Wabup Suhatri Bur Buka Pelatihan Bamus Nagari Se-Kabupaten Padang Pariaman

Daftar Isi

    Foto: Humas

    LancangKuning.com, PADANG PARIAMAN - Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, S.E., M.M. membuka Pelatihan Bamus Nagari dengan tema Penguatan Kelembagaan Bamus Nagari, Senin (09/12) di Hall Saiyo Sakato, Pariaman.

    Selain itu, Wabup turut mengapresiasi kepada panitia pelaksana karena telah melaksanakan kegiatan ini, sebab pelatihan ini baru pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Padang Pariaman.

    Baca Juga: Tablig Akbar Padang Pariaman Hadirkan Penceramah Ustadz M Yahya Waloni

    "Pemerintahan tidak akan ada tanpa hadirnya Bamus. Peran Bamus sangat diperlukan dalam pembangunan nagari seperti dalam penandatanganan APBNagari," ujar Wabub dalam sambutanya.  

    Beliau menambahkan, Bamus mempunyai peran yang sangat vital dalam pembuatan program-program di nagari juga mempunyai peran sebagai pengawas dalam menjalankan roda pemerintahan dalam pelaksanaan tugas Wali Nagari.

    Baca Juga: Tiongkok Jadi Tujuan Utama Ekspor Non Migas Riau

    Menurut Wabub, Bamus harus dapat menjalin hubungan harmonis dengan wali nagari karena dalam menjalankan perannya Bamus tidak akan terlepas dari pemerintahan karena setiap pelaksanaan tugasnya Bamus akan sering berkoordinasi dengan Nagari.

    "Saya berpendapat bahwa, Bamus merupakan perpanjangan tangan dari masyarakat ke pemerintah dalam menyampaikan aspirasi masyarakat tersebut serta Bamus juga sangat berperan dalam pembuatan kebijakan di Nagari seperti pemanfaatan dana Nagari dengan semestinya," ulasnya.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Terkahir, ia berpesan dan berharap Bamus jangan hanya fokus ke pembangunan fisik namun juga fokus terhadap pengembangan sumber daya manusia demi kebaikan dan kemajuan nagari tersebut serta harus menjalankanlah peran Bamus dengan semestinya agar dapat menjadikan Nagari yang lebih baik dan sejahtera.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Pembukaan pelatihan dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Erman, S.Sos, M.M., Kepala Bidang Bina Pemerintah Desa Dion Franata, S.STP, Tenaga Ahli selaku narasumber Yulinus, dan 221 Bamus se Kabupaten Padang Pariaman. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Wabup Suhatri Bur Buka Pelatihan Bamus Nagari Se-Kabupaten Padang Pariaman
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar