Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Islam Kuantan Singingi

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Saat memilih universitas atau perguruan tinggi dan jurusannya seringkali membuat para calon mahasiswa bingung. Seringkali, mereka memilih jurusan yang salah karena tidak sesuai dengan minat dan bakat mereka. Sebab itu, sangat penting untuk mengenali minat dan bakat sebelum memutuskan memilih jurusan yang tepat.

    Tak hanya minat dan bakat, faktor penting yang harus menjadi pertimbangan saat memilih universitas dan jurusannya adalah kualitas. Berkualitas atau tidaknya universitas dan jurusan dapat salah satunya dapat dilihat dari peringkat akreditasi.

    Akreditasi merupakan cara pemerintah untuk menentukan standar mutu pada sebuah universitas atau perguruan tinggi beserta jurusannya. Akreditasi bertujuan untuk menghasilkan alumni atau lulusan yang berkualitas pula dan siap menghadapi dunia kerja.

    Selain itu, akreditasi jurusan untuk setiap universitas atau perguruan tinggi di Indonesia juga ditujukan untuk membantu kamu mengetahui kinerja pada sebuah perguruan tinggi. Dan, mengemukakan langkah pembinaan yang harus ditempuh.

    Nah dari sekian banyak universitas yang telah mendapatkan akreditasi baik untuk setiap prodinya, salah satunya adalah Universitas Islam Kuntan Singingi. Universitas Islam Kuantan Singingi berdiri setelah adanya diskusi pimpinan bersama beberapa dosen dan staf dari beberapa sekolah tinggi di Kuantan Singingi, yang kemudian ditanggapi Pemerintah Daerah.

    Dengan demikian, Universitas Islam Kuantan Singingi berdiri dengan menggabungkan tiga Sekolah Tinggi yang berada dalam naungan dua yayasan. Sejauh ini, Universitas Islam Kuantan Singingi sudah memiliki 4 fakultas dengan 13 program studi yang sudah terakreditasi.

    Untuk itu, Garuda Cyber Indonesia telah merangkum akreditasi prodi atau jurusan pada Universitas Islam Kuantan Singingi, seperti berikut ini:

    Akreditasi Prodi atau Jurusan Universitas Islam Kuantan Singingi

    Program Studi

    Strata

    Tahun

    Peringkat

    Kadaluarsa

    Pendidikan Agama Islam

    S1

    2017

    B

    2022-10-10

    Administrasi Negara

    S1

    2016

    C

    2021-03-05

    Teknik Informatika

    S1

    2016

    C

    2021-03-24

    Pendidikan Kimia

    S1

    2016

    C

    2021-06-02

    Peternakan

    S1

    2016

    B

    2021-06-10

    Teknik Sipil

    S1

    2016

    C

    2021-06-23

    Agroteknologi

    S1

    2016

    B

    2021-08-11

    Budidaya Perkebunan

    D-III

    2016

    C

    2021-09-08

    Perencanaan Wilayah dan Kota

    S1

    2016

    C

    2021-09-29

    Perbankan Syariah

    S1

    2016

    C

    2021-12-27

    Akuntasi

    S1

    2015

    C

    2020-11-14

    Agribisnis

    S1

    2015

    C

    2020-12-29

    Ilmu Hukum

    S1

    2015

    C

    2020-12-29

    Selain sebagai penentu untuk kamu yang akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, akreditasi juga digunakan sebagai standar ketika proses pengeluaran ijazah. Jika tidak terakreditasi, ijazah tidak mendapat pengakuan dari pemerintah.

    Sebelum menentukan universitas atau perguruan tinggi yang akan kamu jadikan sebagai tempat untuk melanjutkan pendidikan tingkat sarjana maupun diploma. Sebaiknya, kamu harus sudah mengetahui minat dan bakat kamu. Sebab, banyak kasus yang membuat mahasiswa berhenti di tengah masa perkuliahan baik sarjana maupun diploma karena sulit mengikuti alur perkuliahan akibat salah dalam menentukan program studi.

    Jika minat dan bakat kamu dalam bidang kependidikan, tidak ada salahnya untuk memilih program studi keguruan dan jika kamu berminat di bidang kesehatan bisa memilih kedokteran, farmasi, atau kebidanan.

    Bagi lulusan SMK, akan lebih baik jika melanjutkan keterampilan dan keahliannya di bangku perkualiahan dengan memilih jurusan yang sama. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mengikuti proses perkualiahan.

    Selain minat dan bakat, kamu juga harus mengetahui fasilitas yang tersedia di universitas yang kamu pilih. Saat ini, Universitas Islam Kuantan Singingi sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai untuk mendukung perkualiahan.

    Universitas Islam Kuantan Singingi juga bisa menjadi pilihan untuk kamu yang tidak ingin berkualiah di luar daerah. Meski tidak berada di tingkat provinsi, Universitas Islam Kuantan Singingi juga tidak kalah berkualitas.

    Memilih universitas dengan prodi yang tepat dan berakreditasi memang tidak mudah. Jadi sebaiknya, kenali minat dan bakat kamu. Sebab, untuk masuk ke bangku perkuliahan tidak cukup hanya mengandalkan nilai di bidang akademik, non akademis juga menjadi faktor penentu dalam mengambil keputusan saat memilih jurusan.

    Faktor non akademis akan membantu nilai akademis kamu, sebab kamu sudah memiliki kemampuan dan keahlian untuk memahami hingga mempraktekkan ilmu pada bidang yang kamu tekuni.(Yola)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Islam Kuantan Singingi
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar