Perbedaan Function Parameter Dan Non Parameter

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Menggunakan Fungsi adalah konsep penting dalam pemrograman. Fungsi adalah sejumlah pernyataan yang dapat melakukan beberapa jenis tugas tertentu. Jika programmer menulis semua pernyataan sebagai satu program, itu akan menjadi kompleks. Fungsi dapat digunakan untuk menghindarinya. Mereka juga dikenal sebagai metode. Setiap fungsi akan memiliki fungsi mereka sendiri. Fungsi meningkatkan optimasi kode dan penggunaan kembali kode.

    Mungkin ada fungsi yang disediakan oleh bahasa pemrograman atau fungsi yang ditulis oleh programmer. Setiap fungsi memiliki nama untuk mengidentifikasinya. Setelah melakukan tugas tertentu menggunakan fungsi, itu bisa mengembalikan nilai. Beberapa fungsi tidak mengembalikan nilai apa pun. Data yang diperlukan untuk fungsi untuk melakukan tugas dikirim sebagai parameter. Parameter dapat berupa parameter aktual atau parameter formal.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Apa itu parameter aktual?

    Parameter aktual adalah nilai yang diteruskan ke suatu fungsi ketika dipanggil. Lihat program di bawah ini.

    #include <stdio.h>

    void addition (int x, int y) {

    int addition;

    addition = x+y;

    printf(“%d”,addition);

    }

    void main () {

    addition (2,3);

    addition (4,5);

    }

    Menurut program C di atas, ada fungsi bernama penambahan. Dalam fungsi utama, nilai 2 dan 3 diteruskan ke penambahan fungsi. Nilai 2 dan 3 ini adalah parameter aktual. Nilai-nilai itu diteruskan ke penambahan metode, dan jumlah dari dua angka akan ditampilkan di layar. Sekali lagi, dalam program utama, dua nilai integer baru diteruskan ke metode penambahan. Sekarang parameter sebenarnya adalah 4 dan 5. Penjumlahan dari 4 dan 5 akan tertampil dimonitor.

    Apa itu parameter formal?

    Fungsi atau metode mengikuti sintaksis yang mirip dengan yang diberikan di bawah ini:

    <return type> <method name> (formal parameters) {

    //set of statements to be executed

    }

    Baca juga : Pemrograman Berbasis Interface 

    Nama metode adalah untuk mengidentifikasi metode. Jenis kembali menentukan jenis nilai metode akan kembali. Jika metode tidak mengembalikan nilai, tipe pengembalian tidak berlaku. Jika fungsi mengembalikan nilai integer, maka tipe kembali adalah integer. Daftar parameter formal terlampir dalam tanda kurung. Daftar ini berisi nama variabel dan tipe data dari semua nilai yang diperlukan untuk metode ini.

    Setiap parameter formal akan terbagi oleh koma. Ketika metode tidak menerima nilai input apa pun, maka metode tersebut harus memiliki tanda kurung kosong setelah nama metode. misalnya Selain itu () {}; Pernyataan yang harus dieksekusi terlampir dalam kurung kurawal.

    Menurut program di atas, nilai 2 dan 3 diteruskan ke penambahan fungsi. Dalam fungsi penjumlahan, ada dua variabel yang disebut x dan y. Nilai 2 disalin ke variabel x, dan nilai 3 disalin ke variabel y. Variabel x dan y bukan parameter aktual. Mereka adalah salinan dari parameter aktual. Mereka dikenal sebagai parameter formal. Variabel-variabel ini hanya dapat diakses dalam metode ini. Setelah mencetak penambahan dua angka, kontrol dikembalikan kembali ke program utama.

    Persamaan antara parameter aktual dan formal

    • Keduanya terkait dengan fungsi.
    • Parameter dimasukkan di dalam kurung.
    • Setiap parameter dipisahkan oleh koma.

    Perbedaan antara parameter aktual dan formal

    Parameter aktual vs formal

    • Parameter aktual adalah nilai yang dilanjutkan tugasnya ke fungsi saat dijalankan.
    • Parameter formal merupakan suatu variabel yang terpilih oleh fungsi yang menangkap nilai saat fungsi dijalankan.

    Fungsi terkait

    • Parameter aktual dilewatkan oleh fungsi panggilan.
    • Parameter formal dalam fungsi yang disebut.

    Jenis data

    • Dalam parameter aktual, tidak disebutkan jenis data. Hanya nilainya yang disebutkan.
    • Dalam parameter formal, tipe data dari nilai-nilai penerima harus dimasukkan.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Ringkasan

    Menggunakan Fungsi adalah konsep yang berguna dalam pemrograman. Fungsi membantu mengurangi panjang kode dan mengurangi kompleksitas. Juga mudah untuk melakukan pengujian, debugging dan meningkatkan pemeliharaan kode. Beberapa fungsi mungkin tidak membutuhkan input, tetapi beberapa fungsi memerlukan input.

    Dimungkinkan untuk meneruskan data ke fungsi sebagai input. Mereka dikenal sebagai parameter. Dua istilah umum yang terkait dengan fungsi adalah parameter aktual dan parameter formal. Perbedaan antara parameter aktual dan parameter formal adalah bahwa parameter aktual adalah nilai yang diteruskan ke fungsi ketika dipanggil sementara parameter formal adalah suatu variabel yang ditentukan oleh fungsi yang menangkap nilai saat fungsi dijalankan. (Mawar)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perbedaan Function Parameter Dan Non Parameter
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    100%

    Marah

    0%

    Komentar