Hewan Vertebrata dan Intervebrata

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Pembahasan artikel kita hari ini mungkin terdengar familir di telinga teman – teman. Saya rasa bab hewan vertebrata dan intervebrata ini sudah pernah dibahas dan dipelajari dibangku sekolah. Adakah teman – teman yang memiliki hewan peliharaan?

    Jika ada, coba sebutkan ya. Karena saya tidak memiliki hewan peliharaan, jadi saya mengambil contoh kucing. Kucing itu termasuk hewan vertebrata atau intervebrata ya? Teman - teman tahu tidak? Baiklah, saya akan membahas terlebih dahulu apa itu vertebrata dan intervebrata.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Yang pertama adalah hewan vertebrata, ini merupakan suautu pengelompokkan hewan yang memiliki tulang belakang. Kenapa disebut vertebrata? Mungkin karena nama lain tulang belakang dalam suatu bahasa ialah vertebrae. Nah, untuk jenis hewan yang satu ini terdapat banyak contohnya, bahkan dibagi dalam beberapa kelompok. Kelompok vertebrata itu disebut sebagai kelas.

    Adapun kelas – kelas tersebut antara lain, pisces, amphibia, reptile, aves, dan mamalia. Teman – teman tahu tidak apa arti dari setiap kelas tersebut? Jika tidak, saya akan membahasnya. Tapi jika teman – teman tahu, saya tetap akan membahasnya ya. Dan teman – teman silahkan menyimak.

    Pisces adalah kelompok atau kelas hewan vertebrata yang hidup di air dan menggunakan insang sebagai alat pernafasan. Teman -  teman pasti sudah tau, hewan apa saja yang bernafas dengan insang. Jawabannya pasti ikan, karena ikan hidup di air dan juga bernafas menggunakan insang. Apa saja contoh ikan yang bernafas dengan insang?

    Banyak ya, ada ikan pari, ikan hiu, ikan mas, ikan tuna, dan lain – lain. Namun didalam kelas ini, terbagi dua jenis tulang belakang yang dimiliki ikan, yaitu ikan yang bertulang rawan dan ikan yang bertulang keras. Contoh ikan bertulang rawan diantaranya ikan hiu. Sedangkan contoh ikan yang bertulang keras yaitu ikan mas.

    Amphibia, nah kalau kelas satu ini pasti teman – teman sudah tahu, kelas yang satu ini adalah hewan yang dapat hidup di dua alam. Maksudnya, dapat hidup di darat dan dapat hidup di air juga. Contohnya yaitu katak.

    Reptilia, adalah kelas hewan melata dan kulitnya bersisik. Dalam kelas ini, terbagi tiga jenis reptil. Yaitu reptil bercangkang, reptil bersisik, dan buaya beserta bangsanya.

    Baca juga : Klasifikasi Kingdom Protista

    Aves, yaitu kumpulan hewan yang berbulu. Ya apalagi, teman – teman pasti tahu apa saja hewan yang termasuk kelas ini, sudah pasti burung. Tapi ada lagi yang lain lho, ayam, penguin, bebek juga termasuk dalam kelas Aves ini.

    Mamalia, yaitu kelompok hewan yang mempunyai kelenjar susu. Disebut juga hewan penyusu atau menyusui.

    Nah, teman – teman bisa dengan mudah untuk menentukan apakah hewan peliharaan teman – teman termasuk vertebrata atau tidak. Teman – teman hanya perlu melihat pada lima kelas diatas ya. Kalau kucing, berarti termasuk hewan vertebrata yang termasuk kedalam kelas mamalia.

    Selanjutnya, kita akan membahas mengenai Intervebrata. Nah, jenis hewan satu ini merupakan kebalikan dari hewan vertebrata. Jika vertebrata memiliki tulang belakang, maka jenis intervebrata berarti tak bertulang belakang. Hewan yang tergolong sebagai intervebrata tidak dapat kita sebut begitu saja, maksudnya intervebrata ini tergolong menjadi beberapa filum.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Secara umum, hewan yang termasuk intervebrata diantaranya cacing, kecoa, gurita, dan bintang laut serta laba – laba. Namun untuk lebih mudah dalam mengenali hewan intervebrata ini, teman – teman bisa memahami ciri – ciri nya. Namun maaf, saat ini saya tidak bisa menyertakannya.                

    Saya rasa artikel ini cukup sampai disini. Semoga apa yang saya sampaikan ini bermanfaat untuk teman – teman semua. Dan kita sebagai manusia harus dapat saling menjaga satu sama lain, harus saling menjaga sesam makhluk ciptaan –Nya. Karena kita hidup dibumi ini harus saling menghargai dan menghormati, baik kepada sesama manusia ataupun kepada hewan dan makhluk lain. Sekian dari saya. Mohon maaf atas segala kesalahan. (Rita)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Hewan Vertebrata dan Intervebrata
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar