Cara Mencegah Korosi

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Korosi merupakan suatu  kerusakan atau degradasi yang terjadi pada logam dimana akibat dari suatu reaksi redoks di antara suatu logam dengan bermacam zat yang ada di lingkungannya dimana hal tersebut bisa menghasilkan senyawa-senyawa, dimana hal tersebut tidak diinginkan.

    Korosi bisa juga disebut dengan suatu serangan yang bisa merusak suatu logam, karena hal tersebut bisa bereaksi secara kimia dengan lingkungan di sekitarnya. Berikut adalah definisi yang lain yang menjelaskan bahwa korosi merupakan kebalikan dari proses dimana proses tersebut di ekstraksi logam dari suatu biji mineral yang ada. Deretan dari Volta dan hukum Nernst bisa membantu untuk mengetahui bahwa adanya korosi.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Berikut cara yang digunakan sebagai pencegah terjadinya korosi:

    1. Pengecatan

    Pengecatan digunakan untuk bisa melindungi besi supaya besi tersebut tidak terjadinya  kontak langsung dengan air dan udara. Dimana cat yang memiliki kandungan timbal dan memiliki kandungan seng juga bisa memberikan perlindungan pada besi dari adanya korosi.

    Dalam pengecatan harus dalam keadaan sempurna hal tersebut dikarenakan apabila ada suatu bagian yang tidak terkena cat, sehingga bisa mengakibatkan besi yang berada di bagian bawah cat tersebut akan terkena korosi. Cara tersebut bisa digunakan untuk pencegahan korosi pada pagar rumah, terali dan lain sebagainya.

    2. Dibalut Menggunakan Plastik

    Plastik juga digunakan sebagai pencegah besi agar tidak terkontaminasi dengan air dan udara. Dimana peralatan yang ada  pada plastik biasanya sering ditemukan  pada suatu peralatan yang ada di rumah tangga. Peralatan-peralatan tersebut di tutup dengan plastik dimana plastik tersebut berfungsi untuk menghindari korosi pada plastik.

    3. Pelapisan dengan menggunakan krom

    Krom (Cr) yang memberikan suatu lapisan pelindung, sehingga hal tersebut besi yang sudah diberi lapisan krom akan mengkilap. Pelapisan dengan menggunakan krom bisa dilakukan dengan berbagai jenis logam. Pelapisan pada krom biasanya juga bisa dilakukan dengan menggunakan plastik. Dimana benda tersebut harus memenuhi syaratnya yaitu benda tersebut harus di cat dengan menggunakan cat yang memiliki kandungan logam, sehingga hal tersebut bisa memberikan listrik.

    Baca juga : Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Terjadinya Korosi

    4. Pelapisan dengan menggunakan Timah

    Timah tersebut merupakan timah yang bisa menahan per karatan. Kaleng yang ada kemasannya dari besi biasanya dilapisi dengan menggunakan timah. Proses pelapisan tersebut bisa dilakukan dengan cara elektrolisis. Lapisan yang berada di suatu timah bisa melindungi besi jika lapisan yang ada pada timah tersebut masih utuh. Jika terdapat goresan pada timah, maka timah tersebut akan bisa mempercepat suatu proses korosi pada timah tersebut, hal ini di sebabkan oleh potensial elektrode besi.

    5. Pelapisan yang ada pada Seng (Galvanisasi)

    Seng ini biasanya sering digunakan untuk melindungi besi walaupun lapisannya sudah ada yang rusak. Hal tersebut terjadi akibat dari potensial yang ada di elektrode pada besi lebih negatif dibandingkan dengan yang ada di seng.

    6. Pengorbanan Anode (Sacrificial Anode)

    Untuk perbaikan yang dilakukan pada  pipa yang ada dibawah tanah dimana pipa tersebut sudah ter korosi bisa membutuhkan biaya. Dimana biaya tersebut dipakai untuk membayar semua kerusakan yang ada.

    Hal tersebut bisa diatasi dengan menggunakan sebuah teknik yaitu menggunakan suatu teknik  sacrificial anode, dimana teknik tersebut dilakukan dimana caranya yaitu memasukkan sebuah logam magnesium selanjutnya akan di sambungkan ke suatu pipa besi dengan menggunakan sebuah kawat. Selanjutnya logam magnesium tersebut akan berkarat, akan tetapi besi tersebut tidak berkarat karena magnesium merupakan suatu logam yang aktif (lebih mudah berkarat).

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    7. Membuat Paduan Logam (Stainless Steel)

    Perpaduan yang ada di logam yang biasa sering digunakan adalah stainless steel. Dimana hal tersebut merupakan suatu campuran dari 74% besi (Fe), 18% nikel (Ni), dan 8% krom (Cr). Misalnya yaitu pada suatu alat-alat dari perkakas rumah tangga.(Indah)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Mencegah Korosi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar