Jenis Jenis Atau Macam Macam Presentasi Video

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Presentasi dari video terbagi menjadi beberapa jenis, dimulai dari video cerita, video dokumenter,  kemudian video berita atau video informasi, video presentasi, dan video untuk pembelajaran. Penjelasan mengenai masing-masing dari video diatas ialah sebagai berikut. Video cerita, video ini memiliki tujuan agar yang menonton mengetahui sebuah cerita.

    Dengan kata lain video ini bertujuan untuk menjelaskan suatu cerita. Selanjutnya, video dokumenter, video ini berisi rekaman mengenai suatu peristiwa atau kejadian yang ada dalam kehidupan sehari-hari dan dalam kehidupan nyata. Berikutnya terdapat video berita, video ini biasanya berisi mengenai suatu berita. Selanjutnya terdapat video presentasi. Video ini biasanya membahas dan menyampaikan hasil dari suatu gagasan sesorang atau ide-ide yang ia miliki.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Dan terakhir ialah video untuk pembelajaran, video ini digunakan untuk kegiatan belajar dan juga mengajar. Video ini biasanya berisi pemberian materi-materi untuk belajar agar dapat dengan mudah untuk dipahami. Video ini memberikan kemudahan terutama untuk dapat memahami dengan lebih baik dan cepat. Selain itu, dengan cara ini tentu akan lebih mudah dalam mengulang materi karena cara belajar dan mengajar penyajiannya dalam bentuk video.

    Setiap jenis dari video yang telah dijelaskan memiliki kelebihan masing-masing. Beberapa dari kelebihan tersebut ialah sebagai berikut. Video berita, dengan cara ini berita yang disampaikan melalui video akan memiliki kelebihan, selain mudah untuk dipahami tentunya berita yang didapat akan lebih jelas dan akurat.

    Berikutnya video cerita, dengan menyampaikan suatu cerita melalui video, tentunya orang yang melihat cerita tersebut akan lebih mudah mengerti dan paham jalan cerita dengan lebih baik. Selanjutnya terdapat video dokumenter yang memiliki kelebihan yakni memudahkan seseorang untuk agar mengetahui sejarah maupun kejadian dalam kehidupan sehari-hari dengan mudah.

    Baca juga : Bentuk Komunikasi Daring Asinkron

    Adapun video presentasi sendiri ialah, video yang memiliki tujuan untuk menyampaikan gagasan sesorang, dan cara untuk mendapatkannya ialah melaui tahapan perekaman dan pengambilan beberapa gambar, menyambung, memotong dan menyatukan video maupun gambar agar dapat tersusun menjadi satu. Dengan demikian dapat diketahui bahwa presentasi video ialah bentuk penyampaian ide maupun gagasan yang dimiliki seseorang, untuk dapat disajikan kepada orang lain yang cara penyampaiannya dapat dilihat dan juga dapat didengar.

     Selain terbagi menjadi beberapa jenis, presentasi video juga memiliki beberapa fungsi. Fungsi-fungsi yang dimiliki presentasi video ialah memberikan berita atau informasi.  Kemudian memberikan dorongan atau motivasi serta dapat menginspirasi orang yang menyaksikan. Selanjutnya berfungsi sebagai pembuat dan pembentuk ide baru dan juga gagasan baru.

    Fungsi berikut ialah, mengenalkan perusahaan, diri, tempat tinggal, maupun organisasi yang dijalankan. Fungsi terakhir ialah sebagai pengendali. Setiap fungsi-fungsi tersebut memiliki penjelasan tersendiri dimulai dari fungsi memberikan berita atau informasi. Maksudnya berita yang disampaikan akan berfungsi sebagai sumber panduan. Baik berita atau informasi itu bentuknya rahasia, penting, ataupun berita yang biasa saja.

    Fungsi berikut ialah memberikan dorongan atau motivasi. Fungsi yang satu ini merupakan fungsi yang akan memberikan sesorang semangat dan tentunya menjadi sumber inspirasi yang akan ditiru sesorang. Karena, didalamnya mungkin saja terdapat beberapa ide yang membuat sesorang menjadi tertarik dan ingin meniru.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Fungsi berikutnya ialah pembuat ide yang memiliki penjelasan bahwa video tersebut nantinya akan menciptakan sebuah ide-ide baru yang dapat dikembangkan lagi. Fungsi selanjutnya ialah kita dapat mengenalakan seseorang pada diri kita maupun perusahaan yang kita jalankan melalui sebuah video. Maksudnya fungsi ini nantinya akan memberikan kita cara memberikan informasi dengan tepat dan mudah untuk dipahami oleh orang lain.

    Karena, beberapa video umumnya memberikan beberapa pengarahan maka fungsi dari video tersebut dapat beralih menjadi pengendali. Maksud dari fungsi pengendali ini ialah menjadi alasan sesorang mengapa meniru dan mencontoh kejadian maupun ide yang disajikan didalam video. Dengan kata lain fungsi mempengaruhi ini ialah fungsi yang memberikan dampak yang cukup besar bagi sesorang.  (Rendy)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jenis Jenis Atau Macam Macam Presentasi Video
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    100%

    Komentar