Fenomena Planet Sejajar Bisa Dilihat 24 Juni 2022, Catat Waktunya

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi fenomena planet sejajar. Jam berapa bisa disaksikan di Indonesia? (Getty Images/iStockphoto/mkarco)

    Lancang Kuning, JAKARTA -- Fenomena planet sejajar bisa mulai disaksikan besok, Jumat (24/6/2022). Fenomena ini merupakan salah satu fenomena langka yang hanya terjadi setiap 18-19 tahun sekali.

    Sebelumnya juga pernah terjadi pada tahun 2004 lalu. Lalu, kesempatan yang sama kemungkinan akan kembali terjadi pada 2041 mendatang.

    Saat fenomena ini terjadi, ada lima planet muncul dalam urutan yang sama pada orbitnya masing-masing mengelilingi matahari. Kelima planet tersebut adalah Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus.

    Dikutip detik.com dari situs Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), fenomena yang disebut sebagai parade langit ini dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia saat waktu subuh sampai dengan 24 menit sebelum matahari terbit. Pengamatan dapat disesuaikan dengan waktu subuh per daerah

    "Kan, waktu subuh masing-masing wilayah itu berbeda-beda, sesuai dengan lintang geografis dan bujur geografis suatu kota. Jadi disesuaikan, kurang lebih ya, sekitar jam setengah 5 sampai jam setengah 6," kata peneliti di Pusat Sains Antariksa Lapan Andi Pangerang.

    Andi mengatakan, sebetulnya tidak hanya ada lima planet melainkan enam planet dengan kehadiran planet Uranus. Maka dari itu, fenomena planet sejajar ini bukan lagi konjungsi kuintet (lima benda langit), melainkan konjungsi sektet (enam benda langit).

    Menariknya, fenomena planet sejajar besok bisa dilihat kasat mata atau tanpa alat bantu apapun. Kendati demikian, agar bisa mengamati Uranus tetap memerlukan teleskop yang minimal berukuran lensa 10 cm.

    "Karena kecerlangan Uranus hanya mencapai +5,9, nah ini kalau kondisi langit yang cukup redup tanpa polusi cahaya sebenarnya dapat kelihatan. Di wilayah perkotaan, batas kecerlangan +4,7 butuh alat bantu teleskop, teleskopnya kecil, berukuran 10 cm," papar Andi.

    Jangan sampai kelewatan, saksikan fenomena planet sejajar besok di waktu subuh masing-masing daerahmu.te

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Fenomena Planet Sejajar Bisa Dilihat 24 Juni 2022, Catat Waktunya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar