Dampak Negatif Dari Penerapan Teknologi Reproduksi Terhadap Lingkungan

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Teknologi Reproduksi adalah sebuah cara atau upaya yang dilakukan manusia untuk mengembangbiakan hewan dan tumbuhan yang di harapkan bisa mengatasi masalah pada perkembangbiakan hewan atau tumbuhan yang terdapat masalah.

    Teknologi reproduksi pada peternakan terutama untuk perkembangbiakan hewan da tumbuhan dilakukan untuk kesejahteraan umat manusia. Sekalipun sudah dipertimbangkan dan dilakukan dengan sangat teliti serta berhati – hati, namun hal ini juga dapat menimbulkan beberapa kendala dan masalah. Karena semua yang kita lakukan tidak selalu berjalan sesuai dengan rencana yang di harapkan.

    Ada beberapa dampak negatif dari penerapan teknologi reproduksi

    1. Bayi tabung

    Bagi orang yang susah untuk mendapatkan keturunan atau buah hati, dapat dilakukan dengan penerapan bayi tabung sebagai solusi. Dan juga bayi tabung juga bisa membantu usaha peternakan serta pelestarian pada hewan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Dampak yang terjadi dari bayi tabung sangat berkaitan dengan masalah moral, etika dan agama, karena hukum menyatakan bahwa sel telur atau sel sperma yang digunakan harus resmi dan sah dengan pasangan-nya dan jika tidak maka pembuatan atau proses bayi tabung tidak dibolehkan. ada suatu kejadian dimana seorang ibu angkat yang melakukan proses bayi tabung tidak ingin memberikan bayi hasil kandungannya ke pada ibu atau orang tua biologis yang memiliki sel telur dari bayi tersebut.

    1. Pengkloningan

    Tumbuhan dan hewan yang telah di lakukan pengkloningan jangan yang mengalami masalah atau tidak terlalu dimasalahkan, hanya saja tidak bisa di terima baik oleh masyarakat sekitar. Contoh dalam bidang pertanian dan juga dalam perkebunan untuk dapat meningkatkan hasil produksi dengan banyak dan juga cepat dengan menggunakan bibit unggul yang telah disediakan dan para peternak tersebut cukup membelinya kepada orang yang menjual bibit unggul dengan harga yang murah dan juga terjangkau.

    Pengkloningan ini juga dapat dilakukan pada manusia dan dengan begini banyak timbul perkara seperti dampak yang timbul ketika ada manusia yang dapat dikloningkan yaitu bisa di salah gunakan untuk menciptakan species baru yang bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan, akan timbulnya kerusakan dan memicu kehilangan kekerabatan dan identitas sebagai mahluk normal.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Abulyatama

    1. Dampak negative dari inseminasi buatan

    Pada awalnya penggunaan inseminasi buatan atau kawin suntik ini sangat berguna, namun juga ada dampak yang ditimbalkan dari penerapan inseminasi buatan ini yaitu, apabila identifikasi dirahi (estrus) dan waktu pelaksaannya tidak tepat maka tidak akan terjadi kebuntingan, akan terjadi kesulitan kelahiran apabila semen beku yang di pakai berasal dari hewan jantan dengan keturunan yang besar dan di suntikan pada sapi betina yang ukurannya kecil, bisa terjadinya kawin sedarah bila menggunakan nya dalam waktu yang sama atau singkat, dapat menimbulkan penuntunan sifat genetic yang jelek.

    1. Dampak negatif dari hibridisasi

    Adanya keturunan dengan kultur jaringan yang memiliki materi genetic yang sama, yang memudahkan untuk terkena serangan penyakit, merugikan banyak petani dan para peternak local yang mengandalkan reproduksi secara alami, timbulnya penyalahgunaan pada technology reproduksi untuk kepentingan diri sendiri yang merugikan pihak lain, terakhir mengganggu proses alam.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Dampak Negatif Dari Bioteknologi

    Dapat timbulnya pencemaran pada lingkungan air dan tanah dan akibatnya terjadi penggunaan pestisida dan pupuk buatan secara berlebihan. Pada penerapan transfer DNA untuk proses pemulihan tanaman dan juga hewan bila tidak terkendali dapat meningkatkan keseragaman pada genetic di antara kultivar.

    Dampak negative di bidang ekonomi

    • Terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja atau para petani lain yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan.
    • Terjadinya aksi tipu menipu dalam proses pembelian atau transaksi yang dapat merugikan pihak lain.
    • Bagi para petani yang awam dan tidak teliti dalam penggunaan akan berdampak buruk bagi hewan nya dan juga orang di sekitarnya.(Dika)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Dampak Negatif Dari Penerapan Teknologi Reproduksi Terhadap Lingkungan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    100%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar