Peran Enzim Dalam Proses Metabolisme Hewan

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Setiap makhluk pastinya memerlukan tenaga atau suatu energi untuk dapat hidup (bergerak, bernapas, makan, minum, dan lainnya. Untuk itulah pasti setiap makhluk melakukan yang namanya proses metabolisme. Ialah proses mengubah makanan menjadi suatu energi yang dapat digunakan untuk dapat hidup, melalui proses mencerna makanan dan kemudian mengubahnya menjadi suatu energi.

    Di dalam proses mencerna makanan ada sebuah senyawa yang sangat berperan penting untuk proses metabolism ini. Senyawa tersebut ialah enzim, enzim sendiri ialah senyawa berguna untuk proses mencerna makanan, enzim yang sering kita kenal diantaranya, enzim amilase, enzim tripsin, dan lainnya.

    Tidak hanya hewan yang memerlukan enzim dalam proses metabolism. Namun, juga makhluk hidup lainnya. Seperti, tumbuhan dan manusia. Tumbuhan dan manusia sangat memerlukan enzim guna mendapatkan energi melalui metabolisme.  Apa fungsi enzim? Dan apa gunanya pada hewan dan makhluk hidup lainnya? Berikut kita akan mencari tahu mengapa sangat diperlukannya enzim untuk proses metabolisme.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Peran enzim untuk metabolisme ialah sebagai katalisator dan mempercepat suatu proses metabolisme tubuh pada makhluk hidup. Dengan adanya enzim organ-organ pengolah atau pencerna makanan seperti, mulut, pancreas, dan lambung tidak perlu bekerja terlalu keras untuk mencerna makanan. Selain itu dengan adanya enzim makanan akan lebih cepat dicerna dan proses pertukaran makanan menjadi energy tidak terlalu lama. Dengan cepatnya pertukaran makanan menjadi energy, hal ini memungkinkan makhluk hidup senantiasa mendapatkan asupan energy.

    Enzim berguna untuk kestabilan energy bagi hewan  hal ini dikarenakan pola hewan atau tingkah laku hewan yang liar, sehingga hewan memerlukan proses transfer energy yang cepat dikarenakan keperluan yang semakin bertambah banyak. Seperti energy untuk berlari mengejar mangsa, melompat, memanjat, dan lainnya. Sama halnya dengan gawai yang selalu perlu di transfer energy yang dikarenakan user atau si pengguna memerlukan atau selalu menggunakan demi keperluan yang lebih besar. Contohnya, untuk bekerja, telepon, bermain game dan keperluan yang lainnya.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Stis Darul Falah Pagutan Mataram NTB

    Dengan contoh-contoh diatas kita telah mengetahui peran dan tujuan dari adanya enzim, selai lagi hal tersebut merupakan bentuk kasih saying Tuhan Yang Maha Esa terhadap makhluk ciptaannya. Dari contoh diatas pula kita mendapat pelajaran berharga tentang arti suatu kehidupan bahwa hal yang sulit terlihat bisa jadi hal yang sangat  penting untuk kita bersama.

    Enzim dapat berada di dalam sel atau bahkan dapat berada diluar. Selain berguna untuk mempercepat proses mencerna makanan enzim juga berguna untuk mengubah makanan menjadi bentuk energy yang lain. Adapun guna dari proses suatu metabolism ialah sebagai media untuk dapat mentransfer energy atau bentuk pertukaran energy, dari energy yang sederhana menjadi energy yang lebih rumit lagi.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Metabolisme sangat berperan penting bagi perolehan asupan energy. Karena jika proses metabolism tidak berjalan lancer atau cepat akan mempengaruhi aktivitas dari suatu makhluk hidup itu sendiri baik tumbuhan, hewan dan juga manusia. Mengapa demikian sama halnya dengan gawai yang selalu kita gunakan pasti selalu memerlukan yang namanya energy, jika tidak maka gawai yang kita gunakan pasti mati. Hal ini berlaku juga untuk makhluk hidup jika tidak memperoleh energy maka, akan mengalami masalah dalam aktivitasnya bahkan dapat mengalami yang namanya kematian.

    Tanpa adanya makanan maka tidak ada yang namanya energy dan tanpa adanya energy pula maka tidak aka nada yang namanya kehidupan. Sedangkan proses pertukaran energy tersebut memerlukan suatu media untuk mempercepat proses perpindahan energinya dan media yang dimaksud adalah  suatu senyawa yang telah dibahas diatas senyawa tersebut ialah enzim. Dengan adanya media yang mempercepat suatu proses perpindahan energy maka makhluk hidup tidak akan mengalami gangguan dalam beraktivitas. Dari penjelasan tersebut pula kita dapat menarik kesimpulan bahwa semua itu tidak dapat dipisahkan.(Rendy)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Peran Enzim Dalam Proses Metabolisme Hewan
    Sangat Suka

    33%

    Suka

    33%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    33%

    Marah

    0%

    Komentar