Akreditasi Jurusan Kampus Politeknik Indonesia Venezuela

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Politeknik Indonesia Venezuela, berdiri setelah adanya pemikiran yang berawal dari keinginan pemerintah di Provinsi Aceh untuk memiliki pendidikan akademi berbasis sistem boarding school.  Dengan adanya sistem boarding school yang mengharuskan mahasiswanya tinggal di asrama, diharapkan para mahasiswa dapat lebih disiplin. Berdirinya pendidikan akademi juga bertujuan untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga terampil yang mandiri di bidang pertanian dan mampu bersaing di dunia kerja.

    Cita-cita untuk menghasilkan tenaga-tenaga terampil yang mampu bersaing di dunia kerja ini kemudian dibuktikan dengan berdirinya Yayasan Pendirian Nangoe Aceh yang diprakarsai pemerintah setempat pada 29 Desember 2003.

    Kemudian, pemerintah bertekad untuk mengembangkan Yayasan Pendidikan Nangroe Aceh dengan merancang pendidikan dalam bentuk Politeknik. Pada pertengan 2007, rencana untuk mendirikan Politeknik mendapat dukungan dari pemerintah dengan adanya bantuan untuk pembangunan yang disetujui Deplu RI dan Pemerintah Venezuela.

    Selanjutnya, dimulai lah pembangunan hingga Politeknik diresmikan pada 12 Agustus 2009 dengan nama Politeknik Indonesia Venezuela oleh Menteri Luar Negeri Republik Indonesia pada masa itu, Hassan Wirajuda bersama perwakilan dari Pemerintahan Venezuela beserta pemerintah daerah lainnya.

    Pada 21 Desember 2009, Politeknik Indonesia Venezuela mulai menyelenggarakan perkuliahan dengan tiga program studi, yakni Teknologi Industri Pertanian, Teknologi Hasil Peternakan, dan Teknologi Produksi Benih dan Pakan Ikan.

    Politeknik Indonesia Venezuela sangat fokus pada pendidikan di bidang pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan dan perindustrian. Sehingga, Politeknik Indonesia Venezuela bertekad untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan rakyat serta masyarakat pertanian melalui usaha melipatgandakan produksi, produksivitas disertai teknologi industri pengolahan hasil pasca panen.

    Dengan demikian tujuan utama tersebut, Politeknik Indonesia Venezuela berharap dapat membantu memenuhi kebutuhan pangan masyarakat dalam upaya memperbaiki gizi dan usaha menuju swasembada pangan protein. Pada bidang industri, Politeknik Indonesia Venezuela berharap dapat membantu menyediakan bahan baku industri khusunya bahan baku setengah jadi dalam negeri.

    Selain itu, Politeknik Indonesia Venezuela juga berharap lulusannya mampu meningkatkan ekspor bahan baku setengah jadi dari hasil pasca panen sehingga dapat menambah devisa negara. Serta, mampu memanfaatkan sumber daya alam dan menjaga keseimbangannya secara optimal.

    Di bawah naungan Yayasan Pendidikan Nanggroe Aceh, Politeknik Indonesia Venezuela didirikan dengan tujuan untuk pendidikkan dan menghasilkan tenaga-tenaga profesional yang handal, produktif dan tanggap terhadap perubahan IPTEK serta mampu bertanggung jawab.

    Didasari tujuan tersebut, Politeknik Indonesia Venezuela memiliki visi untuk mewujudkan Politeknik Indonesia Venezuela yang aplikatif, inovatif dan mandiri dalam pengembangan ilmu pengetahuan serta teknologi terapan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang profesional, bermutu dan bermartabat pada 2025 di wilayah Sumatera.

    Politeknik Indonesia Venezuela juga bertekad melalui misi untuk menyelenggarakan proses pendiidkan terapan untuk mendukung pembangunan daerah dan nasional berbasis sumber daya lokal. Penerapan prinsip akuntabilitas, transparansi, penjaminan mutu, produktif, dan akses berkeadilan secara terpadu.

    Politeknik Indonesia Venezuela turut membekali mahasiswanya di bidang Iptek secara khusus dan terapan pada sektor pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan, perindustrian dan pertambangan. Untuk, Politeknik Indonesia Venezuela juga mengemban misi untuk membekali mahasiswanya pada bidang iptek dalam mengembangkan inovasi diversifikasi produk hasil pasca panen yang berkualitas dan berdaya saing tinggi.

    Saat ini, Politeknik Indonesia Venezuela telah mengantongi akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, termasuk untuk setiap program studi atau jurusan di bawah naungannya.

    Adanya akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi tersebut menunjukkan bahwa Politeknik Indonesia Venezuela memiliki kualitas dan mutu untuk menghasilkan lulusan terbaik.

    Untuk itu, Garuda Cyber Indonesia telah merangkum akreditasi jurusan Politeknik Indonesia Venezuela.

    Akreditasi Jurusan Kampus Politeknik Indonesia Venezuela

    Program Studi

    Strata

    Tahun

    Peringkat

    Tanggal Kadaluarsa

    Teknologi Produksi Benik dan Pakan Ikan

    D-III

    2016

    B

    2021-01-11

    Pengelolaan Perkebunan

    D-III

    2015

    C

    2020-08-07

    Teknologi Industri Pertanian

    D-III

    2015

    C

    2020-11-14

    Teknologi Hasil Peternakan

    D-III

    2015

    C

    2020-11-28

    Politeknik Indonesia Venezuela sangat tepat untuk kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di bangku perkualiahan di bidang teknik pertanian, peternakan, perikanan, maupun pertambangan dan industri.

    Terkait fasilitas, Politeknik Indonesia Venezuela telah difasilitasi sarana dan prasarana yang memadai untuk mendukung program studi mahasiswanya. (Vol1-YI)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Akreditasi Jurusan Kampus Politeknik Indonesia Venezuela
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar