Macam-Macam Antena Dan Karakteristiknya

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Mungkin diantara kalian belum mengetahui bahwa antena memiliki jenis-jenis yang beragam, dan antena merupakan sebuah alat untuk mengatur suatu gelombang yang bersifat elektromagnetik, tetapi bergantung juga pada pemakaian dan juga penggunaannya terhadap frekuensinya.

    Antena dapat berwujud berbentuk berbagai macam  dari berbentuk kabel hingga berbentuk persegi panjang. Bentuk dari antena juga mempengaruhi untuk membantu dalam memfokuskan dan konsentrasi terhadap sinyal. Saat memfokuskan sinyal ukuran radio adalah dB, dan dB tersebut akan bertambah jika jarak yang ditempuh juga jauh yang otomatis akan bertambah.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

     Antena sendiri memiliki fungsi atau kegunaan untuk mengubah sinyal listrik menjadi sebuah sinyal elektromagnetik dan lalu akan di radiasi ke udara dan juga sebaliknya antena juga memiliki kegunaan untuk menerima sinyal yang bersifat elektromagnetik memiliki ruang bebas dan selanjutnya sinyal tersebut akan dirubah menjadi sebuah energi listrik.

    Dan pada radar maupun sistem komunikasi dari satelit nantinya akan dijumpai antena yang sedang melakukan dua kegunaannya dan sekaligus sebuah teleskop radio, antena hanya saja berfungsi untuk menjalankan fungsi dari penerima saja. Antena juga memilki karakter untuk memilih jenis antena untuk suatu aplikasi yaitu bisa dilihat dibawah ini:

    • Pola radiasi

    Merupakan sebuah radiasi antena yaitu plot yang memiliki 3 dimensi yang akan dikirmkan dan juga dipancarkan sebuah antena atau plot lainnya yang mempunyai tingkat penerimaannya yang akan diterima oleh sebuah antena, di dalam pola radiasi juga memiliki bentuk berdasarkan dalam bidangnya seperti bidang irisan dan bentuk yang beragam lainnya.

    Baca juga : Ruang Lingkup Ekonomi Regional

    Pola radiasi tersebut akan berbentuk menjadi tiga dimensi dikarenakan sebuah sinyal mempunyai bentuk seperti bola, tetapi jika sebuah antena tersebut memiliki arah tertentu nantinya pada proses distribusi akan memiliki sinyal yang besar dibandingkan dengan sinyal yang memiliki arah yang lain makan antena nya akan mempunyai directivity yang arah semakin spesifik proses distribusi sinyal dari antena, di dalam proses radiasi juga memiliki antena yang bernama antena dipol yang memiliki karakter yang banyak digunakan untuk suatu sistem yang berguna dalam untuk berkomunikasi dan jika menggunakan antena ini akan memiliki jangkauan yang cukup luas.

    Di dalam astronomi antena dipol dimanfaatkan untuk sebuah teleskop di radio supaya dapat melakukan pengamatan terhadap frekuensi, dan bentuk data yang didapat dan di peroleh merupakan variabilitas intensitas yang cukup tinggi yang juga dipancarkan pada sebuah objek di dalam astronomi. Tetapi dikarenakan antena ini tidak mempunyai parameter pada arah yang tertentu, teleskop radio merupakan sebuah elemen tunggal sebuah antena jenis tidak dapat di tiru oleh antena lainnya.

    • Gain

    Merupakan sebuah karakter pada antena yang selalu berkaitan dengan suatu kemampuan antena yang mengarahkan pada radiasi sinyal atau juga sebagai penerimaan sinyal arah yang tidak jelas, dan gain ini bukanlah sebuah kuantitas yang bisa diukur dalam bentuk yang sama. Dan pada umumnya gain bukanlah memiliki kegunaan seperti watt dan lain-lain, tetapi gain ini adalah suatu perbandingan, dan karena itulah satuan yang digunakan oleh gain.

    • Polarisasi

    Di dalam jenis ini polarisasi berfungsi untuk mengatur arah dari arus listrik, antena ini juga mempunyai polarisasi linear, dan di dalam astronomi radio memiliki tujuan sebagai untuk mengenal polarisasi sebuah sinyal yang dapat dipancarkan dari sebuah objek astronomi yang memiliki sifat elektromagnetik.

    Macam-macam jenis antena dan karakteristiknya

    a. Antena omni

    Antena ini merupakan antena yang dimanfaatkan sebagai mode pemancar dikarenakan mempunyai jangkauannya yang luas. Antena sering digunakan sebagai jaringan untuk internet di rt atau sekolah.

    • Berbentuk seperti tinggi seperti tongkat
    • Termasuk tipe jaringan point to point

    b. Antena sectoral

    Antena juga memiliki kegunaan untuk internet dan memiliki pancaran yang memiliki ukuran 180 derajat.

    • Memiliki bentuk yang menyerupai tabung
    • Memiliki polarisasi sebesar 45 sampai 180 derajat

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    c. Antena grid

    Adalah antena yang digunakan untuk client jarak jauh yang juga menggunakan teknik jaringan luas memiliki 2,4 sampai 5,8 hertz.

    • Antena ini berbentuk seperti jaring
    • Hanya mencakup satu arah pancaran

    d. Antena yagi

    Jenis antena ini cocok dimanfaatkan untuk mode client yang bisa diarahkan ke sebuah pemancar.

    • Antena ini menyerupai tulang ikan
    • Antena  hanya bisa satu arah pemancarannya.(Daru)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Macam-Macam Antena Dan Karakteristiknya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    100%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar