Menjelang Perayaan Natal dan Tahun Baru, Mapolres Inhu Gelar Apel

Daftar Isi

    Foto: Istimewa

    LancangKuning.com, INHU -- Memberikan rasa aman pada saat perayaan Natal dan tahun baru 2019. Jajaran Polres Indragiri Hulu bersama instansi terkait gelar Apel Pasukan OPS Lilin Muara Takus pada Kamis (19/12).

    Yopi Arianto, selaku Bupati Inhu saat memimpin apel membacakan amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi Drs. Idham Aziz, M.Si yang isinya berbunyi seluruh jajaran polisi memastikan kesiapsiagaan personil dan peralatan pengaman, solidaritas para pemangku kepentingan untuk ketenangan rasa aman bagi masyarakat yang merayakan hari raya Natal 2019 dan tahun baru 2020.

    Baca Juga: 144 Personel Siap Amankan 101 Gereja saat Natal dan Tahun Baru di Siak

    Operasi ini merupakan instruksi kepolisian pusat yang akan dilaksanakan selama 10 hari. Dimulai pada tanggal 23 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020.

    AKBP Efrizal, Kapolres Inhu melalui PS Paur Humas Aipda Misran mengatakan untuk fokus pengamanan yang akan dilaksanakan adalah mulai dari objek wisata, gereja, pusat pembelanjaan, objek perayaan tahun baru, terminal, pelabuhan, stasiun KA dan Bandara.

    Baca Juga: Gubernur Sumbar Kunjungi Lokasi Pembukaan Penas Tani XVI 2020

    Hal ini berdasarkan surat Kapolri, dalam pelaksanaannya, operasi ini akan melibatkan 191.807 personel pengamanan gabungan yang terdiri atas 121.358 personel Polri, 17.190 personel TNI, serta 55.259 personel yang berasal dari instansi terkait antara lain Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Pemadam Kebakaran, Linmas, Senkom dan instansi lainnya.

    Kekuatan personel tersebut akan ditempatkan pada 1.792 titik pos pengamanan, 745 titik pos pelayanan, dan 45 titik pos terpadu. Strategi yang diterapkan dalam operasi ini adalah mengedepankan tindakan preemtif dan preventif dengan didukung kegiatan intelijen, berupa deteksi dini dan deteksi aksi, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Selanjutnya, berdasarkan prediksi intelijen, terdapat 12 potensi kerawanan yang harus kita antisipasi. Yaitu aksi terorisme, kejahatan konvensional, kemacetan lalu lintas, kecelakaan transportasi, sweeping ormas, aksi penolakan peribadatan, kenaikan harga sembako, konflik sosial dan tawuran, bencana alam, konvoi dan balap liar, kebakaran akibat petasan, dan pesta narkoba ataupun minuman keras.

    Berkaitan dengan hal tersebut, seluruh Kasatwil harus dapat bersinergi dengan stakeholder terkait untuk menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan menerapkan strategi yang tepat guna mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada, sesuai dengan karakteristik kerawanan masing-masing daerah.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Dalam kesempatan yang penuh dengan semangat dan rasa kebersamaan untuk mendukung keberhasilan dalam pelaksanaan tugas seluruh personil yang akan melaksanakan tugas mendapat arahan.

    Seperti, tetap jaga kesehatan serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa, pastikan setiap personel hadir sesuai plotting serta paham terhadap tugas dan tanggung jawabnya, lakukan deteksi dini dengan memetakan titik-titk kerawanan secara tepat dan optimalkan penggalangan untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat, laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis serta berikan pelayanan terbaik dan tingkatkan kewaspadaan pengamanan melalui penerapan buddy system.

    Untuk yang terakhir, mantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi.

    Dalam gelar apel Pasukan tersebut selaku perwira apel diisi oleh Kasat Lantas Polres Inhu, AKP Oka Mahendra Syahrial. Dan komandan apel yaitu Kanit Patwal Sat Lantas Polres Inhu Ipda Renaldy Yudhista.

    Apel tersebut dihadiri oleh Dandim 0302/Inhu Letkol Arh Hendra Roza S.IP, Waka Polres Inhu Kompol Roni Syahendra, Ketua DPRD Inhu Syamsuddin, Kakan Satpol PP Inhu Bobby Rachmad, M.Si, Kabag Protokoler Supandi, M.Si, Kasi Pidum Kejari Rengat Hayatu Comani, S.H., M.H, Perwakilan Dishub Kab. Inhu Sajur, Ketua Senkom Kab. Inhu H. Umar Chamdan, S.E, Para Kabag dan Para Kasat Polres Inhu, Para Kapolsek jajaran beserta personil Polres Inhu. (dan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Menjelang Perayaan Natal dan Tahun Baru, Mapolres Inhu Gelar Apel
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar

    Berita Terkait