Kenali Tanda Liver Bermasalah

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Salah satu organ terpenting yang ada di dalam tubuh kita adalah Hati atau Liver, dimana ia memiliki fungsi untuk menahan racun dari makanan atau obat-obatan yang kita makan. Tidak hanya itu saja hati juga berfungsi menyimpan zat-zat penting seperti beberapa vitamin, glikogen dan mineral untuk kebutuhan tubuh. Sehingganya, akan sangat berbahaya sekali jika hati ini kita ini memiliki masalah.

    Sebelum terjadi permasalahan pada liver, sebaiknya kita kenali agar bisa waspada. Berikut tanda liver bermasalah :

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Sulit mencerna makanan

    Hati menghasilkan empedu yang berguna dalam proses pencernaan lemak, dimana lemak yang dicerna tersebut begitu penting dalam menyerap vitamin terlarut di dalam lemak dan nantinya untuk memperkuat serta memperbaharui vitamin dalam tulang.

    Sehingga kemungkinan liver bermasalah jika mencerna terlalu banyak lemak. Permasalahannya seperti kelebihan berat badan atau obesitas.

    1. Perut sering kembung

    Jika kamu merasakan bahwa perut kamu sering kembung, kemungkinan adanya indikasi gejala nonalcoholic steatohepatitis (NASH), yaitu hati mengalami pembengkakan, tergores dan berlemak. Sehingga anda harus mewaspadai jika mengalami hal ini.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Puangrimanggalatung

    1. Kenaikan berat badan yang tidak jelas

    Metabolisme pada tubuh akan mengalami kendala jika organ hati bermasalah, meskipun sudah berolahraga tubuh akan mengalami kesulitan dalam membakar kalori karena tubuh kesulitan dalam mengurangi kalori dan lemak. Liver tidak bisa berfungsi dalam mengatur insulin, mengatur glukosa darah dan memecah lemak. Dampak yang terjadi dari ini adalah mengakibatkan kelebihan berat badan dan menurunkan kepadatan tulang.

    1. Sering berkeringat dan selalu merasa kepanasan

    Hati ini juga memiliki fungsi dalam mengatur produksi hormon pada tubuh, selain itu juga berkaitan dengan hypotalamus di otak yang berfungsi sebagai pengatur suhu tubuh. Sedangkan Hypothalamus ini memiliki peran dalam mengatur kortisol yang dapat merusak tulang dengan melepaskan hormon. Sehingga, jika hati bermasalah akan mempengaruhi suhu tubuh dan mempengaruhi kesehatan tulang.

    1. Perut membuncit padahal tidak pernah mengkonsumsi alkohol

    Lemak pada perut bagian atas akan lebih cenderung terlihat jika organ hati ini mengalami pembekakan, dan bisa dikatakan ini adalah salah satu tanda liver paling mudah dikenali.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Nah, itu adalah tanda permasalahan pada liver mesti diwaspadai. Jika liver anda sudah mengalami masalah dimana anda merasakan tanda-tanda di atas sebaiknya anda melakukan pemeriksaan untuk memastikannya.

    Jika anda sudah melakukan pemeriksaan, tentu saja anda akan mendapatkan solusi atau saran dalam mengatasinya. Jika ingin menggunakan cara alami, kamu bisa mengeluarkan racun atau toksin pada hati tersebut dengan pola makan serta gaya hidup yang sehat.

    Misalnya dengan mengkonsumsi sayur-sayuran, protein tanpa lemak, buah-buahan sehingga tubuh akan mengeluarkan racun dan mampu membersihkan secara alami. Paling penting, kamu harus meminimalisir makanan yang mengandung kadar gula tinggi dan lemak tinggi.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kenali Tanda Liver Bermasalah
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    100%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar