Ciri Pendekatan Psikologi Komunikasi

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Pada bidang Psikologi ini bukan merupakan tentang masalah dan tingkah laku manusia saja. Banyak pandangan yang masuk dalam ilmu psikologi sehingga menjadikan ilmu psikologi merupakan bidang yang luas. Banyak para mahasiswa yang ingin masuk ke jurusan psikologi, karena memang jurusan psikologi itu sangat menarik untuk dipelajari. Ilmu psikologi mungkin lebih luas akan tetapi pada istilah dari penelitiannya ialah manusia khususnya pada pikiran dan kehidupan. Sebelum akan melanjutkan tentang psikologi ini, apakah sudah ada yang tau apa itu psikologi ?

    Psikologi ialah ilmu yang mempelajari tentang berbagai macam pengalaman pada manusia, apakah itu perasaan, pikiran dan kehendak. Dalam psikologi tersebut baik jurusan dan juga konsentrasi terbagi menjadi beberapa bagian. Meskipun banyak orang yang salah menanggapi mengenai dunia psikologi yang dangkal, nyatanya anda harus melakukan sebuah observasi agar mengenai hal tersebut dan observasi dipastikan akurat.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Berikut ini ialah ciri-ciri pendekatan psikologi dalam komunikasi :

    1. Pendekatan Filosofis

    Pada pendekatan filosofis tersebut melalui psikologi komunikasi kita bisa berkomunikasi dengan antara manusia dengan manusia dan menjalin suatu komunikasi yang didasari akan hal yang bersifat filsafat. Kita pasti tahu bahwa perasaan, pikiran dan emosi berbeda-beda dalam setiap manusia. Namun akan tetapi bagaimana mereka bisa sepaham dan saling mengerti bahkan bisa sama-sama merasakan bagian yang sama ? karena mengedepankan ideologi  yang sama contohnya ialah agama serta budaya.

    Jadi apa yang dimaksud dengan pendekatan filosofis? Filosofis ialah pendekatan yang termasuk pada ilmu psikologi dimana  pendekatan ini lebih menekankan terutama yang ada pada diri manusia. Apakah penting pendekatan filosofis psikologi dalam komunikasi ? Penting karena manusia akan lebih paham dengan cara berkomunikasi.

    2. Pendekatan Fisiologis

    Fisiologis ialah suatu ilmu yang akan mempelajari suatu hal layaknya bagaimana sebuah kehidupan berguna dilihat secara fisik dan khususnya biologis. Pada pendekatan fisiologis ini memang tak terlihat pada psikologi komunikasi. Pada pendekatan ini memiliki fungsi untuk mempelajari sel-sel, organ dan sistem organ secara keseluruhan untuk menggerakkan fungsi fisik sehingga bisa menolong kehidupan untuk stabil. Akan tetapi kaitannya dengan psikologi fisiologis dan komunikasi ialah kaitan antara proses biologi dengan tingkah laku manusia atau individu.

    3. Pendekatan Psikofisis

    Pada psikofisis ini ialah bagian dari psikologi komunikasi. Dan Pendekatan Psikofisis ialah suatu pendekatan yang akan dilakukan tidak dengan fisik saja. Akan tetapi juga dengan aspek jiwa dan aspek fisik. Dan aspek-aspek tersebut saling berkaitan serta psikologi dalam komunikasi yang akan berkaitan karena salah satunya.

    Baca juga : Perencanaan K3 Dalam Tata Letak Fasilitas Produksi

    4. Pendekatan Antroposentris

    Pendekatan antroposentris ialah pendekatan yang membahas tentang etika pada lingkungan, manusia akan menjadikan pedoman alam semesta sebagai pusatnya. Pada pendekatan ini akan menjelaskan bahwa akan berdampak besar untuk manusia. Berarti secara tidak spontan manusia  bisa menjadi penyebab nya karena hal tersebut.

    5. Pendekatan Fungsional

    Ialah cara manusia untuk menyamankan lingkungannya lalu mereka akan menyesuaikan. Pada pendekatan ini berfungsi dalam psikologi komunikasi juga, banyak berbagai cara berkomunikasi orang zaman dahulu dan sekarang sangat berbeda.

    6. Pendekatan Sains

    Ilmu yang tidak akan bisa dipisahkan kepastian nya dengan kehidupan yang sekarang ialah Sains. Pendekatan ini berfungsi untuk pendekatan salah satunya pendekatan psikologis.

    Jadi kesimpulan yang dapat kita ambil ialah bahwa psikologi menganalisa seluruh sebuah komponen yang sudah terlibat dalam komunikasi pada diri, Psikologi memberikan suatu karakteristik manusia dan faktor-faktor dari dalam maupun dari luar yang akan mempengaruhi perilaku komunikasinya.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Pada ciri pendekatan psikologi dalam komunikasi dapat terpampang bagaimana psikologi pada komunikasi menggunakan ilmu lain dan juga menggambarkan kemandirian pada psikologi dalam komunikasi itu sebagai suatu disiplin ilmu. Dan psikologi dalam komunikasi akan melihat bagaimana reaksi yang terjadi pada masa lampau dapat menerka reaksi yang akan terjadi di masa depan.(Nada)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ciri Pendekatan Psikologi Komunikasi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar