Peluang Kerja Jurusan Agribisnis

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Apa itu Agribisnis ? Bagaimana Peluang kerja pada jurusan Agribisnis ? Apakah banyak peminat dari jurusan Agribisnis tersebut ? Agribisnis ialah sebuah bisnis yang lebih dominan pada usaha atau di bidang lain untuk pendukung, baik di hulu ataupun hilir yang lebih mengacu pada pokok. Maksud dari kata hulu tersebut ialah bisnis dalam penyediaan bahan baku dan sarana produksi seperti benih, pupuk dan lainnya, sedangkan hilir ialah bisa mencakup pengolahan pada pertanian hingga sampai ke sales di tingkat konsumen.

    Banyak yang berpikiran buruk tentang jurusan agribisnis ini, dan terkadang ada yang gengsi akan belajar perihal dunia pertanian. Memang benar agribisnis ini program studi dari fakultas pertanian akan tetapi banyak orang yang menyangka bahwa Agribisnis ini hanya tentang pekerjaan petani saja. Jadi jurusan agribisnis tersebut bukan orang yang kerjanya di sawah, Kuliah pada jurusan agribisnis ini banyak membahas tentang suatu usaha dan tata cara bagaimana mengelola lingkungan agar lebih baik.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Bisnis pada bidang pertanian juga tidak hanya tentang perkebunan, tetapi juga mencakup peternakan, perikanan serta kehutanan Padahal faktanya Agribisnis ialah prospek bidang yang mempunyai potensi besar di Negara Indonesia. Banyak orang dulu yang belum juga mengetahui apa saja bagi peluang kerja sebagai seorang alumni dari jurusan agribisnis. Padahal jurusan agribisnis tersebut bukan membahas tentang pertanian saja. Bahkan banyak para calon mahasiswa ingin memasuki jurusan agribisnis ini, pada jurusan agribisnis tersebut sudah sangat banyak peminatnya.

    Apa-apa saja profesi peluang kerja pada jurusan agribisnis? Berikut adalah profesi yang menarik dan menggiurkan :

    1. Menjadi Tenaga Pendidik atau Dosen

    Anda bisa menjadi Dosen yang ahli pada bidang agribisnis. Dan karena gaji pokok nya yang besar ditambah juga dengan tunjangan atau uang sertifikasi lain bisa sampai belasan juta. Dan Menjadi Dosen adalah impian dari banyak orang.

    2. Peneliti

    Seorang lulusan agribisnis ialah bisa menjadi peneliti yang dibutuhkan negara. Peneliti yang ahli tentu akan mendapatkan bayaran yang akan lebih besar karena berkat kemampuan ilmu yang dimiliki.

    3. Pionir LSM

    Orang yang lulusan dari jurusan Agribisnis bisa juga bekerja di LSM yang akan memberikan penyuluhan kepada masyarakat yang terkait pada ilmu agribisnis contohnya pada ahli peternakan dan pertanian.

    Baca juga : Fungsi Manajemen Dalam Pengelolaan Media Massa

    4. Pengusaha

    Pada lulusan jurusan agribisnis juga bisa menjadi pengusaha yang memiliki wawasan dan memiliki koneksi yang luas.

    5. Pekerja Pemerintah

    Pada lulusan jurusan agribisnis ini juga bisa menjadi pegawai yang akan bekerja di bagian pemerintah seperti sebagai petugas Dinas pertanian dan lainnya.

    6. Pedagang Komoditi Baru

    Kita ketahui bahwa Indonesia ini kaya akan alam sehingga kamu akan bisa mencoba memperkenalkan komoditi baru dari aceh sampai papua. Penghasilan yang akan didapat tergantung kamu harus berhasil menciptakan sebuah pasar komoditi baru tersebut.

    7. Konsultan Pertanian

    Dengan kelulusan jurusan agribisnis kamu bisa juga menjadi seorang konsultan pertanian yang bisa membagikan ilmu pengetahuan dan wawasan kepada masyarakat luas terkait dengan ilmu agribisnis.

    8. Konsultan Perusahaan Agribisnis

    Menjadi konsultan berpengalaman bisa akan membuat kehidupan kamu semakin mapan.

    9. Penulis Tentang Jurusan Agribisnis

    Jika kamu lulusan dari jurusan agribisnis, jika kamu mempunyai bakat untuk menulis dengan baik. Kamu bisa mencoba menulis artikel tentang agribisnis. Karena tulisanmu bisa untuk dipahami dan menarik serta akurat ,maka semakin besar pula penghasilan kamu nantinya.   

    Tidak hanya yang sudah disebutkan tadi prospek kerja untuk agribisnis, akan tetapi masih banyak peluang kerja yang ditawarkan untuk yang sudah lulus jurusan agribisnis. 

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Pada Jurusan Agribisnis ini merupakan bagaimana cara pandang modern dalam bidang pertanian. Cara pandang ini sudah di mulai memasukkan sebuah aspek komersial ke dalam pertanian sehingga aktivitas yang dilakukan memang di masukkan ke laba.(Nada)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Peluang Kerja Jurusan Agribisnis
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar