Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Madani Yogyakarta

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Setiap umat manusia mempunyai pemikiran dan impian yang berbeda beda, ada yang ingin mengabdi kepada negara, ada yang ingin jadi seorang guru, bahkan ada juga yang ingin mengabdi serta mendedikasikan dirinya untuk dapat menyelamatkan nyawa umat manusia.

    Untuk hal tersebut, kalian tentunya sangat membutuhkan yang namanya ilmu pengetahuan dan kemampuan yang sangat memadai sehingga kalian terjamin kesuksesannya dalam menyelesaikan suatu pekerjaan, dan coba bayangkan misalkan kalian salah membuatkan obat untuk pasien karena kalian tidak tahu apa apa, itu sama saja sudah membunuh 1 nyawa manusia, bukan? Kembali ke awal lagi, kalian butuh yang namanya ilmu pengetahuan untuk menggapai impian kalian. Karena hal itu, banyak tempat dan passion, serta jenjang pendidikan yang berbeda-beda untuk kalian dapat mencari ilmu.

    jadi, tinggal kalianlah yang dapat menentukannya kalian ingin bagaimana kedepannya. Nah, untuk sekarang, kami akan memberi sedikit informasi mengenai salah satu perguruan tinggi yang fokus di bidang ilmu kesehatan, yakni Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Madani Yogyakarta.

    Baca juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Islam Negeri Ar-raniry Banda Aceh

    Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Madani Yogyakarta merupukan salah satu kampus/peguruan tinggi yang bergerak di bidang ilmu kesehatan yang berada di bawah naungan Yayasan Madani Yogyakarta dan sudah didirikan sejak tanggal 25 September 2009. Perguruan tinggi beralamatkan di Jalan Wonosari Km.10 Karanggayam, Sitimulyo, Piyungan, Bantul, Yogyakarta. Stikes Madani Yogyakarta ini juga sudah menggelar beberapa program studi yang berkaitan dengan ilmu kesehatan, yakni D-III Farmasi, D-III Kebidanan, S1 Keperawatan, dan Profesi Ners. Berikut penjelasannya :

    1.  Farmasi

    Apa itu farmasi? sebagian besar dari kita yang sudah mengenal dengan istilah farmasi ini. Yap, farmasi merupakan jurusan/program studi di bidang ilmu kesehatan dan ilmu kimia yang mempelajari hal hal yang berkaitan dengan obat obatan. Untuk obat-obatan, kalian akan belajar mulai dari mengenali struktur senyawanya serta cara sintesisnya, hingga mengolahnya hingga menjadi obat yang dapat dikonsumsi sesuai kebutuhan konsumen/pasien, seperti meracik, mencampur, mengidentifikasi, mengombinasi, analisa, serta menciptakan, serta mengetahui cara-cara penggunaan obat, takaran, dsb.

    Selain itu, disini kalian bisa mempelajari bagaimana cara mengetahui penyebab penyakit seseorang dan bisa menganalisis obat apa yang tepat. Program studi ini memiliki beberapa mata kuliah, seperti kimia organik, farmasi fisika, anatomi fisiologi manusia, botani farmasi, biokimia, farmasetika dasar, fitokimia, dan banyak lagi, dan juga jurusan ini lebih sering melakukan kegiatan praktikum, jadi bagi kalian yang suka dengan praktikum lab, jurusan ini akan menjadi sangat menarik untuk kalian. Di STIKES Madani Yogyakarta ini, jurusan Farmasi memiliki status sebagai berikut :

    • Jenjang :  D-III
    • Akreditas : B
    • No. SK: 0577/LAM-PTKes/Akr/Dip/VIII/2018
    • Tanggal Kadaluarsa: 10 – 08 – 2023

     Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    2.  Kebidanan

    Nah selanjutnya, jurusan kebidanan, pastinya kalian sudah tahu, kan? Kalau jurusan ini mengarah kemana? Yap bidan. Nah, jurusan ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan-lulusan yang profesional di bidang kebidanan. Yap, jurusan kebidanan ini juga mempelajari tentang proses proses persalinan seorang ibu, kehamilan, fase tumbuh dan kembangnya anak, program KB, dan sebagainya. Jadi jurusan ini lebih merujuk ke arah kesehatan reproduksi. Nah, di STIKES Madani Yogya ini, jurusan ini memiliki :

    • Jenjang :  D-III
    • Akreditas : B
    • No. SK: 0445/LAM-PTKes/Akr/Dip/VII/2017
    • Tanggal Kadaluarsa: 20 – 07 – 2022

    3.  Keperawatan

    Nah, Selanjutnya adalah keperawatan, pastinya kalian sudah tahu kemana arah dari jurusan ini. Yap, jurusan keperawatan merupakan pilihan yang tepat bagi kalian yang memiliki ketertarikan terhadap dunia keperawatan dan ingin mendedikasikan dirinya untuk menjadi seorang perawat. Nah, di keperawatan ini, kalian akan mempelajari cara memberikan suatu pelayanan kesehatan kepada seorang pasien. Nah, jurusan ini memiliki beberapa mata kuliah, seperti sains kesehatan, ilmu dasar keperawatan, ilmu biomendi, antropologi kesehatan, dan banyak lagi. Di sini, jurusan ini memiliki :

    • Jenjang :  S1
    • Akreditas : B
    • No. SK: 0555/LAM-PTKes/Akr/Sar/IX/2017
    • Tanggal Kadaluarsa: 29 – 09 – 2022

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    4.  Ners

    Apa itu Ners? Ners merupakan program profesi dan khusus untuk yang sudah lulus dari S1 Keperawatan. Kalian akan mudah untuk bisa bekerja sebagai perawat di tempat-tempat layanan kesehatan, jika kalian lulus dari program ini. Program ini diikuti hanya selama 2 semester saja. Di STIKES Madani Yogyakarta, profesi ners memiliki :

    • Jenjang :  Profesi
    • Akreditas : B
    • No. SK: 0556/LAM-PTKes/Akr/Pro/IX/2017
    • Tanggal Kadaluarsa: 29 – 09 – 2022 (Dimas)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Madani Yogyakarta
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar