Akreditasi Jurusan Kampus Politeknik Muhammadiyah Pekalongan

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Ilmu teknik telah terbukti menjadi ilmu yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih mudah. Teknik atau bisa juga disebut rekayasa erat kaitannya dengan dunia ilmu pengetahuan dan teknologi. Lalu apakah pengertian dari ilmu teknik itu sendiri?

    Ilmu teknik adalah penerapan ilmu dan teknologi yang digunakan untuk mempermudah penyelesaian masalah – masalah manusia. Ilmu teknik itu sendiri terbagi menjadi banyak cabang, seperti teknik sipil, teknik industri, teknik arsitektur, teknik elektro, dan lain – lain.

    Politeknik Muhammadiyah Pekalongan terletak di Jalan Pahlawan No. 10, Pekalongan, Jawa Tengah. Universitas ini telah berdiri sejak tanggal 24 Juli tahun 2005 di wilayah kopertis 06. Berikut adalah data akreditasi jurusan yang tersedia di Politeknik Muhammadiyah Pekalongan :

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Program Studi

    Jenjang

    Akreditasi

    Status

    Manajemen Informatika

    D3

    C

    Berlaku hingga 1 Agustus Tahun 2022

    Teknik Otomotif

    D3

    C

    Berlaku hingga 26 Juni Tahun 2023

    Teknik Elektronika

    D3

    C

    Berlaku hingga 1 Agustus Tahun 2022

    Sumber : Badan Akreditasi Nasional Pergururan Tinggi

    1. Manajemen Informatika

    Manajemen adalah ilmu dalam mengatur dan mengelola sumber daya secara efektif untuk dapat mencapai tujuan perusahaan atau organisasi. Sedangkan Informatika adalah ilmu yang membahas data dan informasi pada mesin komputer.

    Manajemen informatika adalah ilmu pemanfaatan dan pengelolaan atas sumber daya secara efektif yang mencakup bidang informasi untuk dapat mencapai tujuan suatu perusahaan atau organisasi. Program studi manajemen informatika akan mempelajari ilmu dalam merancang serta mengembangkan software dan hardware. Mahasiswa program studi ini akan mempelajari pemrograman, dan juga ilmu – ilmu manajemen dan bisnis.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Islam Kuantan Singingi

    Bagi kamu yang ingin mempelajari ilmu dalam bidang IT disertai dengan manajemen, maka program studi ini cocok untuk kamu. Perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat peluang karir bagi lulusan program studi ini terbuka lebar. Mereka dicari untuk melakukan pengembangan software bagi perusahaan. Lulusan program studi ini dapat bekerja sebagai analisis sistem komputer, manajer sistem komputer dan informasi, quality control suatu sistem di perusahaan, dan lain – lain.

    1. Teknik Otomotif

    Program studi teknik otomotif adalah salah satu cabang dari ilmu teknik. Program studi ini akan mempelajari ilmu tentang cara merancang serta membangun alat transportasi darat yang menggunakan mesin motor. Tidak hanya itu, di program studi ini juga akan mempelajari ilmu manajemen dalam bidang otomotif.

    Jika kamu tertarik untuk mempelajari ilmu mesin untuk membuat alat – alat transportasi, maka program studi ini cocok untuk kamu. Peluang kerja bagi lulusan program studi ini tidak hanya akan berakhir di bengkel seperti yang kebanyakan orang pikir. Kebanyakan lulusan program studi ini justru hanya akan bekerja di belakang komputer sebagai engineer, designer, dan maintenance planner.

    1. Teknik Elektronika

    Teknik elektronika adalah salah satu cabang dari ilmu teknik elektro. Teknik elektro itu sendiri adalah ilmu yang mempelajari hal – hal mengenai penerapan listrik serta teknologinya. Program studi teknik elektronika akan mempelajari pemanfaatan dari komponen – komponen listrik semikonduktor untuk membangun sebuah sirkuit elektronika, dan sistem perangkat lainnya.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Program studi teknik elektronika merupakan sub-bidang dari teknik listrik yang memiliki cakupan yang luas, tetapi teknik elektronika juga terbagi menjadi beberapa sub-bidang, seperti sistem benam, elektronika konsumen, dan daya. Teknik elektronika mempelajari teknik penerapan prinsip dalam banyak ilmu, seperti ilmu fisika, radio, telekomunikasi, sistem kendali, proses sinyal, teknik komputer, daya listrik, robotik, dan lain sebagainya.

    Kebanyakan mahasiswa lulusan program studi ini memiliki tujuan untuk menjadi Insinyur Elektronika. Selain itu, mereka juga dapat bekerja di bidang pengembangan dan maintenance sistem, konsultan elektronika, dan sektor manufaktur peralatan elektronika.(Athallah)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Akreditasi Jurusan Kampus Politeknik Muhammadiyah Pekalongan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar

    Berita Terkait