Kemagnetan dan Kutub-Kutub Magnet

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Magnet merupakan sebuah benda yang bisa menarik benda di sekelilingnya yang memiliki sifat yang tertentu. Semua magnet pasti memiliki sifat kemagnetan. Sifat kemagnetan adalah kekuatan sebuah benda untuk menarik benda-benda yang berada di sekelilingnya.

    Berdasarkan kekuatan menarik benda di sekelilingnya benda ini dibagi dua, yakni magnet dan benda yang bukan magnet. Tetapi, tidak semua benda dapat ditarik magnet. Benda magnetic yang hanya bisa ditarik oleh magnet. Sedangkan, benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet disebut benda nonmagnetik.

    Ada benda yang ditarik dengan kuat oleh magnet dan ada juga yang ditarik dengan lemah oleh magnet. Benda ini dibagi menjadi tiga kelompok yakni :

    1. Feromagnetik
      Feromagnetik merupakan benda bisa ditarik secara kuat oleh magnet, contohnya seperti nikel, besi, baja, dan koblat.
    2. Paramagnetik
      Paramagnetik merupakan benda yang ditarik dengan lemah oleh magnet, seperti platina, garam, dan tembaga.
    3. Diamagnetik
      Diamagnetik adalah benda yang ditolak secara lemah oleh magnet, contohnya aluminium, timah, bismuth, dan emas.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Benda yang bukan magnet bisa kita jadikan magnet. Benda yang bukan magnet bisa diubah menjadi magnet dengan gampang dan ada yang tidak gampang. Baja sangat susah dijadikan magnet, namun setelah baja menjadi magnet sifat kemagnetannya tidak mudah untuk hilang. Karena sifat kemagnetannya tidak mudah hilang, baja biasanya digunakan untuk membuat magnet permanen.

    Sementara itu, besi sangat mudah untuk dijadikan magnet. Namun, sifat kemangetannya ini dapat hilang, karena sifatnya itu, besi hanya dijadikan sebagai magnet sementara. Setiap benda magnetik umumnya terdiri dari bagian-bagian magnet kecil yang biasa disebut magnet elementer. Prinsip pembuatan magnet adalah dengan merubah magnet elementer yang berantakan menjadi teratur dan searah.  Kita dapat membuat magnet dengan tiga cara yaitu :

    1. Menggosok

    Besi yang awalnya tidak mempunyai sifat magnet, bisa dijadikan magnet. Caranya dengan digosok salah satu ujung magnet tetap. Gosok besi dengan gerakan searah agar elementar yang berada pada besi menjadi teratur dan searah.

    1. Induksi

    Baja dan besi bisa dijadikan magnet secara induksi. Besi dan baja ditaruh pada sekitaran magnet tetap. Magnet elementer akan terpengaruh oleh magnet tetap yang membuat letak magnet elementar akan teratur dan searah ke satu arah.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam Lampung

    1. listrik

    Besi dan baja juga bisa dijadikan magnet dengan cara memanfaatkan aliran listrik. Besi atau baja akan di lilit dengan kawat yang tersambung dengan baterai. Magnet elementar pada besi dan baja akan terpengaruh dengan aliran listrik DC dari baterai. Hal ini membuat magnet elementar menjadi teratur dan searah. Magnet ini disebut magnet listrik atau elektromagnet.

    Kutub-Kutub Magnet

    Kutub magnet merupakan ujung magnet yang mempunyai kemampuan yang kuat untuk menarik benda di sekitarnya. Setiap magnet mempunyai dua kutub yakni kutub utara dan kutub selatan. Sumbu magnet merupakan garis yang menyatukan kedua kutub.

    Kutub yang berbeda dengan kutub magnet yang lain akan saling tarik-menarik. Sedangkan magnet dengan kutub yang sama dengan magnet lainnya akan tolak-menolak. Setiap magnet mempunyai dua kutub. Apabila kamu mematahkan magnet batang tepat di tengah-tengahnya maka magnet itu akan menjadi dua magnet baru dengan dua kutub.  

    Sifat Magnet

    Magnet memiliki beberapa sifat antara lain:

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Magnet hanya menarik benda di sekitarnya yang mempunyai sifat magnet.
    2. Sifat kemagnetan bisa menembus benda.
    3. Magnet memiliki dua kutub.
    4. Kutub magnet yang berbeda akan saling tarik menarik. Begitu pula sebaliknya.
    5. Sifat kemagnetan lemah dan dapat hilang.

    Jenis-jenis Magnet

    Magnet memiliki beragam nama yang disesuaikan dengan bentuknya antara lain :

    • Magnet batang, biasa berbentuk seperti balok atau pensil.
    • Magnet jarum, magnet ini berbentuk jarum seperti pada jarum arah kompas.
    • Magnet U, seperti namanya magnet ini berbentuk U atau seperti sepatu kuda. Magnet ini disebut magnet ladam.
    • Magnet cincin, seperti namanya magnet ini berbentuk cincin.
    • Magnet keping, magnet ini biasanya berbentuk kepingan koin.(Egdaf)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kemagnetan dan Kutub-Kutub Magnet
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    66%

    Marah

    33%

    Komentar