Cara Kerja Organ Peredaran Darah Manusia

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Organ peredaran darah manusia terdiri dari beberapa organ seperti jantung dan pembuluh darah. Cara kerja organ jantung dan organ pembuluh darah saling berkaitan. Jantung bertugas untuk memompa atau mendorong darah dan pembuluh darah sendiri, memiliki tugas untuk mengalirkan atau menyalurkan darah keseluruh tubuh kita. Darah yang di salurkan oleh pembuluh darah akan di bawa atau disebar keseluruh tubuh.

    Cara Kerja Organ Peredaran Darah - Dalam organ peredaran darah manusia yang dipompa terus-menerus oleh jantung ialah darah, dan didalam darah terdapat yang namanya oksigen, hormon, dan juga nutrisi. Oksigen dan juga nutrisi yang disalurkan pembuluh darah akan diserap oleh sel yang terdapat dalam tubuh kita.

    Selain menyalurkan, pembuluh darah yang bekerja sama dengan darah akan membawa zat-zat sisa untuk dibuang atau dikeluarkan dari dalam tubuh kita. Zat sisa yang dibawa yaitu karbondioksida. Zat sisa ini dapat berbahaya jika tidak dibuang atau dikeluarkan dari dalam tubuh kita. Selain memompa darah keseluruh tubuh jantung juga memiliki fungsi lain yaitu, memompa darah yang tidak segar. Darah yang tidak segar ini mengandung karbondioksida.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Oleh karena itu, selain memompa darah segar juga membawa kembali darah yang tidak segar lagi. Jantung merupakan organ penting bagi peredaran darah manusia. Tugas jantung untuk memompa darah dalam tubuh kita terus menerus dan berlangsung cepat.

    Pembuluh darah pada tubuh kita terbagi menjadi dua yaitu pembuluh arteri dan juga pembuluh vena. Kedua pembuluh darah ini saling bekerja sama untuk membawa darah. Arteri membawa darah segar dari jantung untuk disalurkan keseluruh tubuh. Sedangkan, pembuluh vena membawa kembali darah yang  kotor ke organ jantung kita. Kedua pembuluh darah ini memiliki fungsi yang timbal balik antara satu dengan yang lainnya.

    Namun, keduanya saling membutuhkan untuk saling melengkapi. Pembuluh darah arteri akan menyalurkan darah dari jantung keseluruh tubuh kita, dan pembuluh arteri memiliki bagian yaitu aorta. Aorta ialah pembuluh darah yang terbesar, pembuluh darah ini akan semakin kecil jika semakin jauh dari jantung dan semakin besar jika mendekati jantung. Aorta juga memiliki cabang-cabang yang banyak, dan semakin kecil jika semakin jauh dari pembuluh darah.

    Baca juga : Manfaat Titrasi Argentometri

    Jantung kita dapat mengalami penyakit dan juga kelainan .Penyakit yang dapat menyerang dan terjadi pada jantung kita diantaranya ialah, gagal jantung, serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan juga stroke. Berikut penjelasan mengenai penyakit jantung yang dapat menyerang kita.

    1. Gagal jantung, penyakit ini terjadi karena jantung tidak bisa memompa darah lagi.
    2. Serangan jantung, penyakit ini terjadi karena pembuluh darah pada tubuh kita tersumbat atau tidak berjalan lancar.
    3. Tekanan darah tinggi, penyakit ini terjadi karena organ jantung pada tubuh kita bekerja secara tidak wajar. Maksudnya, jantung memompa darah yang ada dalam tubuh kita terlalu kuat atau terlalu cepat.
    4. Stroke, penyakit ini terjadi karena darah yang ada dalam tubuh kita menggumpal dan menyumbat pembuluh darah yang ada di otak kita.

    Penyakit yang disebutkan diatas dapat kita cegah dengan cara menjaga makanan kita dan rajin untuk berolahraga. Penyakit yang menyerang jantung kita banyak terjadi akibat kita tidak menjaga keseharian kita. Seperti, makanan, kurang istirahat, dan sering marah. Dengan demikian, kita bisa mengetahui jika penyakit jantung banyak terjadi akibat diri kita sendiri.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Untuk dapat mencegah penyakit jantung, selain menjaga keseharian kita juga harus selalu melakukan pemeriksaan baik di rumah sakit dan juga puskesmas dan sebaiknya, pemeriksaan dilakukan setiap satu bulan sekali. Dengan cara ini kita dapat mencegah penyakit jantung terjadi pada kita. Suatu penyakit tidak akan terjadi pada kita jika bukan karena, diri kita sendiri.(Rendy)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Kerja Organ Peredaran Darah Manusia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar