Kondisi Geografis Negara ASEAN

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Association of South East Asian Nations atau biasa disingkat dengan ASEAN. Asean berdiri pada tanggal 8 Agustus 1967 yang berdiri di Bangkok, Thailand? ASEAN merupakan suatu organisasi yang anggotanya terdiri dari negara negara yang ada di Asia Tenggara. Apakah kalian tau siapakah yang mendirikan ASEAN? Negara  yang mendirikan ASEAN adalah Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand nah kelima Negara itu lah yang mendirikan ASEAN, dan diantara lima Negara tersebut Indonesia adalah salah satunya.

    Sekarang kita ganti topik, apakah kalian tahu?? Sebagian besarnya wilayah Negara di ASEAN mempunyai laut dengan luas kurang lebih dari 5.060.100 km2 dan dengan luas daratan nya sekitar kurang lebih dari 4.817.000 km2 , mayoritas di Negara ASEAN iklimnya tropis maksudnya adalah daerah atau suatu wilayah yang memiliki suhu yang hangat karena dilewati oleh garis garis dari khatulistiwa, letak geografis nya ASEAN terletak diantara dua Samudera yaitu Samudera hindia dan Samudrea Pasifik dan juga terletak di 2 benua yaitu benua Asia dan benua Australia.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Di bawah ini merupakan kondisi geografis ASEAN :

    1. Indonesia

    Letaknya Astronomis : 6OLU-11OLS dan 95OBT-141OBT , dan memiliki iklimnya yaitu iklim tropis , dan kondisi geografis nya  Indonesia dilalui dengan 2 sirkum yaitu sirkum pasifik dan sirkum mediterania  oleh Karena itu di Indonesia banyak gunung api dan juga Indonesia di apit dengan beberapa lemping besar sehingga rawan terjadi nya gempa.

    1. Malaysia

    Letak Astronomis : 1OLU-7OLS dan 100OBT-120OBT, beriklim tropis khatulistiwa , kondisi geografisnya Malaysia terbagi menjadi 2 kawasan yaitu kawasan barat yang terdapat bentuk pergunungan dan kawasan timur yang berawa rawa dan sungai yang pendek umumnya tempat ini sempit.

    1. Singapura

    Letak Astronomi : 1O11’LU-1O28’LU dan 103O38’BT-104O5’BT, beriklim tropis, kondisi geografisnya umumnya di singapura permukaan nya datar namun ada juga terlihat perbukitan.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Oemathonis

    1. Kamboja

    Letak astronomi : 10OLU-15OLU dan 102OBT-108OBT , beriklim tropis basah dan juga kering, kondisi geografisnya di kamboja wilayahnya menyerupai bentuk dari piring di bagian tepinya terbentuk dikelilingi pergunungan dan di tengah nya terdapat dataran, pas banget ini buat yang suka traveling menikmati sunset dan juga pemandangan pergunungan bagus – bagus tapi isi dompetnya juga harus bagus bagus.

    1. Myanmar

    Letak astronominya : 11OLU-28OLU dan 92OBT-101OBT, beriklim tropis kondisi geografisnya di Myanmar terdapat dua pergunungan disebelah barat dan di sebelah timur.

    1. Filiphina

    Letak astronminya : 5OLU-21OLU dan 117OBT-121OBT, beriklim tropis basah, kondisi geografisnya di Filipina banyak terdapat gunung merapi yang masih aktif dan juga Filipina ini adalah Negara yang berkepulauan.

    1. Thailand

    Letak astronominya : 6OLU-21OLU dan 97OBT-106OBT, dan beriklim tropis kondisi geografisnya di Thailand di bawah permukaan tanah nya merupakan jalur yang dilewati aliran sungai di bagian tengah dan juga terdapat dataran yang tinggi di bagian timur laut, lalu di utara terdapat hutan dan juga pergunungan serta bukit- bukit dan di bagian selatan terdapat  banyak nya perbukitan , ini cocok sekali jika kita ingin melihat pemandangan pemandangan alamnya , banyak pergunungan pepohonan , bukit-bukitan , bagus ni untuk kamu yang suka jalan-jalan / suka foto-foto  dan sambil menikmati pemandangan alam nya.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Vietnam

    Letak astronmoinya : 8OLU-22OLU dan 104OBT-108OBT , di bagian utara Vietnam beriklim sedang dan di selatan beriklim tropis, di Vietnam secara geografis terdiri dari 5 wilayah

    • Daerah pergunungan di utara
    • Delta sungai merah
    • Barisan pegunungan annam
    • Garis pesisir pantai
    • Delta sungai Mekong (selatan)
    1. Brunei Darussalam

    Letak astronomi 4OLU-6OLU dan 114OBT-115OBT, beriklim tropis kondisi geografis nya daerah Brunai di kelilingi oleh Malaysia , brunei juga di bagi menjadi 2 wilayah yaitu, wilayah barat dan timur. Di wilayah barat dataran wilayahnya rendah dan berawa-rawa

    1. Laos

    Letak astronomiya 14OLU-22OLU dan 100OBT-107OBT beriklim tropis, kondisi geografis nya di Laos sebagian besar daerahnya pegunungan dan di wilayah lainnya berupa dataran tinggi.(Redho)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kondisi Geografis Negara ASEAN
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar