Ruang Lingkup Riset Operasi

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Ini adalah metode analisis dimana manajemen menerima bantuan untuk keputusan mereka. Meskipun nama metode ini, Operation Research (O.R) relatif baru, tetapi metode yang digunakan untuk ini bukan yang baru. Riset Operasi berkaitan dengan penerapan prinsip-prinsip dan metode sains untuk masalah-masalah strategi.

    Subjek penelitian operasi lahir selama Perang Dunia Kedua di Inggris, dan digunakan untuk strategi militer. Selama Perang Dunia II, sekelompok ilmuwan, yang memiliki perwakilan dari matematika, statistik, ilmu fisika dan sosial dipercayakan untuk mempelajari berbagai operasi militer. Tim ini sangat sukses dan berkontribusi besar terhadap penanganan yang cermat atas seluruh operasi dan masalah terkait operasi.

    Kebutuhan untuk menugaskan studi tersebut untuk operasi muncul karena strategi militer dan keputusan mereka menjadi begitu penting dan mahal dan oleh karena itu, para ilmuwan terbaik, di bawah sponsor organ militer dikelompokkan bersama untuk memberikan informasi kuantitatif dengan mengadopsi teknik ilmiah dan metode untuk memberikan fasilitas dalam menghasilkan keputusan-keputusan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Setelah Perang Dunia II, mulai diterapkan di bidang industri, perdagangan, pertanian, perencanaan dan berbagai bidang ekonomi lainnya.

    Ini adalah aplikasi metode ilmiah, teknik dan alat untuk masalah yang melibatkan operasi sistem sehingga memberikan mereka yang berada dalam kendali sistem dengan solusi optimal untuk masalah tersebut.

    Ruang Lingkup Riset Operasi atau Operation Research (O.R).

    Dalam beberapa tahun terakhir pengembangan terorganisir, O.R. telah berhasil menyelesaikan banyak kasus penelitian untuk militer, pemerintah dan industri. Masalah mendasar di sebagian besar negara berkembang di Asia dan Afrika adalah menghapus kemiskinan dan kelaparan secepat mungkin. Jadi ada ruang lingkup yang bagus untuk ekonom, ahli statistik, administrator, politisi dan teknisi yang bekerja dalam sebuah tim untuk menyelesaikan masalah ini oleh seorang O.R. pendekatan.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Bandar Lampung

    Di sisi lain, dengan ledakan populasi dan kekurangan pangan, setiap negara menghadapi masalah alokasi lahan yang optimal untuk berbagai tanaman sesuai dengan kondisi iklim dan fasilitas yang tersedia. Masalah distribusi air yang optimal dari sumber daya seperti kanal untuk keperluan irigasi dihadapi oleh negara berkembang. Karena inilah sejumlah besar karya-karya ilmiah dapat dilakukan ke arah ini.

    Di bidang Teknik Industri, ada klaim masalah, mulai dari pengadaan bahan untuk pengiriman produk jadi. Manajemen selalu tertarik untuk mengoptimalkan keuntungan.

    Oleh karena itu untuk memberikan keputusan secara ilmiah, O.R. tim studi mempertimbangkan berbagai metode alternatif dan pengaruhnya terhadap sistem yang ada. O.R. Pendekatan ini sama-sama bermanfaat bagi para ekonom, administrator, perencana, irigasi atau pakar pertanian dan ahli statistik dll.

    Pendekatan riset operasi membantu dalam manajemen operasi. Manajemen operasi dapat didefinisikan sebagai manajemen sistem untuk menyediakan barang atau jasa, dan berkaitan dengan desain dan operasi sistem untuk pembuatan, transportasi, pasokan atau layanan. Sistem operasi mengkonversi input ke kepuasan kebutuhan pelanggan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Dengan demikian manajemen operasi berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya yang optimal, yaitu pemanfaatan sumber daya yang efektif dengan kerugian minimum, kurang pemanfaatan atau pemborosan. Dengan kata lain, ini berkaitan dengan layanan pelanggan yang memuaskan dan pemanfaatan sumber daya yang optimal. Input untuk sistem operasi dapat berupa material, mesin, dan sumber daya manusia.

    ATAU. studi selesai hanya ketika kami juga mempertimbangkan faktor manusia terhadap alternatif yang tersedia. Riset Operasi dilakukan oleh tim ilmuwan atau ahli dari berbagai disiplin ilmu terkait.

    Misalnya, untuk menyelesaikan masalah yang terkait dengan manajemen inventaris, O.R. Tim harus menyertakan seorang insinyur yang tahu tentang toko dan manajemen material, seorang akuntan biaya, ahli matematika sekaligus ahli statistik. Untuk masalah besar dan rumit, tim harus menyertakan ahli matematika, ahli statistik, satu atau dua insinyur, ekonom, programmer komputer, psikolog dll.(Fauzan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ruang Lingkup Riset Operasi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    100%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar