Cara Presentasi yang Menarik Audiens

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Di dalam sebuah pekerjaan, seringkali dijumpai suatu hal yang disebut dengan presentasi. Bagaimana tidak? Presentasi ialah elemen penting bagi para pekerja, dengan presentasi sangat banyak hal yang dapat kita sampaikan. Ada pula fungsi presentasi antara lain:

    1. Menciptakan ide-ide dan gagasan.
    2. Melakukan marketing.
    3. Mempengaruhi peserta presentasi atau audience.
    4. Memberikan inspirasi dan motivasi kepada peserta presentasi.
    5. Menjelaskan tentang yang kita promosikan.
    6. Memberikan informasi kepada audience.

    Jika kita melihat fungsi-fungsi dari presentasi yang diatas, dapat kita simpulkan bahwa presentasi merupakan elemen penting dari berbagai macam aspek. Sangat jelas, siapapun pegawai yang bisa melakukan presentasi dengan sangat baik pasti akan diperhatikan dari atasan perusahaan tersebut.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Ilmu pengetahuan tentang presentasi memang sudah diajarkan dari guru pada saat sekolah. Mereka tahu sekali bahwa latihan untuk presentasi saat di bangku sekolah akan dapat membantu dalam menyampaikan presentasi.

    Kita tahu presentasi merupakan suatu hal yang sangat sulit dilakukan. Selalu timbul masalah ketika presentasi, seperti demam panggung, gugup, grogi dan lainnya. Namun masalah-masalah ini, dapat diperbaiki ke depannya.

    Saya akan beritahu anda beberapa cara untuk melakukan presentasi dengan baik dan benar, agar teman-teman semua dapat melewati batasan dalam diri sendiri untuk menjadi seseorang yang menonjol dari segi soft skillnya. Tanpa berlama-lama lagi, dibawah ini merupakan cara-cara agar presentasi yang disampaikan menjadi lebih menarik.

    1. Cobalah untuk mengusai audience anda.

    Menguasai audience dalam presentasi anda sangatlah penting, karena dapat mendukung presenstasi agar berjalan lancar. Tidaklah cukup hanya mengandalkan pede dalam berbicara didepan audience, ataupun memberikan gerak badan yang baik, tentulah penguasaan terhadap audience juga perlu diupgrade supaya dapat memberikan presentasi yang baik.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Politeknik Muhammadiyah Pekalongan

    Hal yang paling utama yang sangat harus dilakukan agar dapat menarik audience untuk fokus terhadap presentasi yang kita sampaikan yaitu dengan mangajukan beberapa pertanyaan-pertanyaan, menunjukkan video-video yang dapat menarik fokusnya audience, atau bisa juga melakukan simulasi-simulasi atas apa yang anda presentasikan.

    Intinya, apabila melakukan presentasi, sebaiknya bisa dapat membawa audience pada sebuah safe zone atau zona nyaman mereka dalam memperhatikan presentasi yang anda lakukan. Jangan coba-coba untuk membuat audience anda merasa bosan, karena dapat berakibat buruk untuk karir anda, fokuslah pada tujuan anda untuk membawa audience masuk ke pokok bahasan yang akan disampaikan untuk presentasi tersebut.

    1. Latihlah skill berbicara didepan umum dan juga penyampaian dengan bahasa tubuh.

    Presentasi dapat dibilang baik, apabila presentasi itu disampaikan dengan teknik berbicara yang baik dan penggunaan bahasa tubuh yang mudah dimengerti bagi audience.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Jika ingin meraih tingkat tersebut, sebaiknya anda terus melatih kemampuan dalam berbicara dan dalam penyampaian yang anda maksudkan dengan bahasa tubuh. Latihan ini dapat dilakukan dimana saja, tetapi berlatihlah ditempat-tempat yang sering kita tempati seperti di rumah, ataupun didepan cermin. Sering-seringlah berlatih agar semakin matang skill anda dalam berbicara dan bahasa tubuh.

    1. Hindarilah melihat slide ketika menyampaikan presentasi anda kepada audience.

    Pernahkah anda melihat ada seseorang yang menyampaikan presentasinya dengan melihat slide presentasi? Atau mungkin anda juga mengalaminya? Ini sangat disayangkan karena audience akan menganggap anda sebagai seorang presenter yang sibuk dengan dirinya sendiri. Masalah ini karena kurangnya memahami materi yang disampaikan.

    Untuk mengatasi masalah ini, saya anjurkan kepada anda untuk mempelajari materi presentasi secara berulang-ulang minimal selama seminggu sebelum jadwal presentasi anda. Jadi anda bisa lebih mempersiapkan diri dengan penguasaan materi yang matang dan mental yang matang juga.(Fauzan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Presentasi yang Menarik Audiens
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar