Pengertian Array Multidimensi

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sebelum anda memahami apa itu array sebaiknya anda mempelajari bahasa pemrograman C terlebih dahulu kenapa begitu? Karena dalam pemrograman C, Anda bisa membuat array multi dimensi yang sangat berguna. Di sini anda akan mempelajari mengenai array serta mendefinisikan jenis – jenis array multi dimensi yang paling umum digunakan serta memberikan contoh kode kerja.

    Array merupakan sebuah fitur yang dimiliki oleh bahasa pemrograman C atau  C++ yang memungkinkan untuk bisa memesan banyak data pada memori yang memilki tipe data serupa dengan type data yang memakai satu identitas. Pada variable sangat memungkinkan pengguna untuk memakai array lebih dari satu, dan inilah yang di sebut dengan array multi dimensi, yaitu array yang lebih dari satu.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Untuk melakukan perubahan pada variable biasa menjadi sebuah variable array yaitu dengan menambahkan operator subskrip beserta dengan ukuran di dalam operator tersebut. Pada bahasa C / C++sangatlah memungkinkan bagi kita untuk menggunakan banyak subskrip, dan dengan begini maka variable tersebut akan menjadi array multi dimensi.

    Contoh Penulisan Array

    Type_data identifier[array - 0][array - 1][array – 2]…[array – n];

    Array Multi-Dimensi

    Array yang memiliki lebih dari satu dimensi disebut dengan array multidimensi pada MATLAB. Sebagian besar operasi yang dapat di lakukan pada matrix antara lain adalah array dua dimensi, array ini juga dapat dilakukan pada array multi dimensi. Array multi dimensi di dalam MATLAB merupakan perpanjangan dari matrix dua dimensi yang normal.

    Matrix mempunyai dua buah dimensi yaitu, dimensi baris serta dimensi kolom. Anda dapat melakukan akses pada matrix dua dimensi dengan menggunakan dua subskrip: yang pertama yaitu mewakili indeks baris, dan yang kedua yaitu mewakili indeks kolom.

    Baca juga : Konsep Interface Dalam Pbo

    Array multi-dimensi yaitu jenis array yang memiliki banyak dimensi atau lebih dari satu dimensi dan sebuah array yang juga memiliki sebuah level, adapun jenis array multi-dimensi sederhana yaitu array dua Dimensi, atau array dua dimensi. Secara teknisnya array ini di sebut sebagai array – array, untuk bisa mendeklarasikan array multi dimensi serupa dengan mendeklarasikan array satu dimensi.

    Untuk array 2 dimensi, kita sangat perlu memberi tahu pada program C bahwa kita mempunyai array 2 dimensi. Pada array multi dimensi array menggunakan subskrip tambahan untuk  pengindeks-an. Array tiga dimensi, seperti menggunakan tiga subskrip :

    • Referensi pertama yaitu dimensi array 1, baris
    • Referensi kedua yaitu dimensi 2, kolom
    • Dimensi referensi ketiga3. Ilustrasi yang memakai sebuah konsep halaman untuk dapat mewakili sebuah dimensi 3 dan ynag lebih tinggi.

    Pada saat anda ingin menambahkan dimensi ke array, anda juga menambahkan subskrip. Pada array 4 dimensi, misalnya mempunyai empat buah subskrip. Dua referensi pertama merupakan pasangan baris dan kolom, dua yang ke dua mengakses dimensi data ketiga serta data keempat.

    Array 2 Dimensi

    Untuk membuat variable dengan menggunakan array 2 dimensi, maka operator subskrip dengan masing – masing ukuran array sangatlah dibutuhkan.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Pada array 2 dimensi menggunakan array di dalam array, pada setiap array-nya terdapat pula sebuah array, array ini termasuk contoh array yang sulit untuk di gunakan bagi pemula, namun array 2D bisa di ibaratkan seperti satu tabel yang mempunyai beberapa baris dan kolom. Bayangkan saja pada sebuah table terdapat beberapa baris dan juga kolom, untuk array dan subskrip pertama merupakan baris dan subskrip berikutnya atau yang ke dua adalah kolom.

    Inisial sasi Array 2 Dimensi

    Untuk memberikan inisial pada sebuah array 2 dimensi yaitu dengan cara menggunakan sebuah tanda, tanda tersebut adalah tanda kurung kurawal atau {}, tanda kurung pertama akan menyatakan keseluruhan pada array dari sebuah variable.(Dika)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengertian Array Multidimensi
    Sangat Suka

    33%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    66%

    Marah

    0%

    Komentar