Pemrograman Berbasis Interface

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Pemrograman interface ialah pemrograman yang memberikan kemudahan bagi pengguna untuk menjalankannya. Pemrograman ini merupakan pemrograman yang terbuka atau pemrograman yang antarmuka. Namun, ada pemrograman yang juga tertutup atau tidak antarmuka. Pemrograman ini biasa dikenal dengan pemrograman yang sulit penerapan dan penggunaannya. 

    Dengan kata lain, pemrograman sendiri dibagi menjadi beberapa bentuk. Mulai dari pemrograman yang antar muka dan sebaliknya. Pemrograman yang antar muka biasa dikenal pemrograman yang berdasar pada GUI. Dan sebaliknya pemrograman yang tidak antar muka berdasar pada CLI. Kedua bentuk penyajian, penerapan, dan penggunaan pemrograman tersebut berbeda-beda.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau 

    Umumnya pemrograman yang antarmuka memiliki sistem operasi seperti windows, dan sebaliknya untuk pemrograman yang tidak antar muka biasanya sistem operasi yang digunakan seperti linux, unix dan sistem operasi lainnya yang tertutup. Untuk pemrograman yang antar muka yang terdapat pada sistem operasi windows salah satu bentuk bahasa yang digunakan untuk pemrogramannya yaitu visual basic.

    Bahasa pemrograman ini ialah bahasa pemrograman yang sifatnya memerlukan sebuah tanggapan agar program yang dibuat dapat berjalan dengan baik. Dari penjelasan ini kita juga dapat mengetahui bahwa hasil dari bahasa pemrograman ini memberikan hasil yang penggunaan atau cara penerapannya membutuhkan yang namanya tanggapan. Tanpa adanya tanggapan tersebut, maka program yang telah dibuat dan dibentuk dengan baik tidak akan berjalan dengan baik.

    Baca juga : Pengertian Array Multidimensi

    Jadi visual basic ialah bahasa yang penerapannya berdasar pada GUI. Dengan demikian penerapan dan penggunaan bahasa ini akan mudah untuk dilakukan. Agar dapat menggunakan visual basic untuk membuat sebuah aplikasi terdapat beberapa tahapan atau langkah-langkah yang harus dilalui.

    Tahapan serta langkah-langkah tersebut dapat berbentuk persiapan kebutuhan, membuat atau membentuk rancangannya seperti tampilan kemudian dilakukan penerapan kode atau bahasa serta beberapa fungsi yang nantinya akan digunakan. Karena, bahasa visual basic perlu adanya sebuah tanggapan maka, seorang pengguna yang ingin menjalankan fungsi serta hasil dari program bahasa ini perlu melakukan tindakan seperti mengklik tombol-tombol tertentu yang terdapat pada keyboard maupun pada mouse sebagai bentuk perintah dan instruksi pemasukan data atau yang biasa dikenal dengan proses input data.

    Di dalam pemrograman yang antarmuka ini yakni GUI, terdapat salah satu komponen yang bernama atribut-atribut atau bagian-bagian penyusunnya yang dibutuhkan. Bagian-bagian atau atribut yang menyusunnya memiliki sebutan yakni properties. Inilah yang menjadi faktor utama dan juga memiliki pengaruh yang besar untuk pemrograman yang antar muka. Penjelasan mengenai properti sendiri ialah sebuah objek yang merupakan bagian-bagian dari atribut itu sendiri.

    Dengan kata lain dapat diketahui bahwa pemrograman yang antar muka akan sering bahkan selalu berkaitan dengan yang namanya properti. Untuk dapat membuat aplikasi yang antar muka diperlukan yang namanya web server. Salah satu contohnya ialah XAMPP. Aplikasi ini akan banyak digunakan untuk membuat aplikasi yang menggunakan bahasa pemrograman yang antar muka.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Selain sebagai web server, aplikasi ini juga memberikan kemudahan dalam pembuatan database. Masih banyak lagi kelebihan yang dimiliki dari aplikasi ini tidak hanya dalam pembuatan database saja, tetapi juga terdapat beberapa fungsi lain yang dapat digunakan agar dapat mempermudah proses pembuatan aplikasi maupun sebuah website. Pemrograman yang berbasis interface atau antar muka memberikan sejumlah kemudahan namun, bukan berarti pemrograman ini aman.

    Aplikasi yang umumnya menggunakan bahasa pemrograman yang antar muka keamanannya tidak kuat. Untuk itulah banyak beberapa aplikasi yang menggunakan bahasa pemrograman yang tidak antar muka atau tertutup. Tujuannya agar keamanan dari program yang telah dibuat dan dibentuk tetap terjaga dengan baik. Namun, bukan berarti keamanan yang dimiliki dari pemrograman yang tidak antar muka atau tertutup selalu aman. Pemrograman yang penerapan bahasanya terbuka maupun tertutup memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri . (Rendy)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pemrograman Berbasis Interface
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar