Sumber Daya Alam yang Berpotensi di Negara-Negara ASEAN

Daftar Isi

    sumber foto : Perpustakaan.id

    LancangKuning.com - Mungkin kalian tidak asing lagi terhadap kata SDA atau sumber daya alam, saat kita sekolah mungkin diantara kalian telah mempelajari sumber daya alam baik di Negara Indonesia maupun di Negara tetangga, sumber daya alam itu merupakan sesuatu kekayaan yang dapat ditemukan di alam yang dapat kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. sumber daya alam biasanya tergolong dari tumbuhan, hewan, batu bara, nikel dan tanah, logam, emas, perak, perunggu termasuk juga air dan masih banyak lagi.

    Dan samping kekayaan alam atau sumber daya alam terdapat juga suatu potensi yang dapat dimanfaat oleh suatu Negara yang memiliki SDA tersebut. Namun sering juga sumber daya alam tidak dapat sejalan dengan perkembangan suatu Negara tersebut. Di dalam sumber daya alam memiliki sifat yang dapat di golongkan menjadi:

    • SDA yang dapat diperbaharui
    • SDA yang tidak dapat diperbaharui

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Contoh SDA yang dapat diperbaharui adalah seperti sinarmatahari, tumbuhan, angin, hewan, dan mikroorganisme sumber daya ini jika kita berlebihan dalam dieksploitasi dan penggunaan secara berlebihan akan membuat SDA ini lama kelamaan akan berkurang.

    Contoh SDA yang tidak dapat diperbaharui adalah seperti bahan tambang misalnya batu bara, emas, perunggu, perak, dan minyak bumi. Yang diartikan sebagai SDA yang tidak dapat diperbaharui adalah suatu sumber daya alam yang sifatnya terbatas. Dikarenakan saat penggunaannya lebih cepat, dan saat pembentukannya sebaliknya cukup lama atau lambat. Contohnya minyak bumi, minyak bumi terbuat atau berasal dari sisal fosil purbakala dan tumbuhan yang telah hidup jutaan tahun yang lalu.

    Langsung saja kita jelaskan potensi SDA dalam di Negara asean. ASEAN atau yang kita ketahui perhimpunan bangsa antar asia tenggara, ASEAN terdiri dari sepuluh Negara yaitu Indonesia, Brunei, Singapura, Malaysia ,Filipina, Thailand, Kamboja, Vietnam, Laos dan Myanmar. ASEAN berdiri pada 8 agustus 1967 dan memiliki kantor pusat di kota Jakarta Indonesia, dan inilah potensi yang dimiliki Negara Negara Asean terhadap sumber daya alam.

    Potensi SDA Di Negara-negara ASEAN :

    1. Indonesia

    Indonesia termasuk salah satu Negara yang banyak SDA yang melimpah. Dan Indonesia memiliki kawasan perairan 70% (tujuh puluh persen) jadi kawasan perairan Indonesia adalah hunian yang nyaman bagi biota laut seperti ikan, ubur-ubur dan jenis binatang-binatang air lainnya. Tidak hanya di laut, Indonesia juga menjadi gudang rempah-rempah dunia dan juga seperti beras, jagung, karet, kopi, teh, tebu, kelapa sawit dan banyak lagi.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Batam, Batam

    Dari golongan SDA yang lama proses memproduksinya Indonesia pun tak mau kalah dari sektor pengeboran minyak, pertambangan seperti batubara, perak, emas, perunggu, tembaga dan timah, jadi kita sebagai masyarakat Indonesia kita harus menjaga sumber daya alam tersebut supaya selalu terjaga dan tidak kita gunakan sumber daya alam tersebut secara berlebihan.

    1. Singapura

    Singapura termasuk Negara paling kecil di dalam anggota asean, dan singapura memiliki luas wilayah kurang lebih 720 kilometer persegi atau bias kita contohkan luas Negara singapura kurang lebih seperti kota Jakarta. Negara singapura tidak memiliki sumber daya alam, mereka hanya mengandalkan kondisi Negara yang geografis atau strategis yang berada di Semenanjung Selat Malaka dan Negara ini dapat maju karena di bidang transportasi internasional.

