Susunan Tata Surya

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Tata surya adalah gabungan berbagai benda-benda yang tergabung dalam sebuah gravitasinya. Matahari menjadi pusat tata surya dikarenakan segala benda yang ada di langit akan mengelilingi matahari. Setiap benda yang berada di tata surya setiap masa revolusinya akan dekat dengan matahari. Seluruh benda yang termasuk ke dalam bagian tata surya akan berputar untuk mengelilingi matahari karena matahari adalah tata surya yang memiliki gravitasi paling besar.

    Anggota Tata Surya

    1. Matahari

    Matahari adalah bagian terbesar dari tata surya dan matahari pun menjadi pusat tata surya. Jarak bumi ke matahari kira-kira sekitar 149.600.000. Matahari berotasi pada bagian equatornya 34 hari sedangkan pada bagian kutubnya 27 hari. Matahari merupakan suhu terpanas yang sampai mencapai 35 juta derajat celcius. Matahari sering kita gunakan untuk menjemur pakaian, ikan, untuk tumbuhan berfotosintetis terkadang juga ada manusia yang suka berjemur dan masih banyak lagi kegunaan dari matahari. Oleh karena itu pada saat siang hari matahari akan sangat terasa panas. Dari jarak yang sangat jauh saja kita sudah kepanasan, gimana kalau kita sangat dekat dengan matahari ya?

    1. Planet-planet

    Planet adalah benda langit yang tidak memancarkan cahaya nya sendiri. Planet bisa mendapatkan cahaya karena adanya pantulan dari cahaya matahari sehingga mengenai planet-planet. Planet mempunyai rotasi yang berbeda begitu pula dengan revolusinya. Planet di bagi menjadi planet dalam dan planet luar.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Nama-nama planet sebagai berikut:

    • Merkurius adalah planet terdekat dengan matahari, jarak antar merkurius dengan matahari tidak tetap yang artinya akan berubah-ubah, kadang dekat kadang juga bisa sangat jauh dari matahari. Putaran pada porosnya adalah 58,6 hari. Bentuk planet merkurius ini mirip dengan Bulan dengan permukaan berlapis tipis.
    • Venus adalah planet kedua yang terdekat dari matahari. Venus tidak memiliki satelit alam. Efek rumah kaca yang sangat berlebihan dapat menimbulkan bahaya bagi planet venus. Bentuk planet venus mirip dengan bumi.
    • Bumi adalah planet yang menjadi tempat tinggal bagi makhluk hidup yang ada di dalam nya.
    • Jupiter adalah planet terbesar dalam tata surya. Jupiter bisa di lihat dengan mata tanpa perlindungan dengan jelas.
    • Saturnus adalah planet keenam dari matahari waktu yang di butuhkan untuk berotasi kira-kira 10,6 jam, revolusinya 29 tahun

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Politeknik Negeri Lampung

    • Uranus adalah planet terdingin
    • Neptunus merupakan planet yang jauh sekali dari matahari. Neptunus pun di temukan secara tidak sengaja, karena planet ini tidak bisa di lihat dengan mata yang terbuka. Neptunus juga memiliki umur yang sudah sangat tua sekali
    1. Satelit

    Satelit adalah anggota tata surya yang ukurannya kecil, satelit berputar pada porosnya, megelilingi planet dan bersamaan dengan planet mengelilingi matahari. Gerakan yang di lakukan oleh satelit adalah berputar pada porosnya, berevolusi mengelilingi matahari dan berevolusi bersama dengan planet mengelilingi matahari.

    Satelit ada dua yaitu:

    1. Satelit alamiah adalah satelit yang sudah ada dan bukan di buat oleh manusia
    2. Satelit buatan adalah satelit yang di buat oleh tangan manusia sendiri

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Kegunaan satelit buatan adalah:

    • Satelit astrinomi:  Satelit ini berguna untuk melihat benda yang ada di luar angkasa
    • Satelit komunikasi:  Di pasang di luar angkasa untuk berkomunikasi
    •  Satelit navigasi:  Untuk menentukan sebuah titik lokasi di permukaan bumi, yang di salurkan melalui radio.
    • Satelit mata-mata: Untuk memata-matai ( wajib militer )
    • Satelit cuaca: Untuk memperkirakan suhu cuaca

    1. Komet

    Komet adalah benda langit yang mengelilingi matahari. Dari manakah datang nya komet? Komet terdiri dari beberapa bagian debu dan gas yang membeku dan berbentkl komet.

    2. Asteroid

    Menurut kebanyakan orang asteroid adalah sisa-sisa hancurnya planetisimal.

    3. Meteor dan Meteroid

    Meteor adalah benda-benda yang jatuh ke bumi. Sedangkan meteroid benda-benda yang jatuh ke permukaan bumi.(Rinta)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Susunan Tata Surya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar