Dasar Segmentasi Pasar

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Berbicara perihal bisnis di zaman yang sudah maju dan penuh dengan tantangan ini, tidak lepas dari bisnis yang telah berkembang begitu cepat dan luas. Segala macam bisnis bermunculan dan kata entrepreneur atau wirausahawan sudah biasa diucapkan atau biasa di dengar.

    Maka bagaimanakah cara menjadi pebisnis sukses di masa sekarang? Seorang pebisnis yang hebat pasti mampu menentukan target dan tujuan bisnisnya, tidak beda halnya dengan target pasar atau target konsumen.

    Untuk menentukan target konsumen atau target pasar inilah perlu dilakukan segmentasi pasar. Segmentasi pasar merupakan cara atau metode untuk membagi barang yang dijual kedalam kategori atau jenis tertentu. Hal ini dilakukan agar dapat menentukan target pembeli yang sesuai dengan jenis barang yang dijual.

    Ada 2 metode dalam menentukan cara segmentasi pasar, antara lain:

    1. Segmentasi dilakukan sesuai dengan karakteristik tertentu seperti geografi, demografi (kondisi masyarakat) dan psikologi.
    2. Segmentasi dilakukan sesuai dengan perkembangan perilaku dimana segmentasi disesuaikan dengan karakteristik target atau pembeli.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Tipe – tipe segmentasi pasar

    1. Segmentasi Lokasi

    Segmentasi ini membagi kategori bisnis berdasarkan lokasi. Jadi bisnis akan dijalankan di tempat yang cocok dengan bisnis tersebut atau bisnis akan menyesuaikan dengan kebutuhan dari lokasi bisnis tersebut dijalankan.

    1. Segmentasi Waktu

    Pembagian berdasar waktu adalah segmentasi yang melihat peluang bisnis di waktu – waktu tertentu misal hari raya idul fitri dimana bisnis kue dan pakaian muslim akan sangat maju.

    1. Segmentasi Harga

    Harga juga berpengaruh dengan bisnis yang hadir di sekitar kita. Misalnya kenapa di Indonesia lebih banyak barang produksi dari China? Hal ini dikarenakan harga barang produksi China yang relatif murah dibanding barang produksi negara lain bahkan produk dari Indonesia sendiri. Ini membuat Indonesia menjadi negara yang berpotensi menjadi target pasar China yang mengincar masyarakat yang cenderung memilih produk dengan harga yang terjangkau.

    1. Segmentasi demografi

    Tipe segmentasi ini dibuat berdasarkan variabel umur, jenis kelamin dan pendapatan atau penghasilan masyarakat. Misalnya ada produk yang berfokus bagi orang dewasa atau produk yang berfokus untuk digunakan laki – laki. Segmen ini juga dapat berupa penggemar atau peminat dari suatu kategori barang. Misalnya penggemar anime dan komik akan cenderung mencari barang yang berhubungan dengan anime atau komik yang mereka sukai. Hal ini akan membuka peluang usaha dengan memfokuskan target pelanggan berdasarkan hobi seperti contoh lain penggemar K-Pop, peminat fotografi, pemburu dan lain – lain.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surya Mitra Husada

    Kriteria Segmentasi Pasar

    Segmentasi pasar dilakukan untuk menyederhanakan strategi pemasaran bisnis. Berikut beberapa kriteria yang akan membantu dalam proses segmentasi pasar:

    1. Measurable

    Segmen pasar hendaklah bisa diukur nilai atau jumlah pelanggannya. Ukuran segmen pasar harus diketahui agar pebisnis tau dan mengerti sebesar apa fokus upaya pemasaran yang dilakukan.

    1. Substansial

    Intinya adalah segmen pasar harus berfokus pada target pasar yang memiliki nilai tinggi, bukan hanya untuk waktu singkat namun kondisi pasar akan tetap bertahan lama. Segmen pasar yang baik contohnya adalah segmen homogen atau sama seperti jenis kelamin tertentu, rentang umur tertentu dan latar belakang ekonomi yang sama.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Accessible

    Kriteria ini merujuk pada bagaimana cara menjangkau konsumen. Ada produk yang lebih mudah di promosikan secara langsung atau lewat papan iklan dan ada juga produk yang lebih efektif dipasarkan lewat media sosial online.

    1. Different

    Segmen pasar yang berbeda satu sama lain sangat penting agar suatu produk dapat memiliki keunikan dari produk lain. Ini membuat target pasar akan mengerti bahwa produk yang kita jual unik dan eksklusif.

    Jadi segmentasi pasar sangat penting dilakukan agar jalan bisnis lebih terarah dan memiliki basis pelanggan yang tetap. Hal ini menjadi sangat penting dalam persaingan bisnis yang ketat karena bisnis yang unik dan memiliki jenis pelanggan tertentu dapat bertahan lama apabila benar – benar diperhitungkan.(Ade)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Dasar Segmentasi Pasar
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar