Perbedaan Kuman dan Bakteri

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kuman merupakan sebuah virus yang sangat berbahaya. Kuman bisa menyebabkan penyakit bagi tubuh manusia. Kuman ada dimana-mana, maka dari itu kita harus membersihkan lingkungan sekitar agar tidak terjangkit penyakit. Sedangkan, bakteri adalah sejenis mikroba yang dapat menyebabkan beberapa penyakit juga. Namun, bakteri berbeda dengan kuman. Kuman lebih berbahaya daripada bakteri.

    Dengan itu kita dituntut untuk hidup sehat jauh dari kuman dan bakteri. Karena keduanya dapat menyebabkan penyakit yang berbahaya. Sehingga, banyak masyarakat terkena penyakit seperti gatal-gatal, diare, dan sakit perut.

    Berikut beberapa tips hidup sehat:

    1. Perhatikan kebersihan diri kita sendiri, seperti mengosok gigi, mandi, dan lain-lain. Jangan sampai ada yang tidak dikerjakan, itu bisa menyebabkan penyakit kulit. Jika kita mandi tidak bersih.
    2. Setelah anda merasa sudah mandi dengan bersih. Selanjutnya anda perhatikan lingkungan kamar anda. Jika berantakan dan kotor. Segera bersihkan, seperti menyusun bantal dan merapikan tempat tidur. Jika ada sampah, buanglah pada tempatnya.
    3. Selanjutnya, anda bisa membersihkan lingkungan rumah anda. Dimulai dari depan lalu ke belakang, pertama-tama anda bisa mencabuti rumput yang telah panjang, kemudian menyapu sekeliling rumah, lalu buang sampah pada tempatnya.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Kebersihan sangatlah penting bagi kesehatan tubuh. Jika tidak bersih itu bisa terjangkit penyakit yang berbahaya. Yang disebabkan oleh kuman dan bakteri, untuk itu perhatikan terlebih dulu hal sederhana yang perlu untuk dijamah lalu ditanggulangi. Kuman dan bakteri merupakan organisme yang mengandung kotoran sehingga bisa menyebabkan penyakit.

    Sebagai masyarakat yang peduli akan kebersihan marilah kita untuk membersihkan lingkungan sekitar bersama-sama. Untuk para orang tua, jagalah kesehatan terutama anak-anak. Sebelum makan terlebih dahulu mencuci tangan serta sebelum tidur mencuci kaki dan menggosok gigi terlebih dahulu. Terapkanlah hidup sehat dalam kehidupan anda, seperti menjaga pola makan dan berolahraga.

    Perbedaan kuman dan bakteri

    1. Kuman

    Kuman merupakan organisme tunggal yang dapat menyebar luaskan penyakit. Kuman juga berupa virus yang mudah terjangkit kepada manusia. Virus tersebutlah yang menyebabkan timbulnya penyakit. Kuman dapat hidup ditempat yang kotor. Sehingga, kita sebagai manusia terancam akan kesehatannya. Beberapa penyakit yang diakibatkan oleh kuman seperti penyakit kulit, diare, gatal-gatal dan lain-lain.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Politeknik Indonesia Venezuela

    1. Bakteri

    Bakteri adalah sebuah organisme atau mikroba. Bakteri tidak terlalu bahaya, bukan berarti manusia juga harus kotor. Namun bakteri dibedakan menjadi dua bagian yaitu bakteri berbahaya dan bakteri tidak berbahaya. Bakteri yang berbahaya merupakan sejenis mikroorganisme yang hidup ditempat yang lembab dan berbau. Contohnya seperti ditempat sampah, selokan, dan tempat-tempat yang tergenangi oleh air yang tidak mengalir. Ada juga bakteri yang tidak berbahaya yaitu bakteri yang digunakan untuk fermentasi makanan. Contohnya adalah pembuatan makanan seperti tahu, tempe, tape dan yoghurt. Yang menggunakan bakteri lactobacillus sp.

    Seiring perkembangan ilmu pengetahuan, para ahli yang mendalami bidang MIKROBAKTERIOLOGI, menemukan fakta yang sungguh menakjubkan diluar pengetahuan kita selama ini. Ternyata berbagai macam bakteri terdapat di dalam tubuh manusia, dan diyakini jumlahnya tidak kurang dari 100 triliyun. Dalam hal ini, jelas bahwa mikromos dalam tubuh manusia jauh lebih banyak dan rumit daripada makrokosmos. Berbagai virus maupun cacing yang ada di dalam tubuh manusia, baik bersifat positif maupun negative keberadaannya tidak semuanya akan menjadi penyakit. Melainkan untuk menjaga kesehatan dan keberlangsungan hidup manusia.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Berikut beberapa bakteri yang menguntungkan bagi kehidupan manusia, yaitu:

    1. Mulut

    Di mulut terdapat berjuta-juta bakteri bercampur lendir, yang bermanfaat melunakkan makanan agar bisa ditelan dan dicerna.

    1. Lambung

    Di lambung dan di usus terdapat bermiliar-miliar bakteri yang menguraikan makanan, lalu membantu usus manusia menyerap makanan tersebut menjadi mineral yang baik bagi tubuh manusia.

    1. Usus besar

    Di usus besar terdapat banyak cacing yang membantu mengurai sisa makanan, juga membantu proses terbentuknya vitamin.

    Bakteri-bakteri menjadi masalah atau membuat kita sakit, karena terdapat bakteri yang menyimpang dari siklus atau habitatnya. Hal mana penyebabnya bisa dikarenakan banyaknya manusia mengonsumsi obat-obatan kimia secara berlebihan, bahkan bisa juga dikarenakan kurangnya manusia mengonsumsi air mineral, sayur dan vitamin.(Manda)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perbedaan Kuman dan Bakteri
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar