Tips Agar Tidak Insomnia

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Insomnia adalah gangguan tidur yang di alami oleh manusia yang di tandai dengan susahnya manusia untuk mencoba untuk tetap tidur terlelap atau mencoba tidur sekalipun. Oleh karena itulah insomnia merupakan masalah yang sangat mengganggu karena jika seseorang sudah terjangkit insomnia maka kegiatan sehari hari nya akan ikut terganggu.

    Banyak orang yang tak sadar bahwa tidur adalah aktivitas penting untuk menjaga kesehatan tubuh, karena jika seseorang kekurangan tidur maka fungsi tubuhnya akan menurun sehingga menyebabkan konsentrasi berkurang, tubuh akan mejadi lemah tak bertenaga, dan lain sebagai nya. Dengan demikian tidur yang cukup sangat lah penting bagi kondisi tubuh.  Insomnia pun terbagi menjadi beberapa jenis yaitu:

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    • Primer, insom ini dapat terjadi tidak di sebabkan karena adanya gangguan kesehatan.
    • Sekunder, insom ini dialami oleh seseorang karena adanya gangguan kesehatan tertentu.
    • Akut, merupakan insomnia yang terjadi dalam jangka waktu singkat maupun lama di karenakan  suatu hal tertentu seperti seseorang merasa gugup saat akan melaksanakan masa ujian sehingga ia akan susah tidur, umumnya insomnia ini akan terjadi selama 1 malam hingga beberapa minggu.
    • Kronis, adalah suatu jenis insom yang terjadi dalam waktu yang cenderung lama, ini di karenakan kondisi psikologis yang kurang baik sehingga seseorang akan terjaga selama beberapa malam dalam seminggu dan berlangsung selama 1-4 bulan.

    Penyebab umum dari insomnia adalah stress yang kerap dialami pola tidur yang tidak bagus, dan juga rasa cemas yang dirasakan. Itulah ayang menjadi alasan begitu banyak orang yang mengonsumsi obat tidur agar ia dapat terlelap dengan mudah padahal dengan mengonsumsi obat tersebut dalam waktu lama akan mengganggu metabolis yang ada dalam tubuh. Bagi kamu yang ingin terhindar dari yang namanya insomnia namun bingung bagaimana caranya, mungkin metode berikut ini akan sangat bermanfaat bagi kamu, adalah sebagai berikut:

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Marendeng Majene

    • Kasur hanya digunakan untuk tidur saja

    Tips satu ini bisa menjadi cara untuk menghindari insomnia adalah menjaga pikiran tentang fungsi tempat tidur, jika kamu terbiasa melakukan berbagai hal di tempat tidur, maka tubuh kamu akan membiasakan diri mu untuk melakukan hal-hal yang mengarah pada insomnia, oleh sebab itu usahakan jika kamu di kasur hanya untuk tidur .

    • Hanya tidur saat merasa lelah saja,

    Usahakan jika kamu ingin berbaring hanya saat kamu merasa sangat kelelahan, cara ini merupakan salah satu metode yang ampuh untuk menghindari insomnia karena saat tubuh lelah, kamu akan dengan mudah untuk terlelap.

    • Menerapkan jam tidur secara teratur

    Tips selanjutnya agar tidak terjangkit insomnia adalah mengatur jam tidur secara teratur setiap harinya   karena saat kamu telah membiasakan untuk tidur di waktu yang sama tiap hari, kamu akan terbiasa dan dapat tidur dengan nyenyak. Untuk memilih jam tidur yang tepat adalah dengan memilih jam saat kamu sudah sangat kelelahan dan merasa kantuk yang tak tertahankan. Sebagai contoh nya : para pekerja biasanya akan langsung tidur sekitar jam 10 s/d 11 malam setelah bekerja seharian.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    • Rutin berolah raga

    Dengan berolah raga secara teratur maka tubuh akan melepaskan zat kortisol yang merupakan pengganggu pola tidurmu. Kamu bisa melakukan olah raga yang ringan saja pada saat pagi hari seperti peregangan, yoga, ataupun jogging . Namun jika kamu tak sempat berolahraga saat pagi hari, kamu dapat melakukannya di malam hari 3 jam sebelum kamu tidur. Dengan tubuh yang terbebas dari rasa sakit dan segar akan memberikan tidur yang lebih nyenyak dalam waktu yang lebih lama.

    • Mandi air hangat

    Cara berikutnya agar kamu tidak mengalami insomnia yaitu dengan mandi air panas, kenapa sih harus air panas? Karena mandi menggunakan air panas akan memberikan rasa rileks pada tubuh dan kamu akan lebih cepat merasakan kantuk serta mempermudah lebih cepat terlelap.

    Itulah beberapa cara agar kamu tidak insomnia yang dapat kamu coba, dengan menjaga tidurmu berarti kamu juga ikut menjaga kesehatanmu, karena jika kesehatan sudah terganggu maka kegiatan sehari hari pun akan terhalang diakibatkan oleh kondisi kesehatanmu sendiri.(Barnard)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Agar Tidak Insomnia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar