Cara Membuat Epub Dengan Sigil

Daftar Isi

    LancangKuning.com - SIGIL Editor EPUB dapat membantu Anda mencapai tujuan yang layak dan memuaskan untuk menerbitkan sendiri ebook Anda. SIGIL adalah editor gratis yang akan membuat file EPUB untuk eBuku Anda. Posting ini menjelaskan manfaat membuat EPUB, mengidentifikasi beberapa fitur utama SIGIL, memberikan detail tentang dukungan dan unduhan SIGIL, dan cara menggunakan SIGIL.

    Editor EPUB untuk menerbitkan sendiri ebook Anda. Saya telah menggunakan SIGIL selama hampir dua tahun sekarang dan saya pikir itu adalah pilihan yang sangat bagus.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Mengapa Anda ingin menghasilkan file EPUB?

    File EPUB adalah file zip normal yang berisi banyak file (mis. Teks, gaya, gambar, audio, video, dll.) Yang menentukan ebook Anda. EPUB adalah kunci International Digital Publishing Forum (IDPF). Penting untuk empat alasan utama:

    • Ini adalah standar internasional yang diakui yang digunakan oleh banyak ereaders, tablet, dan ponsel.
    • File EPUB Anda dapat dikirimkan ke Smashwords untuk disetujui dan dijual, dan untuk didistribusikan ke Apple iBooks, Kobo, Barnes & Noble, Blio, Kobo, Oyster, dan Scribd milik Baker & Taylor.
    • Dengan mengonversi file EPUB Anda ke format Mobi (menggunakan Kindle Previewer) eBuku Anda dapat dikirimkan ke Amazon untuk persetujuan dan penjualan.
    • Anda menghindari proses yang agak membosankan dalam menyiapkan dokumen Microsoft Word yang akan diterima oleh Amazon dan Smashwords.

    Distributor Ebook memungkinkan penulis untuk mengunggah dokumen Microsoft Word untuk menerbitkan ebook. Karena banyak penulis menggunakan Microsoft Word, ini merupakan opsi yang menarik. Jika ebook Anda kebanyakan berupa teks dan Anda telah melakukan pekerjaan yang baik dalam membersihkannya di Word, hasil akhirnya bisa sangat diterima. Namun, kadang-kadang, perangkat lunak konversi distributor tidak melakukan apa yang Anda harapkan.

    Misalnya, konverter Lulu dan Kindle cenderung membuat indentasi paragraf, bahkan jika Anda telah menerapkan gaya paragraf blok di Word (paragraf blok umumnya merupakan gaya yang disukai untuk buku nonfiksi). Meskipun ada cara untuk mengelabui kecenderungan menjengkelkan perangkat lunak konversi untuk membuat indentasi secara otomatis, hasilnya tidak selalu menyenangkan.

    Baca juga : Langkah Langkah Pemformatan E-Pub

    Keanehan serupa juga terjadi pada Scrivener. Penataan paragraf diindentasikan setelah dikonversi oleh perangkat lunak konversi Lulu. Sigil adalah editor epub sumber terbuka gratis yang memungkinkan Anda membuat file epub yang dapat Anda unggah ke sebagian besar distributor. Ini dapat membantu Anda untuk mencegah beberapa kebiasaan ini.

    Ini sangat mudah digunakan dan jika Anda benar-benar tertarik untuk memiliki kontrol lebih besar atas bagaimana ebook Anda terlihat, Sigil memungkinkan Anda untuk melakukan sedikit tweaker di bawah tenda.

    Bagaimana Sigil Bekerja

    Sigil memiliki dua tampilan: "Tampilan Buku" dan "Tampilan kode" (jangan khawatir tentang Tampilan Kode untuk saat ini). Tampilan Buku Sigil beroperasi seperti pengolah kata sederhana. Saya tidak akan pernah percaya jika saya tidak mencobanya sendiri. Lihatlah tombol-tombol pada bilah alat. Saya yakin Anda bisa menebak apa yang dilakukan beberapa dari mereka. Rintangan pertama Anda untuk menggunakan

    Sigil adalah untuk mengetahui cara memasukkan ebook Anda dari Word ke Sigil. Mengapa? Sigil tidak membaca file .doc atau .docx, ia hanya membaca file HTML, epub dan .txt. Inilah yang perlu Anda lakukan (saya belajar trik ini dari tutorial bagus Paul Salvette.

    Cara Membuat epub Dengan Sigil

    • Buka ebook Anda di Word (Saya menggunakan Word 2010). Buka File, Simpan Sebagai, dan simpan file Anda sebagai Teks Biasa (.txt). Opsi ini menghapus file Word Anda dari kode yang tidak perlu yang dapat mengacaukan ebook Anda dalam proses konversi. Simpan sebagai teks biasa (.txt)
    •  Kotak pesan seperti ini akan muncul:

    Pilih pengkodean UTF-8 Pilih "Pengkodean lain" dan pilih pengodean UTF-8 (Anda harus menggulir ke bawah dalam menu), Klik OK.

    • Sekarang Anda telah menyimpan dokumen Anda dalam bentuk yang dapat dibaca, disalin, dan rekatkan dari Word ke jendela tengah dalam Tampilan Buku Sigil. Rekatkan file ebook Anda di jendela tengah, karena Anda menyalin ebook Anda dari file teks biasa, Anda akan kehilangan banyak format, jadi Anda harus mengajukan permohonan kembali beberapa format itu di Sigil. Tapi ini berita baiknya: jika Anda mengklik Tampilan Kode (tombol di sebelah kanan Tampilan Buku), ebook Anda akan dihapus dari banyak kode yang tidak perlu yang dapat memberi Anda hasil yang tidak diinginkan di kemudian hari. Poin ini akan menjadi lebih bermakna di pos selanjutnya.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Samping: Panduan Pengguna Sigil menyarankan Anda juga dapat menyimpan file Word sebagai Halaman Web, Difilter. Ini sebagian besar akan memformat Anda, tetapi buku Anda akan terlihat seperti sarapan anjing di beberapa tempat di Code View. Jadi, walaupun dimungkinkan untuk menyimpan file Word Anda sebagai Halaman Web, Difilter, menyimpannya sebagai teks biasa mungkin merupakan opsi yang lebih baik. Namun, jangan mengambil kata-kata saya untuk itu. Anda dapat menyimpan file Anda dalam kedua format, menyalinnya ke Sigil dan memutuskan sendiri.

    • Langkah Anda berikutnya dalam memproduksi epub adalah menata ebook Anda di Sigil, menggunakan bilah alat Sigil. Untuk saat ini, jangan takut untuk bermain-main sedikit. Saya akan membahas seluk beluk mendesain ebook di Sigil di posting mendatang. (Rinta)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Membuat Epub Dengan Sigil
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar