Ruang Lingkup Komunikasi Interpersonal

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Komunikasi merupakan suatu tingkah laku, perbuatan atau kegiatan penyampaian atau pengoperan lambang-lambang, yang mengandung arti atau makna atau perbuatan-perbuatan penyampaian suatu gagasan atau informasi dari seseorang kepada orang lainnya, atau lebih jelasnya suatu pemindahan atau penyampaian informasi mengenai pikiran dan perasaan-perasaan.

    Jikalau ingin memaparkan pengertian komunikasi ada begitu banyak makna yang diberikan oleh para ahli hal ini disebabkan begitu banyak sarjana tertarik mempelajari komunikasi. Istilah komunikasi berasal pada perkataan latin yaitu Communis yang artinya membuat kebersamaan atau membangun kebersamaan antara dua orang atau lebih. Komunikasi juga berasal dari akar kata dalam bahasa latin Commucio yang artinya membagi.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Menurut Everett M. Rogers seorang pakar Sosiolog Pedesaan Amerika mengungkapkan makna dari komunikasi adalah suatu proses dimana dua orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi dengan satu sama lainnya, yang pada gilirannya akan tiba pada saling pengertian yang mendalam.

    Komunikasi interpersonal atau yang sering disebut juga dengan komunikasi antar personal atau komunikasi antarpribadi merupakan komunikasi yang dilakukan oleh individu untuk saling bertukar gagasan ataupun pemikiran dalam menyampaikan segala hal kepada individu lainnya. Atau dengan kata lain, komunikasi interpersonal adalah salah satu konteks komunikasi dimana setiap individu menghubungkan perasaan, gagasan, emosi, serta informasi lainnya secara tatap muka kepada individu lainnya.

    Komunikasi interpersonal dapat dilakukan dalam bentuk verbal maupun nonverbal. Biasanya komunikasi interpersonal tidak hanya tentang apa yang akan dikatakan kepada seseorang dan apa yang diterima oleh seseorang, namun juga tentang bagaimana hal itu dikatakan apakah sudah sesuai dengan ketentuan, bagaimana bahasa tubuh yang digunakan, dan apa ekspresi wajah seperti apa yang akan diberikan.

    Sifat Komunikasi Interpersonal

    Menurut Joseph A. DeVito, komunikasi interpersonal memiliki beberapa sifat, yaitu :

    1. Komunikasi interpersonal melibatkan pesan verbal maupun pesan nonverbal.

    Kata-kata yang kita gunakan dalam komunikasi tatap muka dengan orang lain biasanya disertai dengan petunjuk nonverbal seperti ekspresi wajah, kontak mata, dan gerak tubuh atau bahasa tubuh. Kita menerima pesan interpersonal melalui panca indera yang kita miliki seperti mendengar, melihat, mencium, dan menyentuh. Bersikap diam pun sebernarnya mengirimkan suatu pesan interpersonal. Pesan-pesan yang disampaikan sebagian besar bergantung pada faktor-faktor lain yang terlibat dalam interaksi.

    Baca juga : Metode Reproduksi Grafika

    2. Komunikasi interpersonal berlangsung dalam berbagai bentuk.

    Pada kehadiran internet sebagai media komunikasi serta media komunikasi modern lainnya menjadikan komunikasi interpersonal dapat dilakukan melalui surat elektronik atau media sosial. Pada dasarnya beberapa bentuk dari komunikasi interpersonal masa kini bersifat waktu sebenarnya, dalam artian pesan yang dikirim dan diterima oleh sesorang pada satu waktu sebagaimana dalam komunikasi tatap muka.

    Pesan yang dikirimkan dan diterima melalui berbagai media sosial dalam konteks komunikasi interpersonal memiliki pengaruh pada media sosial serta dampak media sosial bagi hubungan interpersonal yang dibangun.

    3. Komunikasi interpersonal melibatkan berbagai pilihan.

    Pesan-pesan interpersonal yang di komunikasi kepada orang lain adalah hasil dari berbagai pilihan yang telah kita buat. Momen ketika kita harus membuat pilihan kepada siapa kita berkomunikasi, apa yang akan kita katakan, apa yang tidak boleh kita katakan, apakah pilihan frasa yang ingin kita katakan, dan lain sebagainya. Pilihan-pilihan komunikasi interpersonal beserta alasannya, dalam beberapa situasi, berbagai pilihan yang dipilih dapat bekerja dengan baik dibanding yang lainnya.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Manfaat Mempelajari Komunikasi Interpersonal

    1. Dapat mendatangkan manfaat intelektual termasuk di dalamnya pemahaman yang mendalam terhadap diri dan orang lain serta hubungan interpersonal.
    2. Dapat memberikan manfaat praktis termasuk di dalamnya pribadi, sosial atau hubungan, dan profesional.
    3. Komunikasi interpersonal sangat penting bagi kita secara fisik. Mereka yang memiliki hubungan interpersonal yang baik lebih sehat secara mental dan fisik.
    4. Komunikasi interpersonal membantu kita memenuhi kebutuhan sosial kita. Dengan memahami proses komunikasi interpersonal akan memberikan pandangan terhadap bagaimana suatu hubungan dapat menjadi lebih sukses dan memuaskan.
    5. Melalui penelitian komunikasi interpersonal dapat membuat kita berpikir bahwa kita berkomunikasi dalam suatu hubungan dan menyadari bahwa secara aktual berkomunikasi dalam suatu hubungan adalah sangat berbeda. (Hidayat)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ruang Lingkup Komunikasi Interpersonal
    Sangat Suka

    50%

    Suka

    50%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar