Bupati Kampar dan PWI Berkomitmen Perangi Berita Hoax

Daftar Isi

    Foto: Bupati Kampar dan PWI Kampar

    LancangKuning.com, Bangkinang
     - Bupati Kampar dan PWI Kampar berkomitmen untuk memerangi berita hoax atau berita bohong yang mengarah kepada ujaran kebencian yang bisa tersangkut Undang-Undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) nomor 11 tahun 2008.

     

    Bupati Kampar mengajak seluruh anggota PWI Kampar agar membuat berita dalam upaya memenuhi hak masyarakat untuk mendapatkan informasi yang benar sesuai dengan fakta dan realita yang terjadi.

    Baca Juga: Nadiem Sebut Mahasiswa Bisa Ganti SKS dengan Wirausaha

    Hal itu disampaikan Bupati Catur Sugeng saat menyambangi kantor PWI Kampar, Jumat (24/1/2020).

    Kedatangan Catur Sugeng tanpa didampingi seorangpun kepala OPD di lingkungan Pemda Kampar. Kedatangan Catur Sugeng menggambarkan kepribadiannya terbuka dan bersahabat dengan rekan-rekan media. Tidak ada protokoler dan jadwal khusus bagi Catur Sugeng untuk bertemu kuli tinta di Kampar.

    Catur Sugeng memasuki kantor PWI Kabupaten Kampar yang terletak di Jl. A. Yani Bangkinang laksana seorang sahabat yang biasa bertemu untuk melepaskan rindu dan bernostalgia dalam perjuangan mencapai masa depan.

    Komunikasi Catur Sugeng dengan rekan-rekan PWI Kampar sangat santai walaupun membahas pembangunan daerah. Catur terkesan paham betul akan fungsi dan peran media dalam memajukan pembangunan daerah dan dalam mewujudkan hubungan harmonis di tengah kehidupan bermasyarakat.

    Baca Juga: Mulai Januari, Pajak Air Permukaan PLTA Sepenuhnya untuk Riau

    Dalam diskusi yang dipimpin oleh Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kampar Akhir Yani SE di ruang media center PWI Kampar, selain menjelaskan kondisi daerah dan prioritas pembangunan  Kabupaten Kampar saat ini, Catur Sugeng menyampaikan beberapa harapannya terhadap peran para wartawan di Kabupaten Kampar.

    Catur Sugeng berharap rekan-rekan media dapat membantu Pemerintah Kabupaten Kampar dalam memacu pembangunan daerah dalam hal mempublikasikan dan menyampaikan informasi ke masyarakat.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Catur berharap berita yang disampaikan kepada masyarakat adalah berita yang benar sesuai dengan fakta dan data yang ada.

    Bupati Kampar mengajak rekan-rekan media menghindari berita bohong (hoax) yang mengacu kepada ujaran kebencian. Karena selain tidak berdampak positif terhadap pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat, berita bohong yang tidak sesuai dengan fakta dan data akan menghantarkan kepada pelanggaran hukum yang bisa dijerat dengan Undang-Undang ITE.

    "Mari kita hindari ruang isu dan opini yang tidak jelas pertanggungjawabannya. Mari kita selalu berada pada lingkaran fakta dan data yang sesuai dengan kenyataan yang ada. Mari kita bekerja secara profesional dan proporsional", ajak Catur dengan melempar senyuman khasnya kepada puluhan anggota PWI Kabupaten Kampar.

    Sementara itu, beberapa orang pengurus dan anggota PWI Kampar mengajukan pertanyaan dan memberikan tanggapan dan dijawab oleh Catur dengan jawaban  yang konkrit.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Anggota PWI Kampar sepakat dan komit dalam menjalankan profesinya secara profesional dan proporsional.

    PWI Kampar sepakat memberikan peran dalam pembangunan daerah sesuai dengan fungsi dan kafasitasnya. PWI Kampar meminta kepada Catur Sugeng agar seluruh OPD mau menjalin komunikasi yang baik dengan para jurnalis agar sasaran untuk memajukan daerah dan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud.

    Sebagai bukti konkrit PWI Kampar dalam memerangi berita hoax (berita bohong), Ketua PWI Kampar, Akhir Yani, SE menyerahkan sertifikat penghargaan kepada Bupati Kampar, H. Catur Sugeng Susanto, SH.

    Sertifikat penghargaan tersebut merupakan hasil perjuangan dan kesuksesan yang diraih oleh anggota PWI Kampar, Adi Jondri Putra pada perlombaan "Digital Avengers Award", yang dilaksanakan oleh Klinik Digital HM Vokasi Komunikasi Humas Universitas Indonesia (UI) Jakarta.

    Adi Jondri Putra berhasil meraih juara II pada perlombaan dalam upaya mengkonter  berita-berita hoax (berita bohong) yang banyak beredar di media sosial saat ini.(LKC/Rls)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Bupati Kampar dan PWI Berkomitmen Perangi Berita Hoax
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar

    Berita Terkait