Format Data Spasial

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Data spasial merupakan suatu data yang  memiliki acuan tentang  ruang ke bumi an dimana berbagai macam data atribut yang berada di dalam bermacam elemen yang spasial. Pada saat sekarang ini data spesial menjadi salah satu media yang sangat penting untuk suatu perencanaan dalam pembangunan dan pengelolaan dari SDM yang berkelanjutan di dalam cakupan wilayah regional, wilayah nasional, wilayah continental ataupun wilayah lokal.

    Dengan adanya teknologi pemetaan digital dan pemanfaatan di SIG  bisa membuat data spasial berkembang pesat. Format data tersebut biasanya berupa vector dan raster. Di dalam bahasa komputer format diartikan sebagai suatu bentuk kode yang digunakan untuk menyimpan suatu data yang berlainan terhadap suatu file dengan file yang lain. Dalam pembuatan SIG, data spesial bisa direpresentasikan dengan menggunakan dua format. Dimana dua format terbut adalah:

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Data Vektor

    Merupakan suatu bentuk bumi dimana bentuk tersebut direpresentasikan dalam suatu bentuk kumpulan dari garis, area (dimana di suatu daerah dibatasi dengan menggunakan garis yang berawal dan yang berakhir di sebuah titik yang mirip), nodes dan titik.

    Data vektor digunakan untuk menganalisa sesuatu yang membutuhkan ketepatan dari suatu posisi, contohnya pada suatu basis data yang batas-batasnya kadaster. Contoh penggunaan data tersebut yaitu digunakan untuk menafsirkan suatu hubungan spasial dari berbagai fitur. Kelemahan dari data vektor yang paling utama yaitu data tersebut tidak bisa mengakomodasikan terhadap perubahan gradual.

    2. Data Raster

    Data ini sama dengan sel grid merupakan suatu data yang berasal dari sistem pengindera an yang jauh. Pada data tersebut objek dari geografis direpresentasikan dengan menggunakan struktur sel grid yang biasa disebut pixel Dimana kata lainnya adalah resolusi pixel menjelaskan tentang suatu ukuran yang sesungguhnya di seluruh permukaan bumi yang bisa diwakili dengan setiap pixel.

    Semakin kecil setiap ukuran dari permukaan bumi yang direpresentasikan oleh suatu sel, maka semakin tinggi juga resolusinya. Data tersebut juga sangat baik ketika digunakan untuk direpresentasikan pada batas yang bisa berganti dengan secara gradual, contohnya yaitu : kelembaban tanah, suhu tanah dll.

    Baca juga : Kelompok Unsur Unsur Dalam Reaksi Imunologi

    Kelemahan yang utama dari tersebut adalah semakin tinggi suatu resolusi dari grid nya maka semakin tinggi juga besaran dariukuran file nya. Pemilihan dari format data yang digunakan begitu tergantung terhadap tujuan dari penggunaan, volume yang di keluarkan, data yang ada, kemudahan dalam menganalisa.

    Data vektor lebih ekonomis, akan tetapi begitu susah untuk digunakan. Data raster kerap membutuhkan ruang untuk menyimpan file yang begitu besar dan presisi tempatnya juga lebih rendah, tetapi data ini lebih mudah ketika dipakai secara matematis.

    Sumber dari data spasial, yaitu :

    1. Penjelasan dari peta analog yaitu suatu peta yang berbentuk dalam cetakan. Peta tersebut biasanya di bikin dengan menggunakan teknik geografis, agar memiliki referensi yang spasial contohnya yaitu memiliki koordinat, memiliki skala, memiliki arah dll. Peta analog bisa dikonversi sehingga bisa menjadi sebuah peta digital dengan menggunakan bermacam cara.

    2. Data pengindraan jauh merupakan salah satu sumber data yang sangat penting untuk SIG karena keberadaannya dengan cara berkala dan terdiri dari data tertentu. Dengan adanya satelit di ruang angkasa, data tersebut juga bisa direpresentasikan dengan menggunakan format data raster. Contoh dari datanya yaitu citra satelit dan lain sebagainya

    3. Data pengukuran lapangan dikeluarkan dengan cara teknik hitung sendiri, contoh dari data tersebut batas administrasi dan lain sebagainya.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    4. Data GPS

    GPS merupakan suatu teknologi terobosan yang penting di dalam memberikan data untuk sistem informasi geografis. Keakuratan pada saat pengukuran GPS semakin tinggi dengan adanya perkembangan dari teknologi. Datanya direpresentasikan menggunakan suatu format yang berbentuk vektor.(Indah)

     

    sumber : https://edipurwanto.com/memahami-sistem-informasi-geografis-data-spasial-adalah.html

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Format Data Spasial
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar