Kekurangan EPub

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Pada artikel kali ini, saya akan memberitahukan kepada pembaca tentang Kekurangan EPub. Tapi, saya juga akan menyertakan kelebihan nya. Namun sebelum itu, marilah kita membahas sekilas saja mengenai apa itu EPub. Mungkin teman-teman lebih familiar dengan kata “Ebook”. Sebenarnya apa sih perbedaan dari keduanya? Ataukah Ebook itu sama dengan EPub?

    Sebenarnya, EPub masih merupakan bagian atau kelompok dari Ebook. Jadi, Ebook atau Buku Digital ini memiliki beberapa macam bagian, diantaranya yaitu EPub (Electronic Publication), PDF, Mobipocket, dan DjVu. Pasti teman – teman semua tidak asing lagi dengan PDF kan. Karena biasanya data yang berbentuk PDF ini berisi buku ilmu pengetahuan tentang pendidikan atau pelajaran.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Jadi Ebook dengan EPub ini tidak memiliki perbedaan, tapi juga tidak dapat dikatakan sama. Karena kembali lagi, EPub  merupakan bagian dari Ebook, atau kalimat yang lebih sederhana nya ialah EPub merupakan Ebook. Tapi Ebook tidak selalu EPub, karena Ebook juga memiliki beberapa jenis lainnya seperti yang sudah saya sampaikan diatas.

    Baiklah, selanjutnya ialah pengertian EPub. EPub atau Electronic Publication  ialah salah satu bentuk buku digital yang memiliki format “.epub”. Dan jenis buku digital satu ini juga dapat menyertakan audio hingga video.

    Dan berikut saya akan menjelaskan kelebihan EPub, berikut :

    1. Menghemat Biaya

    Mengapa demikian? Karena harga buku digital yang satu ini jauh lebih murah dibanding harga buku cetak pada umumnya, bahkan buku digital juga bisa didapatkan secara gratis karena kita dapat mendownloadnya melalui sebuah website yang menyediakan banyak buku digital.

    2. Penghematan Sumber Daya Alam

    Karena buku ini merupakan salah satu jenis buku digital dimana buku ini diproduksi secara elektronik, dan tanpa menggunakan kertas. Maka dari itu, hal ini akan membantu dalam penghematan Sumber Daya Alam yakni kayu, yang biasanya diolah untuk dijadikan kertas. Selain itu, penerapan teknologi buku digital ini juga dapat menjaga kelestarian lingkungan. Karena tidak akan menghasilkan sampah.

    Baca juga : Perangkat Lunak Ebook Editor

    3. Awet dan Tahan Lama

    Jadi begini, buku yang dikemas secara digital tidak mungkin bisa rusak apalagi robek. Ini menjadi perbedaan utama mengapa banyak orang yang lebih memilih buku digital dibanding buku umum seperti biasanya yang dicetak dengan bahan kertas yang dimana kita mengetahui bahwa bahan seperti itu sangat mudah robek bahkan rusak, belum lagi jika terkena air bisa – bisa tintanya luntur.

    4. Praktis

    Buku digital dapat kita baca di laptop bahkan dapat kita baca di smartphone juga. Hal ini akan sangat membantu, karena pada era seperti saat ini smartphone merupakan hal yang sangat penting dan selalu di bawa kemana – mana. Dan tak jarang juga beberapa orang memang melakukan aktivitasnya menggunakan laptop, jadi saat ingin membaca kita hanya perlu membuka aplikasi – aplikasi pembaca buku digital baik itu di laptop ataupun di smartphone.

    5. Pengiriman yang Cepat

    Buku digital dikirim secara online, dan hal ini menjadi penyebab pengirimannya menjadi sangat cepat karena menggunakan internet. Berbeda dengan buku yang dicetak, dimana pengirimannya bisa berhari – hari belum lagi kita juga akan dikenakan biaya ongkos pengiriman alias ongkir.

    Meskipun memiliki banyak kelebihan dan buku digital mulai banyak disuka pembaca, ternyata buku digital ini juga memiliki kekurangan. Berikut adalah kekurangan buku digital atau EPub :

    6. Kurangnya Kenyamanan Pengguna

    Mengapa demikian? Karena, ketika membaca suatu buku kita cenderung akan betah berlama – lama dan sampai tak ingat waktu. Dan sinar yang dipancarkan dari smartphone atau laptop dapat mengakibatkan mata menjadi kering dan tanpa disadari kita juga jarangbahkan nyaris tidak pernah berkedip saat sedang menatap layar gadget. Dan lama – kelamaan mata akan menjadi lelah.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    7. Tidak Dapat Memahami Suasana dalam Cerita

    Untuk beberapa orang, umumnya mereka sulit mendapatkan gambaran atau sulit untuk memahami isi dari cerita yang ia baca. Pasalnya, ia terbiasa membaca buku dalam bentuk cetak, jadi saat membaca buku digital seperti ada hal yang berbeda dalam dirinya. Tapi hal ini pasti berbeda – beda bagi setiap orang.

    8. Kurangnya Keamanan Bagi Perangkat Pembaca

    Jika kita mengunduh buku digital melalui browser maka akan ada kemungkinan kecil buku digital itu berisi virus. Hal ini cukup berbahaya bagi laptop ataupun perangkat kita. Jadi, kita sebagai pembaca juga harus dapat memilih dan memilah situs yang aman untuk mendownload buku digital yang kita inginkan. Itulah tadi sekilas tentang Buku EPub, semoga artikel ini bermanfaat bagi teman – teman semua.(Rita)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kekurangan EPub
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar