Meraih Keberkahan Bangsa Melalui Gerakan Nasional Indonesia Dermawan

Daftar Isi

     

    Foto: Istimewa

    LancangKuning.Com, JAKARTA – Indonesia didapuk sebagai negara paling dermawan oleh World Giving Index tahun 2018. Pada penilaian itu, Indonesia mendapat penilaian rata-rata di atas 50 persen terkait tiga indikator yang disebutkan WGI, yaitu membantu orang asing, menyumbangkan dana, dan berpartisipasi dalam kegiatan sukarela.

    Jati diri kedermawanan bangsa Indonesia dipandang sebagai aset penting oleh Presiden Aksi Cepat Tanggap (ACT) Ibnu Khajar. Menurut Ibnu, potensi kedermawanan menjadi peluang untuk meraih keberkahan.
     
    “Hasil survei World Giving Index 2018 menempatkan Indonesia meraih nilai tertinggi sebagai negara paling dermawan. Hal ini merupakan kebanggaan sekaligus aset besar dalam rangka meraih keberkahan bangsa,” kata Ibnu, Senin (9/9).

    Baca Juga: Personil Koramil Kuindra Inhil Tinjau Titik Lokasi Karhutla

    Menurut Ibnu, kedermawanan perlu dikelola dengan lebih baik agar tidak terbatas pada momentum tertentu, misalnya saat terjadi bencana alam. Ibnu yakin potensi kedermawanan dalam mengatasi permasalahan kemanusiaan dapat diselesaikan dengan gerakan filantropi dari seluruh elemen bangsa indonesia.

    “Kedermawanan kian menyatu dengan jati diri masyarakat Indonesia. Setidaknya ini yang kami rasakan selama empat belas tahun perjalanan ACT,” ungkap Ibnu.

    Melalui Gerakan Nasional Indonesia Dermawan, Ibnu mengajak seluruh masyarakat Indonesia menjadi solusi sejumlah permasalahan di dunia. Bahkan di dalam negeri, banyak tantangan terkait dengan masalah sosial, ekonomi, pendidikan, dan kesehatan sangat erat hubungannya dengan rasa persaudaraan sesama bangsa Indonesia.

    “Filantropi sebagai wadah kedermawanan sejauh ini memberikan kontribusi dalam menghadapi isu kemiskinan dan berbagai problem kemanusiaan yang terjadi. Filantropi dapat diterapkan melalui berbagai program bantuan langsung maupun program pemberdayaan dengan memperhatikan potensi yang dimiliki masyarakat,” kata Ibnu.

    Baca Juga: Wabub Meranti Buka Ajang Prestasi Remaja tahun 2019

    Cara kerja filantropi dihimpun dari semangat kedermawanan yang hadir atas kesadaran individu maupun kolektif. Indonesia Dermawan pun diharapkan menjadi semangat dalam menghidupkan kembali kebersamaan dalam aksi-aksi kebaikan. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Meraih Keberkahan Bangsa Melalui Gerakan Nasional Indonesia Dermawan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar