Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Puangrimanggalatung

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Akreditasi hal yang memungkinkan untuk bisa mengembangkan sekolah menjadi lebih besar. Besar disini dimaksudkan untuk menjadi sekolah yang popular dan diminati para siswa baru. Dari penjelasannya, akreditasi merupakan suatu penilaian atas kriteria dari sebuah sekolah apakah sekolah tersebut telah memenuhi kriteria standar sebuah sekolah.

    Jadi, akreditasi ini sangat penting bagi berkembangnya sekolah, adapun lembaga atau badan yang memeriksa kriteria sekolah yaitu Badan Akreditasi Nasional. Untuk pengurusan perguruan tinggi, badan yang memeriksanya yaitu BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Apa tujuan dari akreditasi itu? Tujuannya yaitu bisa melihat kinerja dari sekolah tersebut dan bisa menentukan kelayakan sekolah tersebut.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Pendidikan di Indonesia memang terlambat lebih dari 120 tahun, tapi itu tidak mengurangi rasa semangat Indonesia untuk terus maju dan berkembang. Untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia, diperlukan ilmu pertanian yang sudah maju. Maka dari itu di Indonesia sudah banyak menuai ilmu – ilmu pendidikan melalui jenjang pendidikan sekolah tinggi.

    Sekolah tinggi yang mempunyai basic ilmu pendidikan yaitu sekolah tinggi pertanian atau yang disingkat STIP. Di Indonesia sendiri sudah banyak juga sekolah tinggi di berbagai provinsi. Provinsi – provinsi yang ada di Indonesia juga ikut mengembangkan pendidikan yang terlambat itu. Salah satunya yaitu di kota Sengkang, Kabupaten Wajo, Provinsinya Sulawesi Selatan.

    Total luas provinsi Sulawesi Selatan yaitu sekitar 46.717 km², dengan popularitas penduduk sekitar 8.032.551 jiwa. Di daerah ini memang banyak terkenal atas keindahan alam serta tempat – tempat yang memiliki sejarahnya.  Jangan lupa pula, di Provinsi Sulawesi Selatan juga terkenal akan pertaniannya.

    Maksudnya ialah dengan majunya pendidikan disini memang telah diakui, itu berkat ilmu pertanian yang memang baik di wilayah ini. Maka dari itu semangat dari warga Provinsi Sulawesi Selatan terus semangat karena pemicu ini yang membuat motivasi terus berlanjut. Sekolah tinggi yang mempelajari ilmu pertanian dan pendidikan di Sulawesi Selatan salah satunya yaitu STIP Puangrimanggalatung.

    Apa itu STIP? STIP merupakan singkatan dari Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian. Sekolah ini juga termasuk dalam pendidikan tinggi. Biasanya sekolah tinggi ini di bina oleh masyarakat setempat. Jadi STIP itu merupakan sekoah berbasis pendidikan tinggi dan dibina oleh masyarakat.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Medika Nurul Islam

    Sekolah tinggi ilmu pertanian (STIP) ialah merupakan salah satu sekolah tinggi di ruang lingkup salah satu yayasan Puangrimaggalatung Sengkang. Yayasan  Puangrimaggalatung Sengkang ini merupakan salah satu perguruan  tinggi swasta yang berkedudukan di kota Sengkang,  Kabupaten Wajo, Provinsi Sulawesi  Selatan yang berdiri  pada tanggal 22 Mei 1986 melalui Surat keputusan No.0392/O/1986. STIP  Puangrimaggalatung mempunyai visi dan misi yaitu:

    Visi dari STIP Puangrimaggalatung Sengkang yaitu Menjadikan Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Puangrimaggalatung Sengkang menjadi institusi sebagai Pusat Pendidikan dan Informasi Ilmiah di bidang pertanian dengan melaksanakan kegiatan inovasi teknologi penelitian dan kewirausahaan yang berdaya saing baik di tingkat lokal maupun tingkat nasional, berkelanjutan, dan berbasis industri, serta sesuai kebutuhan masyarakat.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Misi dari STIP Puangrimaggalatung Sengkang yaitu :

    • Menumbuh kembangkan dan meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia STIP Puangrimaggalatung Sengkang dalam melakukan pembaharuan dan berinovasi untuk kemajuan IPTEKS melalui kegiatan Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat secara berkelanjutan.
    • Meningkatkan jumlah dan mutu publikasi ilmiah yang bertaraf nasional terakreditasi dan bereputasi internasional.
    • Menumbuh kembangkan budaya kewirausahaan dengan menjunjung tinggi nilai-nilai etika dan moral dalam rangka mewujudkan excellent-entrepreneurial STIP Puangrimaggalatung.

    Dan di STIP Puangrimaggalatung Sengkang ini memiliki 2 jurusan yang telah terakreditasi, sebagai berikut ini:

    1. Jurusan : Agrobisnis

    Jenjang : S1

    Akreditasi : B

    Status : Masih Berlaku

    1. Jurusan : Agroteknologi

    Akreditasi : C

    Status : Masih Berlaku.(Iksan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Puangrimanggalatung
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar