Warga Suarakan Beragam Persoalan Dasar Saat Reses Muhammad Syafaat di Pasir Penyu

Daftar Isi

    Foto: Reses Muhammad Syafaat di Pasir Penyu

    LancangKuning.com, Air Molek - Berbagai permasalahan dasar disuarakan masyarakat saat kegiatan reses anggota DPRD Kabupaten Inhu dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Muhammad Syafaat SHi. Reses perdana di tahun 2019 ini digelar di Desa Air Molek II, Kecamatan Pasir Penyu, Kabupaten Inhu, Selasa (17/12) sore.

    Selama ini masyarakat masih merasakan banyak persoalan mendasar di desa yang belum terselesaikan. Ketika ada kesempatan menyuarakan kepada wakil rakyat, warga tidak menyia-nyiakan.

    Baca Juga: Tiga Aktivis Riau siap Mendirikan Yayasan Hukum dan Advokasi

    Persoalan dasar tersebut meliputi infrastruktur jalan dan drainase, pendidikan, keagamaan, hingga persoalan sosial.

    Foto: Istimewa

    Apalagi, beberapa hari terakhir, beberapa rumah di Desa Air Molek II terdampak banjir akibat meluapnya Sungai Indragiri.

    "Kami yang tinggal di daerah Bom selalu kena banjir. Kami minta ini jadi perhatian bapak dewan," ujar warga bernama Sisar saat sesi diskusi.

    Foto: Saat salah satu warga menyampaikan persoalan

    Demikian juga persoalan jalan dan drainase. "Drainase juga jadi persoalan. Tiap hujan air tergenang karena tidak ada pembuangan. Ada sekitar 400 meter bila drainase mau dibangun di desa kami," tutur warga lainnya, Abdul Karim.

    Sementara itu Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Air Molek II M Ali Fauzi menyampaikan, saat ini aspal desa tidak tersambung ke jalan Sudirman atau jalan provinsi.

    Baca Juga: Bupati Karimun Hadiri Peresmian Proyek PT Saipem Indonesia

    "Di tahun 2020, kita ingin aspal sudah sampai ke Jalan Sudirman," kata Fauzi.

    Dia juga menyoroti sarana olahraga di desa yang status tanahnya sudah dihibahkan. "Supaya bisa segera di pagar karena tanahnya sudah dihibahkan," sebutnya.

    Ali berharap, apa yang sudah disampaikan warga bisa diwujudkan.

    Sementara itu, dihadapan ratusan warga, Muhammad Syafaat menyampaikan, sebagai wakil rakyat sudah menjadi tugas dirinya untuk memperjuangkan aspirasi dari masyarakat.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    "Dan sedikit banyak kita sudah perjuangkan itu," kata Ketua Fraksi PKS ini.

    Dia menuturkan, selama lebih kurang tiga bulan menjabat sebagai anggota dewan, ada empat program yang sudah dijalankan.

    Foto: Istimewa

    "Pertama, ini program pribadi saya. Yakni, eksekusi program sedekah gaji. Digilir tiap desa dan kelurahan. Dan itu sudah kita jalankan," kata Syafaat.

    Selain itu, ada juga bantuan untuk warga yang memiliki keterbatasan ekonomi dan disabilitas yang sudah disalurkan. Misalnya, bantuan kursi roda untuk warga yang mengalami kelumpuhan beberapa waktu lalu.

    Kedua, pengadaan mobil khidmat untuk masyarakat. Beberapa waktu ke depan, anggota Komisi I ini menyampaikan akan membeli satu unit mobil untuk masyarakat yang membutuhkan.

    "Teknisnya, mobil itu nanti akan 'dimanajemeni' oleh tim kita. Supaya aman. Tapi siapapun masyarakat bisa memakai mobil ini," jelas pendakwah ini.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Ketiga, saat ini Syafaat juga sudah mendirikan Rumah Aspirasi di Kecamatan Pasir Penyu.

    "Sebab, tidak mungkin masyarakat mesti jauh-jauh ke Kantor DPRD di Pematang Reba untuk menyampaikan aspirasi. Maka dari itu saya sediakan Rumah Aspirasi. Bisa untuk kebutuhan rapat dan menyampaikan aspirasi. Maka itu kita sediakan Rumah Aspirasi," sebut Syafaat.

    Keempat, Syafaat menyampaikan, dirinya siap untuk mensuport kegiatan kepemudaan.

    Kegiatan reses ini juga dihadiri Kepala Desa Air Molek II Mitra Ariadi dan perangkat desa, Kepala BPD, serta Bhabinkamtibmas. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Warga Suarakan Beragam Persoalan Dasar Saat Reses Muhammad Syafaat di Pasir Penyu
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar