Cara Membuat E Modul

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Untuk dapat membuat e modul ada beberapa hal yang perlu kita persiapkan. Namun, e modul memiliki penjelasan tersendiri, e modul ialah sebuah bahan ajar yang digunakan agar proses belajar menjadi mudah. Untuk membuat e modul sendiri bahan atau hal yang paling utama ialah mempersiapkan atau menyediakan sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk mengelola modul nantinya.

    Banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk mengelola modul. Salah satu yang dapat dipergunakan yaitu aplikasi yang bernama sigil. Aplikasi sigil ini merupakan aplikasi yang mudah untuk digunakan dan dimanfaatkan. Aplikasi sigil termasuk kedalam aplikasi yang terbuka atau bisa disebut dengan open source.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Aplikasi ini membantu kita agar lebih mudah untuk mengembangkan sebuah modul dengan menggunakan kode html. Dengan kata lain aplikasi sigil telah menjadi bahan atau keperluan yang mendasar dan siap untuk segera dikelola. Dengan demikian dapat diketahui bahan utama untuk membuat e modul ialah modul itu sendiri.

    Dengan adanya, aplikasi sigil ini mempermudah kita untuk segera mengembangkan dan cepat dalam mengakses modul yang kita miliki melalui perangkat elektronik. Seperti pc, komputer, gadget, dan yang lainnya. Dengan adanya kemudahan untuk mendapatkan akses, akan memberikan kemudahan terutama untuk dapat mengembangkan modul yang kita miliki.

    E modul adalah sebutan lain dari elektronik modul. Untuk membuatnya diperlukan akses, dan membutuhkan media untuk menjalankannya. Mulai dari laptop, pc, gadget, dan alat elektronik yang lainnya. E modul juga dapat dibuat dengan menggunakan Microsoft office yaitu Microsoft office word. Namun, untuk dapat menampilkan data dari e modul tersebut yang harus digunakan seperti ibooks, caliber, dan program e-book yang lainnya.

    Baca juga : Jenis Jenis Software Yang Dapat Digunakan Untuk Membuat Ebook

    Tujuan mendasar dari bahan ajar yang telah dikembangkan ialah agar mempermudah kedua pihak. Pihak-pihak tersebut contohnya  ialah guru dengan murid. Guru menggunakan e modul agar dapat dengan mudah dalam menyampaikan materi dan sebaliknya, seorang murid akan lebih mudah dalam memahami apa yang disampaikan dan diajarkan. 

    Biasanya e modul banyak digunakan oleh seorang pengajar. Tentunya hal ini akan banyak berkaitan di dunia pendidikan. E modul menjadi media yang membantu seorang pengajar atau biasa kita kenal dengan sebutan guru.

    E modul menjadi sebuah bahan mengajar yang baik dan mudah penerapannya. Sehingga, guru dapat mudah dalam menyampaikan suatu informasi dengan cara yang mudah untuk dipahami dan tentunya caranya juga tepat. Seperti yang terdapat diatas bahwa e modul pasti berkaitan dengan bahan ajar. Adapun bahan ajar memiliki artian ataupun penjelasan bentuk-bentuk bahan yang digunakan untuk mengajar.

    Baik bahan mengajar yang penerapannya secara tertulis maupun secara yang tidak tertulis. Masih terdapat penjelasan lain mengenai bahan ajar, bahan ajar juga memiliki penjelasan yaitu sebuah materi-materi yang telah disusun dengan terstruktur agar dapat dengan mudah untuk dipahami.

    Dengan adanya e modul membantu seorang pengajar atau guru dalam membentuk dan mengembangkan bahan ajar yang sudah ada bahan ajar. Dari pengembangan bahan ajar inilah terdapat beberapa manfaat yang akan diperoleh.  Manfaat yang akan segera didapat ialah saat belajar tidak harus bergantung lagi dengan buku yang sulit untuk mendapatkannya. Kemudian, interaksi dalam mengajar akan semakin baik.

    Kedua manfaat diatas akan segera didapatkan ketika menggunakan e modul sebagai bahan ajar. Terutama setelah e modul tersebut dikembangkan. Selain manfaat, kelebihan dari e modul yakni terdapat beberapa informasi yang lengkap yang tidak dimiliki dari buku sekolah.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Informasi-informasi tersebut bisa berbentuk  data video, data audio, dan sebuah ilustrasi seperti animasi serta informasi lainnya yang membantu dan dapat ditampilkan untuk bahan ajar. Dengan adanya bantuan dari media diatas akan mempermudah dan memberikan hasil yang positi baik dari pihak guru maupun pengajar. (Rendy)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Membuat E Modul
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar