah makan, membersihkan mulut setelah melepas gigi palsu, menyikat gigi palsu setiap hari, dan merendamnya di malam hari. Perawatan gigi juga harus melibatkan kunjungan rutin ke dokter gigi untuk pemeriksaan kesehatan mulut. Ingatlah bahwa kesehatan mulut tidak hanya memengaruhi mulut, tetapi juga dikaitkan dengan kondisi lain seperti penyakit jantung.(Manda)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Personal Hygiene Pada Lansia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar