Manfaat Stay At Home Selama Pandemi Covid-19

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Sudah hampir satu bulan himbauan dari pemerintah terkait untuk sosial distancing dan berdiam diri di rumah saja akibat virus corona. Tentu saja dengan berdiam diri di rumah saja ini menumbuhkan kejenuhan bagi sebagian orang. Namun, ketika kamu memutuskan untuk berada di rumah tentu saja itu merupakan pilihan yang sangat tepat dan bijaksana.

    Bagi sebagian orang berdiam diri di rumah tetap melakukan aktivitas pekerjaan, hanya saja biasanya bekerja di kantor namun sementara pindah bekerja dari rumah. Meskipun demikian tetap saja bisa beraktivitas di luar rumah menjadi kerinduan tersendiri bagi sebagian orang. Karena kita hanya berdiam diri di dalam rumah dengan suasana yang sama dan aktivitas yang sama sehingga sesuatu yg wajar saja jika muncul kejenuhan.

    Meskipun jenuh jika kita cerna dan pikirkan dengan baik-baik sebenarnya ada banyak manfaat dari berdiam diri di rumah ini. Tidak hanya memutus mata rantai penyebaran covid-19 namun ada manfaat lainnya di antaranya :

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Membentuk kebiasaan baru

    Ketika kamu berdiam diri di rumah karena wabah corona tentu saja ada beberapa kebiasaan baru bersifat positif bisa terbentuk dalam diri kamu. Diantara kebiasaan tersebut misalnya membersihkan rumah atau tempat beraktivitas, lebih rajin mencuci tangan, langsung mencuci peralatan yang telah digunakan, serta mengkonsumsi lebih banyak sayur dan buah.

    Selain itu, kebanyakan orang bisa lebih memakan makanan sehat serta rajin berolahraga. Dengan kebiasaan-kebiasaan tersebut tanpa kita sadari ternyata covid-19 membuat kita untuk terbiasa menjaga pola hidup bersih dan sehat dengan tujuan tercegah dari penyakit.

    1. Mencoba hal-hal yang sudah lama atau tidak pernah dilakukan

    Ketika kita merasakan kejenuhan dan kebosanan berdiam diri di dalam rumah, kamu bisa mencoba melakukan hal yang belum pernah kamu lakukan selama di rumah. Selain itu anda bisa saja melakukan sebuah pekerjaan yang selama ini sudah lama tidak dilakukan dan kamu ingin mencobanya lagi. Misalnya ketika kamu memiliki hobby memasak, maka kamu bisa membuat masakan dengan resep baru atau mengulang resep yang dulu pernah dicoba.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Yos Sudarso

    1. Lebih Kreatif

    Ketika sesorang berada dalam titik yang begitu jenuh dan bosan, terkadang mereka berusaha memutar otaknya dan memunculkan ide baru mengusir kejenuhan tersebut. ia akan memikirkan hal-hal baru yang belum pernah dilakukan untuk perubahan dalam dirinya. Karena itulah dengan berdiam diri di rumah saja membuat seseorang bisa jadi lebih kreatif.

    1. Quality Time With family

    Berdiam diri ri rumah tentu saja anda akan lebih menghabiskan banyak waktu bersama keluarga dan itu bisa membuat hubungan keluarga lebih harmonis. Kebiasaan mengobrol atau sharing yang selama ini jarang sekali dilakukan, selama sosial distancing ini maka anda bisa melakukannya. Anda bisa menciptakan suasana ternyaman bersama keluarga karena waktu anda lebih banyak bersama keluarga selama stay at home ini.

    1. Memperbaharui rumah

    Bagi anda yang mengerjakan pekerjaan kantor di rumah tentu saja anda harus Work From Home, namun sembari WFH tersebut kamu bisa melakukan hal lain seperti mengganti suasana rumah. Diantara aktivitas bisa kamu lakukan adalah menata ulang kamar tidur, membersihkan ruangan yang memang jarang tersentuh serta hal lainnya yang membuat suasana rumah kamu berbeda.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Menikmati kesendirian

    Di tengah kesibukan aktivitas kita sehari-hari sebelum adanya wabah melanda terkadang kita tidak memiliki waktu untuk diri sendiri atau menyendiri. Padahal ketika kita menyendiri bisa saja kita mengintropeksi apa yang ada dalam diri kita. Selain itu dengan menyendiri kita bisa fokus memperhatikan keadaan diri baik itu kesehatan fisik maupun psikis.

    1. Mengekspresikan emosi negatif dengan aman

    Berada di rumah seorang diri tentu saja membuat kita bebas melakukan hal apa saja termasuk dalam mengekspresikan emosi negatif. Ketika kamu merasakan mood yang tidak baik, kesal atau marah anda bisa saja melampiaskannya ke barang-barang sekitar yang tentunya benda tersebut aman dan tidak melukai diri.

    Kamu bisa saja menangis dengan memeluk bantal, atau marah membanting bantal. Jika ingin menyalurkan emosi tersebut lebih positif, maka anda bisa mencoret-coret di atas kertas atau menggambar sesuatu serta menuliskan apa yang kamu rasakan.

    Itulah beberapa manfaat dari berdiam diri di rumah yang bahkan hal tersebut tidak anda sadari. Atasi kejenuhan berdiam diri di rumah dengan melakukan hal positif dan bermanfaat. Tetap semangat dengan keputusan untuk stay at home demi menjaga kesehatan bersama.(ut)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manfaat Stay At Home Selama Pandemi Covid-19
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    100%

    Marah

    0%

    Komentar