Bentuk Komunikasi Daring Asinkron

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Saya telah bekerja dari jarak jauh selama hampir enam tahun dan telah membangun hari Jumat selama tiga tahun terakhir. Sebagian besar karier saya dihabiskan bekerja di luar lingkungan kantor tradisional; Saya sering berpikir betapa beruntungnya saya bisa melakukan ini (waktu yang tepat untuk hidup!).

    Sebagian besar hari saya dihabiskan untuk berkomunikasi secara tidak sinkron - ini sesuatu yang saya terima begitu saja, tetapi saya ingin menjelaskan cara kerja komunikasi async. Selain itu, saya percaya bentuk komunikasi ini ketika digabungkan dengan metode tradisional (sinkron) dapat memberikan kekuatan super pada tim dan membuka tim yang lebih produktif.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Komunikasi Asinkron

    Pertama, apa itu komunikasi asinkron dan bagaimana cara kerjanya?

    Definisi Teknis Komunikasi Asinkron.

    Komunikasi asinkron adalah transmisi data, umumnya tanpa menggunakan sinyal clock eksternal, di mana data dapat ditransmisikan sebentar-sebentar daripada dalam aliran yang stabil. Komunikasi asinkron adalah ketika dua (atau lebih) orang dapat berkomunikasi tanpa persyaratan bahwa mereka harus "hadir" pada saat yang bersamaan.

    Pikirkan tentang rapat di tempat kerja. Orang-orang yang menghadiri pertemuan harus hadir (di lokasi tertentu) pada saat yang bersamaan, jika tidak, rapat tidak akan terjadi. Pertemuan ini adalah contoh komunikasi yang sinkron.

    Contoh Komunikasi Asinkron:

    • Surel
    • Facebook Messenger, WhatsApp, Slack, Tim Microsoft
    • Basecamp, Quip, Asana, dan alat manajemen proyek lainnya
    • Jumat (berbagi pembaruan reguler untuk 1-1, pembaruan status, dll)
    • Melakukan standup harian atas Slack
    • Intranet (Yammer, Sharepoint, dll)

    Dalam contoh-contoh ini, satu orang dapat berkomunikasi dengan cara yang tidak mengharuskan orang lain hadir pada saat yang bersamaan. Misalnya, jika Anda mengirim saya email atau pesan Slack, saya bisa membacanya nanti dan membalas. Internet memungkinkan komunikasi asinkron; Anda mungkin berkomunikasi dengan cara yang jauh lebih banyak daripada yang Anda pikirkan.

    Contoh Komunikasi Sinkron:

    • Rapat di tempat kerja
    • Zoom, Skype atau bentuk lain dari konferensi video
    • Sebuah panggilan telepon

    Dalam contoh-contoh ini, orang harus hadir pada saat yang bersamaan. Ini bukan ilmu roket. Sekarang setelah dasar-dasarnya selesai, mari kita gali bagaimana komunikasi asinkron dapat bekerja lebih baik.

    Baca juga : Komponen Komunikasi Daring

    Manfaat Komunikasi Asinkron

    • Fleksibilitas ketika Anda bisa merespons

    Manfaat yang paling jelas untuk komunikasi asinkron adalah memberikan lebih banyak fleksibilitas ketika orang dapat merespons. Misalnya, manfaat utama untuk bekerja dari jarak jauh adalah memungkinkan orang untuk mengelola percakapan di sekitar "keadaan aliran."

    Jika saya dalam keadaan mengalir dan seseorang mengirimi saya email, saya dapat membalas setelah saya selesai. Ini sangat membantu bagi orang-orang pada pembuatan jadwal; Mampu mengelola komunikasi di sekitar pekerjaan itu sendiri dapat meningkatkan produktivitas secara signifikan.

    Satu catatan singkat - jika orang menggunakan bentuk komunikasi async (email, Slack, dll) dan mengharapkan tanggapan langsung, itu menghancurkan nilai bentuk komunikasi ini. Banyak tempat kerja beroperasi dengan cara ini, yang sangat disayangkan.

    •  Tetap ada (atau disimpan) secara default

    Bayangkan sejenak jika kotak masuk surel Anda tidak memiliki surel yang lalu. Dalam beberapa hal, itulah cara kerja komunikasi yang sinkron. Komunikasi terjadi, dan tidak ada dokumentasi yang ada (kecuali seseorang membuat catatan). Komunikasi asinkron (terutama barang online) didokumentasikan secara default. Misalnya, jika saya mengirim email, catatan ada dan dapat direferensikan tahun dari sekarang.

    Komunikasi asinkron (terutama barang online) didokumentasikan secara default. Misalnya, jika saya mengirim email, catatan ada dan dapat direferensikan tahun dari sekarang. Sekali lagi, ini jelas, tetapi sangat kuat karena menciptakan log komunikasi yang berjalan di tempat kerja yang dapat dirujuk dari waktu ke waktu. Ini berfungsi sebagai bentuk redundansi komunikasi.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    • Bisa lebih jujur

    Seberapa sering Anda melihat percakapan Twitter atau Facebook menjadi tidak menyenangkan? Sungguh menakjubkan apa yang akan dikatakan orang ketika ada sedikit abstraksi yang ada; itu menyebabkan tingkat kejujuran yang baru, terkadang terlalu jauh ke arah sebaliknya. Ini secara teknis disebut efek disinhibisi online.

    Ini adalah sesuatu yang kami pelajari selama bertahun-tahun membangun hari Jumat - tim akan memberikan lebih banyak umpan balik yang jujur ​​secara serempak daripada secara langsung. Bagi sebagian orang, mudah untuk jujur ​​dalam pertemuan 1-1 dengan manajer mereka, tetapi bagi yang lain, mereka benci ditempatkan di tempat. Jika Anda seorang manajer dan Anda tidak mengumpulkan umpan balik secara async, Anda kehilangan banyak data dan wawasan.(Bagas)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Bentuk Komunikasi Daring Asinkron
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar