Efek Samping Nanas Jika tidak Dikonsumsi dengan Tepat

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Siapa yang tidak kenal dengan buah Nanas, memiliki banyak kandungan serat, vitamin B dan C, mangan serta enzim bromelain yang kuat. Selain itu, rasa yang segar dan lezat buah nanas kerap kali digunakan orang sebagai pencuci mulut atau bisa juga sebagai makanan penutup yang ditambahkan pada hidangan yang gurih.

    Kelezatan buah ini tidak bisa dipungkiri, dan banyak orang sangat menyukainya. Tapi, tahukah anda bahwa nanas juga menimbulkan efek samping jika dikonsumsi dengan cara yang tidak tepat atau berlebihan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Salah satu efek mengkonsumsi nanas berlebihan dan tidak tepat yaitu iritasi pada mulut dan perut. Pernah tidak setelah memakan nanas kita merasa lidah atau tenggorokan gatal? Tentu saja itu tidak nyaman dan berakibat iritasi. Hal tersebut dikarenakan bereaksinya enzim bromelain di mulut. Sehingganya, sangat penting sekali mengkonsumsi nanas dengan cara yang tepat. Berikut, beberapa efek samping setelah memakan nanas :

    1. Meningkatkan Gula Darah

    Dibandingkan dengan buah lainnya, nanas lebih mampu mempengaruhi gula darah. Pada buahnya yang segar memiliki indeks glikemik tinggi 94, sedangkan pada jus nanas atau kalengan sekitar 61 dan 79. Sehingga, buah ini dikategorikan makanan dengan indeks glikemik sedang hingga tinggi, selain itu memiliki kandungan 15 gram karbohidrat pada ½ cangkir nanas.

    Bagi kamu yang menderita diabetes, sangat disarankan membatasi mengkonsumsinya. Buah ini untuk penderita diabetes bisa mengakibatkan meningkatnya rasa haus, sakit kepala dan sering buang air kecil.

    1. Interaksi Obat

    Efek samping lainnya yang diakibatkan oleh memakan nanas adalah karena adanya enzim bromelain mampu mengganggu kerja obat pada tubuh. Bromelain ini mampu bereaksi pada obat-obatan seperti pengencer darah, antikoagulan, antibiotik, antikonvulsan, benzodiazepin, barbiturat, antidepresan trisiklik dan obat insomnia.

    Baca Juga : Tips Atasi Bau Kaki

    Reaksi pada obat-obat tersebut akan mengakibatkan efek samping seperti demam, pusing, nyeri dada hingga mimisan. Sehingga disarankan untuk kamu waspada memakan nanas jika sedang mengkonsumsi obat dari dokter.

    1. Kerusakan Gigi

    Rasa asam yang dimiliki oleh nanas saat dikonsumsi akan mengerjakan proses kimiawi alami di mulut, dan sifat asam ini mamun melunakkan enamel hingga kerusakan gigi. Sebuah penelitian diterbitkan dalam “Nutrition Research” edisi Mei 2008 menyatakan bahwa mengkonsumsi minuman asam berlebihan memicu kerusakan enamel gigi, sehingga gigi akan mengalami sensitivitas ekstrem jika memakan makanan dingin dan panas. Selain itu, juga akan mengakibatkan gigi mudah keropos dan berlubang.

    1. Iritasi Mulut

    Karena enzim bromelain mampu melunakkan daging serta memecah protein, sehingga setelah mengkonsumsi nanas kita merasakan sensasi aneh bahkan terasa perih. Hal itu disebabkan oleh enzim bromelain, efek lainnya mulut bisa gatal, iritasi bahkan berdarah. Tapi jangan khawatir, karena lidah akan menciptakan kembali protein dan asam amino sehingga rasa sakit tersebut tidak akan memakan waktu yang lama.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Masalah Perut

    Reaksi lainnya yaitu pada bagian perut dimana bisa mengakibatkan mual serta muntah, sulit bernapas, pusing, rasa logam di mulut, hidung tersumbat atau pingsan. Sifat asam pada buah ini mengakibatkan refluks asam pada perut ketika cairan pencernaan kembali ke kerongkongan.

    Selain itu, mengkonsumsi terlalu banyak juga mengakibatkan mual, diare dan muntah. Terlebih bagi ibu hamil sangat tidak dianjurkan karena akan berpengaruh kepada janinnya.

    Meskipun banyak reaksi dan efek samping dari nanas, tapi jika dimakan dengan tepat dan benar sebenarnya bisa mengurangi efek samping yang ada karena nanas masih termasuk buah yang banyak nutrisi.(ut)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Efek Samping Nanas Jika tidak Dikonsumsi dengan Tepat
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar