Jenis dan Karakteristik Bahan Non Logam Buatan

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Bahan non logam yang dibuat contohnya ialah plastik. Bahan non logam buatan memiliki ciri tersendiri. Beberapa ciri tersebut antara lain ialah bersifat elastis, biasanya berbentuk cairan namun terdapat juga yang berbentuk padatan.

    Bahan non logam juga memiliki beberapa sifat yang mirip dengan benda bukan logam. Yakni tidak dapat menghantarkan arus listrik. Kemudian bahan non logam peka dengan api sehingga benda bukan logam akan lebih mudah terbakar. Sifat yang dimiliki bahan non logam buatan dengan bahan non logam yang tidak dibuat keduanya memiliki perbedaan.

    Bahan non logam biasanya memiliki sifat berikut. Yang pertama tidak baik untuk mengalirkan arus listrik, kemudian tidak baik untuk penghantar panas. Biasanya warna yang dimiliki tidak mengkilap. Bahan non logam buatan sendiri memiliki penjelasan sebagai benda yang tidak mempunyai unsur besi dan bahan ini sengaja dibuat.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Berbeda dengan benda non logam atau bahan non logam yang merupakan benda yang tidak mempunyai unsur besi di dalamnya. Namun, asalnya alami tidak dibuat. Contoh dari benda non logam ini ialah platinum, kemudian oksigen, sulfur, karbon, dan iodium.

    Dari penjelasan tersebut keduanya memiliki sifat yang berbeda. Namun keduanya memiliki beberapa sifat yang sama dikarenakan keduanya jenis non logam. Tetapi karena berasal dengan cara pembuatan yang berbeda, maka keduanya memiliki sifat yang berbeda pula. Bahan non logam buatan ialah bahan non logam yang sengaja dibuat.

    Sedangkan, bahan non logam ada secara alami tanpa adanya campur tangan seseorang. Contoh dari bahan non logam buatan ialah plastik. Di dalam plastik terdapat sejumlah bahan yang membentuknya. Beberapa bahan tersebut ialah bahan buatan atau bahan yang sengaja dibuat untuk mendapatkan kelebihan tersendiri.

    Baca Juga: Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Bandar Lampung

    Namun di dalam bahan plastik juga terdapat beberapa bahan yang asalnya alami atau tidak dibuat. Beberapa bahan tersebut antara lain ialah minyak mineral, batu kapur, udara, gas alam, air, tumbuhan, dan bahan yang lainnya.

    Dari kombinasi beberapa bahan tersebut terbentuklah bahan non logam yaitu plastik. Plastik merupakan salah satu dari bahan non logam yang sengaja dibuat untuk tujuan tertentu. Plastik termasuk kedalam bahan non logam buatan karena memiliki sifat berikut. Yang pertama plastik merupakan bahan yang elastis, kemudian mudah terbakar, berikutnya tidak bisa mengalirkan arus listrik dengan baik dan terakhir tidak bisa menghantarkan panas.

    Sifat plastik sendiri diantaranya ialah plastik biasanya tahan terhadap korosi baik karena pengaruh dari atmosfer maupun dari beberapa pengaruh zat kimia, beberapa dari jenisnya dapat terapung bahkan hampir semua jenisnya bisa terapung. 

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Berikutnya cukup kuat, dan biasanya bentuknya beragam serta menarik. Bukan itu saja, plastik memiliki warna yang menarik dan juga beraneka ragam. Memiliki sifat mekanik yang tidak mudah untuk pecah dan rapuh, beberapa bahan dari plastik cenderung mudah  memuai yaitu menjadi lebih panjang jika adanya beban, kemudian jika diatas suhu 200°C sifat dari plastik akan menjadi kurang baik.

    Jikalau selama penggunaannya terkena sinar dari matahari maka akan terjadi sebuah perubahan polimer. Plastik sendiri memiliki beberapa jenis. Beberapa jenis dari plastik ialah thermosetting, plastik ini sendiri terbagi lagi menjadi beberapa jenis. Diantaranya urea formaldehida, kemudian fenol formaldehida, penjelasan mengenai keduanya ialah sebagai berikut.

    Dimulai dari urea formaldehida, yang memiliki ciri warnanya lebih mencolok dan terang, berikutnya ragam warna yang dimiliki tidak terbatas, kemudian tidak berbau, dan terakhir tidak berasa dan tahan terhadap air. Biasanya bahan ini digunakan untuk membuat lem yang sifatnya tahan air. Berikutnya fenol formadehida, biasanya terdapat pada benda-benda untuk peralatan listrik, kemudian untuk pegangan pintu, dan bahan untuk membuat lem. Keduanya memiliki ciri yang hampir serupa namun tetap memiliki perbedaan yang khas.  (Rendy).

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jenis dan Karakteristik Bahan Non Logam Buatan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    100%

    Komentar