Pengertian dan Fungsi Hand Tools

Daftar Isi

    LancangKuning.com -  Hand tools atau alat tangan merupakan semua jenis alat yang dikerjakan oleh tangan dari pada motor. Beberapa kategori yang ada pada alat-alat tangan yaitu kunci pas, tang, gergaji, pemotong, file, alat mencolok, alat pukul atau palu, obeng, pisau, catok, snips, bor dan klem. Alat-alat luar yang terdapat pada hand tools yaitu penggaruk, gunting pemangkasan, dan garpu taman adalah bentuk tambahan alat tangan.

    Dan yang bukan termasuk dari alat hand tools adalah listrik portabel bukan perkakas tangan. Alat-alat tangan telah digunakan oleh manusia sejak Zaman Batu pada saat batu digunakan sebagai memalu dan memotong. Selama Zaman Perunggu alat dibuat dengan menuangkan tembaga dan paduan timah. Alat-alat perunggu sangat tajam dan lebih keras daripada yang terbuat dari batu.

    Pada saat datangnya Zaman Besi, perunggu di gantikan oleh besi, dan semua peralatan yang ada pada zaman perunggu menjadi sangat kuat dan lebih tahan lama. Bangsa Romawi mulai mengembangkan alat-alat besi selama periode ini yang mirip dengan yang diproduksi hari ini. Pada periode sejak revolusi industri, pembuatan alat tangan telah berubah dari pengrajin menjadi produksi pabrik.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Koleksi besar yang ada pada alat-alat tangan Inggris yang telah ada dari tahun 1700 hingga 1950 dipegang oleh St Albans Museum. Sebagian besar alat-alat tangan di koleksi oleh Raphael Salaman pada tahun (1906–1993), Raphael Salman merupakan orang yang menulis dua buah karya klasik mengenai subjek : Kamus Alat-Alat Pengrajin kulit dan Kamus Alat-alat Pertukangan. Koleksi David Russell yang luas tentang alat-alat tangan Barat semenjak Zaman Batu hingga abad ke-20 telah mendorong penerbitan bukunya yang berjudul Alat-Alat Pertukangan Antik.

    Kategori umum

    American Industrial Hygiene Association membuat sebuah kategori pada alat – alat tangan kategori tersebut adalah : kunci pas, pemotong, tang perkakas pemukul, perkakas yang dipukul atau dipalu, obeng, klem, snip, gergaji, catok, bor dan pisau.

    Jenis alat tangan dan penggunaannya

    Baca juga : Batuan Sedimen

    Alat-alat tangan adalah kebutuhan dasar dari segala bentuk pekerjaan bengkel. Secara umum mereka termasuk kunci pas, palu, obeng, tang, bangku wakil dan gergaji besi.

    Palu:

    Ini dirancang untuk memberikan kekuatan tinggi pada area kecil. Palu terbuat dari baja perkakas bermutu baik. Baja perkakas ini dikeraskan dan ditarik ke warna biru di mata dan sedotan gelap. Pegangan palu terbuat dari kayu keras, biasanya, hickory. Panjang palu tergantung pada berat kepalanya.

    Driver Sekrup:

    Driver sekrup ada beberapa macam. Masing-masing unik untuk tujuannya sendiri. Oleh karena itu perlu bagi pembuat alat untuk memiliki satu set driver sekrup untuk semua persyaratan.

    Bilah driver sekrup memiliki berbagai lebar dan panjang yang sesuai untuk keperluan khusus. Bilah terbuat dari baja perkakas karbon yang ditempa dan dipanaskan untuk memberikan kekerasan. Ujung pisau dimagnetisasi dalam beberapa kasus untuk memberikan akses mudah ke sekrup di sudut dan celah ketat.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Kunci pas:

    Kunci pas dipakai untuk memutar baut, mur, pipa, dll. Ada banyak kunci pas yang tersedia yang mendapatkan nama mereka dari bentuk karakteristiknya, membentuk objek yang digunakan untuk memutar atau dari konstruksi mereka. Beberapa contoh termasuk kunci pas buaya, spanner spin, spanner wajah, set kepala ganda dan banyak lagi.

    Bench Vise:

    Untuk menahan benda kerja di tempatnya, digunakan bangku catok. Ini mencegah pergerakan benda kerja saat mengerjakannya dan membuat pekerjaan pawang sangat mudah. Vises dari berbagai jenis tetapi persyaratan dasar dari catok bangku adalah rahang tetap, rahang bergerak, sekrup dan mur diikat ke rahang bergerak dan pegangan dimana sekrup diputar.

    Bingkai gergaji besi:

    Bingkai gergaji besi digunakan di pertukangan untuk tujuan menggergaji. Mereka dibuat untuk mengambil pisau 8, 10 atau 12 inci. Bilah gergaji besi terbuat dari baja bermutu tinggi yang mudah marah dan mengeras. Karena kekerasannya, bilahnya cenderung sangat rapuh. Namun dalam beberapa kasus, bilahnya fleksibel karena hanya gigi yang dikeraskan. Ini membuat bilah gergaji besi mudah digunakan.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengertian dan Fungsi Hand Tools
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar