Sosok Penggali Kubur yang Dicalonkan Jadi Kades Hingga Menang

Daftar Isi


    Foto: Mujiadi

    LancangKuning.com, Blitar - Mujiadi menjadi kades karena didaftarkan dan dipilih oleh warga dalam Pilkades serentak. Sebab dalam keseharian, ia kerap mengabdikan diri dalam banyak hal untuk kepentingan masyarakat.

    Warga Desa Pagerwojo, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar mengenal Muji sebagai sosok yang rajin membantu menggali kubur. Tanpa diminta dan tak mengharap bayaran, Muji selalu terdepan menyiapkan liang kubur bagi warga yang meninggal.

    Baca Juga: Jadwal Siaran Langsung Semifinal BWF World Tour Finals

    Ia tak peduli yang meninggal warga satu dusun atau warga dari dusun lain di Desa Pagerwojo. "Di sini ada empat dusun. Punya lima makam, tapi yang dua kecil memang. Semuanya yang gali kubur ya saya. Selama masih sehat dan kuat itu bentuk ibadah saya Mbak. Bisanya cuma itu," tutur bapak dua anak tersebut, Sabtu (14/12/2019).

    Tak mengenal waktu, begitu mendengar ada kabar orang meninggal, langsung dia menuju areal makam terdekat dengan rumah duka. Bahkan, menggali kubur tetap dia lakukan menjelang pelantikannya sebagai Kades Pagerwojo, Jumat (13/12).

    Baca Juga: Begini Cara Mengajukan Sanggahan CPNS 2019

    "Iya Jumat pagi saya masih gali kubur. Sama orang-orang disuruh berhenti, katanya jamnya mepet untuk pelantikan. Saya bilang, bene ora dilantik rapopo. Iki rung rampung (biarin tidak dilantik tidak apa-apa. Lubang kubur ini belum selesai disiapkan)," katanya.

     

    Jiwa sosial Muji juga terlihat dari hasil kerjanya di lingkungan. Kondisi jalan desa yang rusak diperbaikinya sendiri menyesuaikan uang yang dia punya. Melihat itu, warga sekitar akhirnya ikut turun kerja bakti dan mengumpulkan uang untuk membeli material pembangunan jalan.

    Begitupun dengan kondisi penerangan jalan umum. Bapak dua anak ini berikhtiar sendiri. Setelah itu warga lain mengikuti apa yang dikerjakan Muji.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    "Lha kalau jalannya nggak diperbaiki, kasihan juga kalau malam gelap. Apalagi istri saya itu kalau ke pasar malam Mbak, ngeladeni bakul-bakul ethek itu. Saya pasangi lampu, jalan istri saya terang dan Alhamdulillah kalau bermanfaat untuk warga lainnya," paparnya, dilansir detik.com.

    Terpilihnya Muji sebagai Kades Pagerwojo dibarengi hasil kerja nyatanya yang tulus. Semua yang dilakukan semata-mata sebagai bentuk ibadah dan bermanfaat bagi warga desa.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Lulusan STM bangunan yang terbata-bata dalam Berbahasa Indonesia ini, mampu mengalahkan tiga rivalnya yang bertitel sarjana dan jago orasi. Ia meraup suara terbanyak dalam Pilkades serentak yang digelar 12 Oktober lalu.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Sosok Penggali Kubur yang Dicalonkan Jadi Kades Hingga Menang
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    100%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar