Unsur Unsur Media Komunikasi Grafis

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Media merupakan sarana dalam menyampaikan beberapa informasi atau pesan kepada publik dengan mengutamakan unsur-unsur komunikasi grafis berupa bentuk, teks, dan gambar. Media komunikasi grafis sangat banyak jenisnya dan sangat banyak digunakan pada masa kini.

    Menurut Freddy Audiono Basuki yang merupakan pakar desain grafis terkemuka saat ini, media komunikasi grafis dibagi menjadi 5 bentuk yaitu media cetak (printed material) seperti poster, media luar ruangan (outdoor) seperti spanduk, media elektronik (electronic) seperti televisi, media tempat pajang  (display) seperti madding, dan barang-barang kenangan (special offer) seperti souvenir, topi, gelas, dan lain sebagainya.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Dari setiap jenis atau bentuk dari media komunikasi grafis terdapat ciri-ciri tersendiri tergantung pada tujuan yang akan digunakan oleh publik.

    A. Pengertian Media Komunikasi Grafis

    Komunikasi Grafis adalah proses dalam menyampaikan informasi dan pesan melalui simbol atau lambang yang mengandung pengertian tertentu oleh seseorang kepada orang lain melalui media cetak. Pada dasarnya grafis memiliki beberapa unsur yang dapat dihubungkan dan dirancang untuk menghasilkan sebuah media komunikasi yang komunikatif dan sugestif yang dapat dimengerti oleh publik.

    Grafis pada awalnya digunakan untuk media-media statis seperti buku-buku, majalah dan brosur. Dengan perkembangan zaman yang sangat pesat seperti saat ini, desain grafis juga dapat diterapkan ke dalam media elektronik, yang biasanya disebut sebagai desain multimedia dan desain interaktif

    B. Unsur-unsur Media Komunikasi Grafis

    Media komunikasi grafis memiliki beberapa unsur yang dapat dihubungkan dan dirancang dengan baik dan benar untuk menghasilkan sebuah media komunikasi yang komunikatif dan sugestif. Berikut beberapa unsur-unsur media komunikasi grafis yang sering digunakan dalam pembuatannya.

    1.  Teks

    Teks teridi diri dari beberapa bagian yaitu judul (headline), subjudul, naskah (body copy), logo, dan kata penutup.

    a. Judul

    Judul merupakan bagian yang sangat penting dalam pembuatan teks, yang berfungsi untuk menarik perhatian publik dan merupakan hal yang pertama kali dibaca oleh publik. Judul mampu membimbing pembaca atau publik untuk lebih mengetahui tentang isi pesan dan informasi yang di dalamnya.

    Baca juga : Cara Print Autocad Agar Sesuai Skala

    Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mendesain judul adalah:

    1.   Bentuk huruf yang akan dipakai mendukung judul dan memancarkan watak dari tulisan.

    2.   Judul kontras dengan teks lainnya (warna, ukuran, bentuk).

    3.   Tempatkan dalam frame atau bingkai.

    4.   Kata tidak terlalu panjang, mudah dibaca.

    5.   Tempatkan judul ditengah-tengah.

    6.   Hindari judul dengan huruf kapital semua.

    b. Subjudul

    Subjudul merupakan lanjutan keterangan dari judul yang menjelaskan makna atau arti dari judul dan umumnya lebih panjang dari judulnya. Subjudul dapat juga disebut sebagai kalimat peralihan yang mengarahkan pembaca dari judul ke kalimat pembuka dari naskah. Ukuran huruf dalam subjudul biasanya lebih kecil dari judul.

    c. Naskah

    Naskah adalah kalimat yang menerangkan lebih rinci tentang isi pesan yang ingin disampaikan, berfungsi untuk mengarahkan pembaca dalam mengambil sikap, berpikir dan bertindak lebih lanjut.

    d. Logo

    Logo adalah tanda pengenal berupa simbol yang tetap dari perusahaan atau instansi yang dibuat secara singkat, sederhana dan komunikatif menggunakan huruf dan gambar dapat menjadi ikon unik bagi perusahaan tersebut. Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menetapkan visualisasi logo adalah sejarah, identitas atau kekhasan, unik, asosiatif, artistik, simbolik.

    e. Kata penutup

    Kata penutup adalah kalimat pendek yang jelas, singkat, jujur dan jernih yang biasanya bertujuan untuk mengarahkan pembaca untuk membuat keputusan.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    2.  Ilustrasi

    Ilustrasi merupakan unsur dari grafis yang sangat penting dan dapat ditampilkan mulai dari goresan atau titik sederhana sampai dengan yang rumit. Ilustrasi dapat berupa gambar, foto maupun grafis lainnya. Gambar merupakan penjelasan yang dapat mengartikan isi pesan secara menyeluruh, mampu menarik perhatian sekaligus menangkap pandangan secara sekilas bagi pembaca.

    3. Warna

    Warna adalah hal yang pertama kali dilihat oleh pembaca, terutama warna pada background. Warna yang merupakan unsur yang sangat penting dalam grafis karena memberikan dampak psikologis pada diri seorang pembaca yang melihat. Untuk mencapai desain warna yang efektif dan dapat menjadi pusat perhatian dan enak dipandang oleh pembaca, dapat dimulai dengan memilih warna yang dapat merepresentasikan tujuan dari media komunikasi grafis yang dibuat.(Hidayat)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Unsur Unsur Media Komunikasi Grafis
    Sangat Suka

    14%

    Suka

    14%

    Terinspirasi

    14%

    Tidak Peduli

    42%

    Marah

    14%

    Komentar