    1. Malaysia

    Malaysia termasuk Negara yang serumpun bagi Negara Indonesia, dan Negara ini memiliki perbatasan yang unik yaitu berbatasan langsung dengan pulau Kalimantan. Kondisi Malaysia hamper sama dengan kondisi geografis di Indonesia dan SDA yang dimiliki pun hamper sama juga dengan Indonesia. Komoditas bahan pokok di Malaysia adalah padi, teh, kelapa sawit dan karet, dari segi pertambangan Malaysia memilki bauksit, timah, minyak bumi, emas dan gas alam.

    1. Brunei Darussallam

    Negara brunei adalah Negara yang banyak menghasilkan minyak bumi, brunei biasanya menghasilkan minyak bumi 180.000 barel minyak setiap hari, letak Negara Brunei berada di ujung pulau Kalimantan. Di bagian pertanian Brunei juga menghasilkan karet, kelapa sawit dan kelapa.

    1. Filiphina

    Letak negara ini berdekatan dengan Samudera Pasifik. Filipina punya potensi besar dalam bidang pertanian, Filiphina banyak menghasilkan komoditas pertanian sebagai berikut yaitu jagung, kopra, padi, gula, serat manila dan buah-buahan. Tidak di bidang pertanian saja, Filipina juga memiliki SDA dalam bidang pertambangan seperti perak, keramik, tembaga, biji besi dan emas.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Thailand

    Negara ini memiliki keunggulan di bagian pantainya karena memiliki keindahan yang eksotis, Negara Thailand banyak menghasilkan SDA di bidang pertanian contohnya cengkeh, ubi-ubian, kayu jati, karet, jagung, beras, tebu dan juga kayu besi. Jika dari sektor pertambangan Thailand menghasilkan wolfram, besi, gas alam, minyak bumi, dan banyak lainnya.

    1. Kamboja

    Negara kamboja sangat unik dari segi bentuk benderanya karena bendera kamboja memiliki gambar bangunan di benderanya dan satu-satunya Negara yang memiliki gambar tersebut di asean dan dunia. SDA yang ada di Kamboja rata-rata sama dengan Negara jiran (tetangga) mungkin dikarenakan iklim yang sama. Negara ini memiliki SDA yang terbagi menjadi sektor pertanian dan sektor pertambangan. Dari pertanian kamboja menghasilkan kayu, karet, beras dan ubi-ubian. Dari sektor pertambangan cukup banyak kamboja memproduksi safir, minyak bumi bahkan rubi.

    1. Vietnam

    Negara Vietnam memiliki SDA dari segi pertanian yaitu kedelai, teh, kopi, beras dan karet. Dan dari sektor pertambangan Negara ini memproduksi batubara, gas alam dan minyak bumi. Dan Negara ini cukup unik dikarenakan memiliki bentuk Negara yang berbentuk huruf S.

    1. Laos

    Negara ini merupakan negara yang memiliki pasokan energi listrik yang amat besar sehingga pemerintah Laos memberikan atau menyuplai pasokan listrik kepada masyarakat secara Cuma-Cuma atau gratis untuk masyarakatnya. Negara ini cukup banyak menghasilkan kayu jati dan cendana, dan ada hal unik Negara ini yaitu adalah Negara Laos ini merupakan Negara yang tidak memiliki laut jadi negara ini hanya menghasilkan kayu-kayuan dan sebagainya.

    10. Myanmar

    Negara yang terakhir adalah negara yang memiliki SDA yang amat kaya di bagian pertambangan karena negara ini memproduksi nikel, batu bara dan sebagainya mungkin .tidak hanya itu saja SDA yang ada di Myanmar, negara ini juga menghasilkan SDA di bidang pertanian seperti karet, beras dan lain sebagainya.(Daru)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Sumber Daya Alam yang Berpotensi di Negara-Negara ASEAN
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar