Dampak Positif Adanya Teknologi Perkantoran

Daftar Isi

    Lancang Kuning  -  Pada artikel kali ini, saya akan membahas mengenai dampak positif dari adanya teknologi perkantoran. Nah, semoga artikel dapat menambah pengetahuan teman – teman semua dan juga semoga teman – teman pun mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang teman – teman miliki.

    Di era yang sudah semakin maju seperti saat ini, kita sebagai manusia pastinya merasa sangat terbantu dengan adanya alat – alat canggih yang dapat membantu kita dalam melakukan suatu hal. Ada banyak alat canggih yang sangat membantu kehidupan manusia, misalnya alat untuk memanen padi (combain) dengan adanya alat ini para petani tidak perlu bersusah payah untuk memanen padinya sendiri secara manual, selain itu kita juga mengenal mesin fotocopy ataupun printer.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Kedua alat itu sangat membantu dan umumnya digunakan di perkantoran. Dengan adanya kedua alat canggih itu, maka kita tidak perlu repot dan susah dalam mengerjakan suatu hal. Contohnya mesin fotocopy alat ini digunakan untuk menduplikasikan sebuah dokumen. Atau dapat dikatakan kita meng-copypaste kan sebuah dokumen namun langsung tercetak, sama persis seperti dokumen aslinya, atau bahasa yang lebih umumnya yaitu melipatgandakan jumlah suatu dokumen.

    Adapun mesin printer alat ini digunakan untuk mencetak dokumen menggunakan kertas. Jadi, kita tidak perlu repot – repot untuk menulisnya menggunakan tangan, dan juga kita tidak akan membutuhkan banyak waktu jika sudah menggunakan mesin printer ini.

    Baiklah, kembali ke topik awal. Penggunaan alat – alat canggih didalam dunia perkantoran membawa keuntungan atau manfaat atau juga dampak positif bagi kita sebagai manusia, dan berikut adalah manfaat atau dampak positif nya :

    1. Mempersingkat waktu

    Ya, seperti yang telah kita bahas tadi. Alat – alat canggih tersebut dapat membantu kita untuk mengerjakan suatu pekerjaan dengan lebih cepat.

    2. Hasil yang memuaskan

    Karena yang kita gunakan adalah alat, pasti sangat minim terjadi kesalahan pada alat tersebut jika alat tersebut masih dalam keadaan yang baik – baik saja. Lain halnya jika alat tersebut sedang mengalami kerusakan atau juga sudah terlalu lama digunakan, maka sebaiknya kita melakukan service agar tidak terjadi kesalahan.

    Baca juga : Macam Macam Personil Administrasi

    3. Menghemat tenaga

    Misalnya, dengan adanya printer tadi, kita sudah tidak perlu repot untuk menuliskannya menggunakan pena, dan tentunya hal ini dapat menghemat tenaga kita agar kita dapat melakukan pekerjaan lainnya.

    4. Meningkatkan kemampuan karyawan

    Meskipun alat – alat tersebut sudah sedemikian canggih, alat – alat tersebut tetap membutuhkan kita sebagai manusia untuk mengarahkan dan memerintah mesin untuk melakukan tugasnya. Mana mungkin, mesin printer dapat mencetak dokumen dengan hanya diletakkan dilantai lalu kita pun diam dengan harapan mesin tersebut akan mencetak dokumen dengan sendirinya, tanpa arahan dari kita.

    Menggunakan alat canggih juga diperlukan pengetahuan, kita harus tahu bagaimana cara mencetak dokumen tersebut, bagaimana cara mengkonfigurasi printer baru hingga bagaimana cara kita mengisi tintanya. Oleh karena itu, karyawan akan mendapatkan ilmu dalam menggunakan alat dan dapat meningkatkan kemampuan karyawan tersebut.

    Itu tadi, adalah dampak positif dari adanya teknologi didunia perkantoran, namun penggunaan teknologi canggih ternyata juga memiliki dampak negatif. Ingin tahu? Mari kita bahas sekilas ya!

    Dampak negatif dari penggunaan alat – alat canggih ini tidak banyak kok. Yang pertama, yaitu terjadi kerusakan pada alat tersebut. Mengapa hal ini bisa terjadi? Hal seperti ini bisa terjadi karena kurangnya pemahaman karyawan untuk menggunakan suatu alat. Meski terlihat mudah, ternyata menggunakan dan menjaga printer agar tetap dalam keadaan yang baik – baik saja alias tidak rusak juga tidak semudah yang dibayangkan, tetapi juga tidak sesulit apa yang teman – teman pikirkan.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Jika teman – teman diberi kepercayaan untuk memegang sebuah alat, maka gunakan dan jagalah alat tersebut dengan baik. Jangan sampai rusak ya. Dan teman – teman harus mempelajari bagaimana cara menggunakan alat tersebut serta bagaimana pula perawatannya.

    Yang kedua, adalah semakin minimnya lapangan pekerjaan. Seperti yang kita ketahui, peran alat – alat canggih tersebut dapat menggantikan peran manusia. Contohnya, alat yang digunakan untuk memanen padi (combain) meski sebagian besar perkampungan kini telah menggunakan alat canggih ini, bukan berarti sudah tidak ada lagi buruh yang menyediakan jasa untuk memanen padi.

    Para buruh ini semakin sulit mendapatkan penghasilan, namun harus bagaimana lagi. Alat ini dapat memanen padi dalam waktu yang cukup cepat bila dibandingkan dengan tenaga buruh yang bisa memakan waktu hingga berhari – hari. Namun, tenaga buruh juga masih digunakan saat ini meskipun sudah tidak terlalu sering. Itulah tadi artikel yang dapat saya sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat bagi teman – teman semua. Dan saya mohon maaf atas segala kesalahan, sekian.(Rita)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Dampak Positif Adanya Teknologi Perkantoran
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    100%

    Marah

    0%

    Komentar

    Berita Terkait