Medan Magnet dan Induksi Elektromagnetik

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Motor , transformer , pengeras suara , transmisi radio dan generator bekerja menggunakan fenomena elektromagnetisme yang liar dan kompleks. Memahami perilaku elektromagnetisme adalah subjek studi yang besar. Ada alasan mengapa butuh 60 tahun setelah baterai pertama Volta untuk mendapatkan dinamo / generator yang kuat. Di halaman ini kami membahas dasar-dasarnya.

    Ada sesuatu yang hampir ajaib tentang magnet. Sebagai anak-anak, kita terpesona oleh kemampuan magnet untuk mempengaruhi logam seperti besi , nikel, dan kobalt tanpa menyentuhnya. Kita belajar tentang tarik-menarik dan tolakan di antara kutub-kutub magnet dan menyaksikan bentuk medan magnet yang terbentuk dalam pengarsipan besi yang mengelilingi magnet batang.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Fisikawan memberi tahu kita bahwa elektromagnetisme, gaya yang mengatur listrik dan magnet, berkali-kali lebih kuat daripada gravitasi. Penangguhan kereta maglev di atas jalurnya adalah contoh yang mencolok dari kekuatan ini. Seperti yang ditunjukkan oleh nama "elektromagnetisme", listrik dan magnet sangat terkait erat. Hubungan ini memungkinkan mereka untuk saling mempengaruhi tanpa kontak, seperti dalam contoh kereta maglev, atau melalui induksi elektromagnetik.

    Induksi elektromagnetik terjadi ketika sebuah sirkuit dengan arus bolak-balik yang mengalir melalui itu menghasilkan arus di sirkuit lain hanya dengan ditempatkan di dekatnya. Arus bolak-balik adalah jenis listrik yang mengalir melalui saluran listrik dan kabel rumah, berlawanan dengan arus langsung, yang kita dapatkan dari baterai.

    Induction (Electromagnetic Induction) - adalah produksi arus dalam konduktor saat bergerak melalui medan magnet. Sebuah magnet menghasilkan garis-garis gaya magnet, seperti terlihat pada grafik di atas. Pengajuan besi mensejajarkan diri di sepanjang garis fluks yang tak terlihat. Karena Hukum Induksi Faraday jika Anda mengambil kawat dan memindahkannya bolak-balik dalam medan magnet, Anda memotong garis fluks.

    Medan magnet mendorong elektron dalam logam. Tembaga memiliki 27 elektron, dua terakhir di orbit mudah didorong ke atom berikutnya. Pergerakan elektron ini adalah aliran listrik. Jika Anda mengambil banyak kawat seperti di kumparan dan memindahkannya di lapangan, Anda membuat "aliran" elektron yang lebih kuat. Kekuatan generator atau motor Anda tergantung pada:

    "l" -Panjang konduktor di medan magnet

    "v" -Kecepatan konduktor (kecepatan rotor)

    "B" -Kekuatan medan elektromagnetik

    Anda dapat melakukan perhitungan menggunakan rumus ini: e = B xlxv

    Baca juga : Peran Enzim Dalam Proses Pertumbuhan Pada Tumbuhan Dan Hewan

    Tentang magnet:

    Dalam sebagian besar perangkat listrik, magnet biasanya tidak terbuat dari magnetit alami atau magnet permanen (kecuali itu adalah generator kecil), tetapi mereka adalah kawat tembaga atau aluminium yang dililitkan di sekitar inti besi. Setiap kumparan harus diberi energi dengan kekuatan untuk membuatnya menjadi magnet. Kumparan di sekitar besi ini disebut solenoid. Solenoida digunakan sebagai pengganti magnetit alami karena solenoida BANYAK lebih kuat. Solenoida kecil dapat menciptakan medan magnet yang sangat kuat.

    Atas: Gulungan kawat di generator harus diisolasi. Kegagalan generator disebabkan oleh naiknya suhu terlalu tinggi yang mengakibatkan kerusakan isolasi dan hubungan pendek antara kabel paralel.

    Bawah: gulungan tembaga yang diisolasi oleh film transparan digulung dan ditempatkan di stator motor listrik. Ketika diberi energi dengan sejumlah kecil arus, mereka menghasilkan medan magnet yang sangat kuat.

    Bagaimana satu sirkuit menyebabkan arus di yang lain tanpa menyentuhnya, dan apa hubungannya dengan magnet? Sebelum kita membahasnya, kita perlu melihat beberapa prinsip yang menghubungkan magnet dan listrik:

    1. Setiap arus listrik memiliki medan magnet yang mengelilinginya.
    2. Arus bolak-balik memiliki medan magnet yang berfluktuasi.
    3. Medan magnet yang berfluktuasi menyebabkan arus mengalir dalam konduktor yang ditempatkan di dalamnya, yang juga dikenal sebagai Hukum Faraday.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Menambahkan ketiga sifat ini bersama-sama berarti bahwa perubahan arus listrik dikelilingi oleh medan magnet yang berubah, yang pada gilirannya menghasilkan arus listrik yang berubah dalam konduktor yang ditempatkan di dalamnya, yang memiliki medan magnetnya sendiri ... dan seterusnya. Ini adalah padanan elektromagnetik dari boneka Matryoshka yang bersarang. Jadi, dalam kasus induksi elektromagnetik, menempatkan konduktor di medan magnet yang mengelilingi arus pertama menghasilkan arus kedua.

    Induksi adalah prinsip yang memungkinkan motor listrik, generator dan transformer menjadi mungkin, serta barang-barang lebih dekat ke rumah seperti sikat gigi listrik yang dapat diisi ulang dan perangkat komunikasi nirkabel. Jika Anda memiliki penanak nasi, kemungkinan Anda sudah memasak menggunakan induksi. Sekarang mari kita lihat bagaimana arus induksi digunakan untuk menyalakan panas di kompor induksi.(Egdaf)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Medan Magnet dan Induksi Elektromagnetik
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar